Tour de Merapi Bakal Digelar, Rute Mulai Lapangan Sleman hingga Breksi

Peserta akan menempuh jarak 100 kilometer

Sleman, IDN Times - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sleman, memastikan rute jelajah wisata sepeda motor Tour de Merapi (TDM) 2023 adalah jalur yang aman dan tidak melewati jalan berbahaya atau berisiko tinggi.

1. Peserta akan melintas di jalur yang tidak padat lalu lintas

Tour de Merapi Bakal Digelar, Rute Mulai Lapangan Sleman hingga BreksiKepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid/Antara

TDM tahun ini, ujar Kepala Dispar Kabupaten Sleman Ishadi Zayid, akan menempuh rute kawasan Sleman utara dan timur, dengan jalur jalan yang tidak padat lalu lintas atau rawan kemacetan dan kecelakaan.

"Selain itu nanti saat start pemberangkatan peserta juga dilakukan secara bergelombang, antara lima sampai 10 motor per pemberangkatan dan dengan selisih waktu yang cukup, sehingga tidak bergerombol seperti konvoi motor," terangnya, Rabu (12/7/2023).

Panitia telah melakukan survei jalur yang dipilih dan kondisinya cukup aman, tidak melintasi jalan wisata yang banyak dilalui bus besar maupun tanjakan yang cukup tinggi.

"Namun kami tetap mengimbau peserta untuk selalu berhati-hati, tidak kebut-kebutan, taat aturan lalu lintas dan saling menghormati sesama pemakai jalan," kata dia dikutip Antara. 

 

2. Rute dari Lapangan Pemda Sleman hingga Tebing Breksi

Tour de Merapi Bakal Digelar, Rute Mulai Lapangan Sleman hingga BreksiTebing Breksi. (IDN Times/Siti Umaiyah)

Sementara rute TDM akan dimulai dari Lapangan Pemda Sleman dengan melewati destinasi destinasi wisata di lereng Gunung Merapi seperti di Pakem, Cangkringan, dan akan berakhir di kawasan perbukitan Prambanan dengan potensi wisata alam, bangunan candi dan Tebing Breksi. 

Selain itu rute di kawasan perbukitan Prambanan menjelang titik finis di Taman Tebing Breksi, dipilih jalur yang landai dan cukup aman serta bukan jalur angkutan wisata.

Ia menerangkan jalur yang dipilih di perbukitan Prambanan, melalui jalur dalam, yakni jalur di sisi utara jalan wisata Tebing Breksi, melewati kawasan wisata Candi Barong, kemudian tembus ke Balkondes Breksi dan sebelah utara Taman Tebing Breksi.

 

Baca Juga: Bukit Turgo Sleman, Spot Terbaik Melihat Lelehan Lava Merapi

3. Peserta akan menempuh jarak 100 kilometer

Tour de Merapi Bakal Digelar, Rute Mulai Lapangan Sleman hingga Breksiilustrasi touring (IDN Times/Dwi Agustiar)

TDM merupakan ajang jelajah wisata kendaraan roda dua dengan total jarak tempuh kurang lebih 100 kilometer yang diselenggarakan Dispar Kabupaten Sleman bekerja sama dengan Saka Pariwisata Kabupaten Sleman dan Badan Promosi Pariwisata Kabupaten Sleman.

Peserta Tour de Merapi dengan tema "Explore Sleman" ini ditargetkan diikuti sebanyak 300 sepeda motor atau sekitar 600 peserta dengan memenuhi syarat sepeda motor tidak melebih 250cc. Peserta diwajibkan untuk menyerahkan salinan identitas diri (KTP dan/atau SIM C) dan salinan STNK motor yang akan digunakan pada saat pendaftaran.

Sedangkan untuk pendaftaran dapat dilakukan secara langsung di Dispar Kabupaten Sleman ataupun secara online sampai dengan 21 Juli 2023 mendatang. Registrasi peserta sebesar Rp200 ribu per motor. 

Baca Juga: Bekas Tambang, Ini 5 Aktivitas Seru di Tebing Breksi Yogyakarta

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya