Menteri Basuki Gebuk Drum di FT UGM, Bawakan Lagu Dewa 19

Basuki juga bernyanyi dan berjoget dengan mahasiswa

Sleman, IDN Times - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menunjukkan kebolehannya menggebuk drum di hadapan ribuan mahasiswa baru Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (FT UGM), Kamis (3/8/2023). Penampilan menteri yang terkenal nyentrik ini pun sontak membuat riuh para mahasiswa.

Berpakaian putih dengan gaya topi dibalik, Basuki mulai menggebuk drum. Salah satu lagu hits Dewa 19 'Separuh Nafasku' menjadi pembuka penampilannya. Tidak berhenti di situ, Basuki juga mengiring lagu 'Bento' milik Iwan Fals.

1. Bermain drum lagu Hampa dan Ojo Dibandingke

Menteri Basuki Gebuk Drum di FT UGM, Bawakan Lagu Dewa 19Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono bermain drum, di Fakultas Teknik UGM, Kamis (3/8/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Alumni Fakultas Geologi angkatan 1973 FT UGM ini juga mengajak mahasiswa untuk bernyanyi. "Saya kasih Rp500 ribu yang maju nyanyi," ujar Basuki sembari berdiri di belakang drum.

Mahasiswa pun antusias, salah satu mahasiswa yang maju menyanyikan lagu Ari Lasso 'Hampa' diiringi oleh Basuki. Ia kembali memanggil mahasiswa, kali ini perempuan yang maju bernyanyi 'Ojo Dibandingke' milik Abah Lala.

2. Bernyanyi dan berjoget bersama mahasiswa

Menteri Basuki Gebuk Drum di FT UGM, Bawakan Lagu Dewa 19Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono bernyanyi dan berjoget, di Fakultas Teknik UGM, Kamis (3/8/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Tidak hanya menggebuk drum, sebagai penutup, Basuki sempat bernyanyi dan berjoget bersama dengan mahasiswa. Lagu milik raja dangdut Rhoma Irama 'Terajana' dibawakannya.

Sejumlah mahasiswa yang sebelumnya hanya duduk pun, tidak ragu maju dan berjoget dengan Basuki. Basuki juga sempat nyawer para mahasiswa yang ikut bernyanyi dan berjoget dengannya.

Baca Juga: Menteri PUPR: Dirjen Cipta Karya Sedang Cek TPA Piyungan

3. Pesan Basuki untuk mahasiswa baru

Menteri Basuki Gebuk Drum di FT UGM, Bawakan Lagu Dewa 19Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Sebelum menghibur para mahasiswa, diketahui Basuki juga sempat memberikan wejangan kepada 1.617 mahasiswa. Ia mengatakan pada mahasiswa, bahwa mereka adalah calon insinyur masa depan Indonesia. Meski jumlah peminat sarjana teknik menurun dalam beberapa tahun terakhir, namun ia senang sekarang ini  jumlah peminat calon mahasiswa teknik semakin meningkat.

“Saya melihat beberapa tahun belakangan menurun, namun sekarang antusias peminat untuk menjadi insinyur sudah naik lagi. Peminatnya sudah hampir kembali,” kata Basuki.

Basuki menyebutkan bangsa Indonesia harus meningkatkan jumlah lulusan insinyur sebab rasio jumlah insinyur di Indonesia sekarang ini hanya 5.300 insinyur per satu penduduk. Jumlah ini sangat rendah dibandingkan oleh negara lain di kawasan ASEAN. “Jika kita tidak fokus pada program pembangunan, jumlah ini akan disalip Vietnam apalagi banyak investor sudah balik ke Vietnam,” katanya.

Menjadi insinyur itu menurut Basuki tidak hanya cukup dengan pintar secara akademik, namun memiliki integritas dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Tur Ke Indonesia, KAWS Akan Pamerkan Karya di Candi Prambanan

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya