Comscore Tracker

UIN Sunan Kalijaga Terima 445 Calon Mahasiswa Baru Jalur SPAN-PTKIN 

Jalur SPAN-PTKIN gunakan nilai siswa sejak semester pertama

Sleman, IDN Times - UIN Sunan Kalijaga menerima sebanyak 445 calon mahasiswa baru lewat jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) 2020. Sebanyak 445 calon mahasiswa baru tersebut berada di 24 program studi IPS/Keagamaan.

Ketua Admisi, Aulia Faqih Rifa'i menjelaskan untuk jalur SPAN-PTKIN, UIN Sunan Kalijaga mengalokasikan kuota sebanyak 20 persen dari jumlah seluruh jalur penerimaan mahasiswa baru.

Baca Juga: Asyik! Ratusan Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Mendapat Paket Sembako

1. Jalur SPAN-PTKIN gunakan nilai siswa sejak semester pertama

UIN Sunan Kalijaga Terima 445 Calon Mahasiswa Baru Jalur SPAN-PTKIN uin-suka.ac.id

Aulia menyebutkan, proses seleksi jalur SPAN-PTKIN terbilang cukup ketat, lantaran sistem seleksi dan evaluasi menggunakan nilai siswa SMA/MA/SMK sejak semester pertama beserta prestasi akademik dan non-akademik. Setidaknya terdapat 47.134 peserta yang mendaftar melalui jalur ini.

"Jalur SPAN-PTKIN menerapkan seleksi yang ketat. Dengan metode seleksi semacam ini, diharapkan UIN Sunan Kalijaga mendapatkan ​input ​calon mahasiswa yang unggul dan berpotensi untuk berprestasi di kemudian hari," katanya pada Kamis (16/4).

2. Prodi Manajemen Keuangan Syariah jadi incaran

UIN Sunan Kalijaga Terima 445 Calon Mahasiswa Baru Jalur SPAN-PTKIN uin-suka.ac.id

Aulia menyebutkan, tahun ini program studi terfavorit ditempati oleh Program Manajemen Keuangan Syariah. Kemudian disusul oleh Akuntansi Syariah dan Pendidikan Agama Islam. Berbeda dengan tahun lalu dimana peminat terbanyak ditempati oleh Pendidikan Agama Islam, Manajemen Keuangan Syariah, dan Perbankan Syariah.

"Memang, jumlah pendaftar pada tahun ini mengalami penurunan jika dibandingkan tahun lalu, dari 49.689 menjadi 47.134. Hal itu dapat dipahami karena memang hal serupa terjadi secara nasional yang disebabkan oleh metode yang lebih selektif," ungkapnya.

3. Peserta wajib lakukan pengisian data

UIN Sunan Kalijaga Terima 445 Calon Mahasiswa Baru Jalur SPAN-PTKIN uin-suka.ac.id

Sementara itu, Sekretaris Admisi UIN Sunan Kalijaga Fitriana Firdausi menjelaskan bagi calon mahasiswa baru yang lolos melalui jalur ini diwajibkan untuk melakukan pengisian data profil mahasiswa secara ​online ​melalui laman ​http://dataprofil.uin-suka.ac.id. Di laman tersebut, calon mahasiswa baru diminta untuk mengisi biodata serta mengunggah dokumen yang disyaratkan, terhitung ​mulai 13 hingga 22 April 2020 pukul 24.00 WIB​.

"Kemudian, peserta yang diterima tersebut wajib mengikuti verifikasi data profil, nilai rapor, dan dokumen asli secara ​online pada tanggal ​24-28 April 2020. ​Petugas Admisi akan melakukan panggilan telepon melalui nomor Whatsapp ​yang telah ​di-input​-kan oleh calon mahasiswa pada laman ​http://dataprofil.uin-suka.ac.id," paparnya.

Baca Juga: Bokek, Netizen Samakan Saldo Rekening dengan Hal yang Bikin Ngakak

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya