TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sah! Kustini-Danang Resmi Jabat Posisi Bupati-Wakil Bupati Sleman

Bupati-Wabup Sleman, Bantul, dan Gunungkidul dilantik

Kustini-Danang dilantik sebagai Bupati-Wakil Bupati Sleman. Dok: istimewa

Sleman, IDN Times - Kustini Sri Purnomo-Danang Maharsa resmi dilantik sebagai Bupati-Wakil Bupati Sleman yang terpilih lewat Pilkada Sleman 2020.

Pelantikan dilakukan serentak bersama dengan Bupati-Wakil Bupati Bantul dan Gunungkidul di Bangsal Kepatihan, Kantor Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Jumat (26/2/2021).

Baca Juga: Setelah Pelantikan Bupati Gunungkidul Ingin Beli Mobil Maung   

1. Bupati-Wakil Bupati harus segera membelanjakan APBD

Kustini-Danang dilantik sebagai Bupati-Wakil Bupati Sleman. Dok: istimewa

Usai dilantik, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, berpesan kepada para Bupati-Wakil Bupati untuk segera membelanjakan APBD maupun Danais Tahun Anggaran 2021. Hal ini agar ekonomi masyarakat bisa segera bangkit setelah sebelumnya terpuruk akibat adanya pandemik COVID-19.

"Jika bermaksud memasukkan program untuk menepati janji Pilkada, setelah dipilah mana yang urgen bagi masyarakat silakan disisipkan pada anggaran perubahan dan pembahasan RKPD tahun anggaran 2025," ungkap Sultan.

2. Bupati harus jadikan Forkopimda ikatan kolektif leadership

Pelantikan Bupati-Wakil Bupati di DIY. Dok: istimewa

Selain itu, Bupati juga berperan agar menjadikan Forkopimda ikatan kolektif leadership yang berkualitas negarawan. Selain itu juga membuka dialog personal dengan kandidat lain untuk mengadopsi dan mengadaptasi program-programnya yang mungkin bermanfaat bagi segenap masyarakat.

Bukan hanya itu, Gubernur juga berpesan agar pada Bupati-Wakil Bupati bisa mengembangkan penggunaan simbol-simbol budaya dan pendayagunaan simpul-simpul komunikasi secara kreatif.

"Dengan demikian sekaligus menghilangkan sekat sosial guna memperkuat kembali kohesi sosial, dengan merapikan kursi-kursi yang berantakan dan sampah-sampah berserakan pada pesta demokrasi usai," katanya.

Baca Juga: Besok Dilantik, Kustini Mengaku akan Diantar Mantan Bupati Sleman 

Berita Terkini Lainnya