TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pascaerupsi, Asosiasi Jip Merapi Tiadakan Trip ke Sejumlah Destinasi

Mana saja daftar tempat wisata yang tak bisa dikunjungi?

Ilustrasi jip wisata di kawasan Kaliurang, Sleman (IDN Times/Febriana Sinta)

Sleman, IDN Times - Pascaerupsi Merapi pada 9-10 Maret 2022, Asosiasi Jeep Lereng Merapi memutuskan untuk tidak mengunjungi sejumlah destinasi wisata yang berjarak dekat dengan Gunung Merapi. Ketua Asosiasi Jeep Lereng Merapi Wilayah Barat, Dardiri menjelaskan, keputusan tersebut diambil demi keselamatan dan keamanan bersama.

"Sebelum pemerintah memberi pengumuman, paginya setelah erupsi kita langsung mengumumkan di grup untuk tidak membuka trip di sejumlah destinasi wisata," ungkapnya pada Sabtu (12/3/2022).

Baca Juga: Petilasan Mbah Maridjan hingga Bukit Klangon Ditutup Sementara 

1. Sejumlah destinasi wisata yang tidak dikunjungi sementara

Bukit Klangon. (visitingjogja.com)

Dardiri mengatakan, adapun sejumlah destinasi wisata yang sementara tidak dikunjungi antara lain Bukit Klangon, Bunker Kaliadem, serta Petilasan Mbah Marijan. Selain itu, untuk trip di aliran Kali Gendol juga sementara tidak diperbolehkan.

"Untuk Kali Kuning yang biasanya digunakan untuk manuver, jika memungkinkan, situasi kondisi cuaca dan alam silakan. Kalau tidak ya tidak boleh," terangnya.

2. Ubah paket wisata jip

Ilustrasi jip wisata Merapi. (IDN Times/Siti Umaiyah)

Dardiri mengatakan, dari pemantauan yang dilakukan memang ada pembatalan sejumlah trip. Namun hal tersebut hanya terjadi sehari pascaerupsi terjadi. Untuk weekend ini sendiri, wisata jip masih berjalan, tetapi dengan mengubah sejumlah trip.

"Tetap berjalan (wisata jip), cuma paket diubah. Ada destinasi baru yang dikunjungi atau menelusuri Sisa Erupsi 2010," terangnya.

Baca Juga: Viral, Pemuda Bermain di Tumpukan Sisa Material Vulkanik Merapi 

Berita Terkini Lainnya