TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sekolah Swasta Terancam Kekurangan Guru, Ini Langkah Bupati Bantul

Rekrutmen guru PPPK kewenangan pemerintah pusat

Ilustrasi guru.(IDN Times/Daruwaskita)

Bantul, IDN Times - ‎Rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru di Kabupaten Bantul dengan kuota sebanyak 466 orang berpotensi mengakibatkan kekurangan tenaga pengajar di sekolah-sekolah swasta. Hal ini pun mendapatkan perhatian dari Bupati Bantul.

1. Rekrutmen PPPK guru kewenangan ada di pemerintah pusat‎

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih. (IDN Times/Daruwaskita)

Menurut Halim, rekrutmen guru PPPK pada 2023 di Bantul merupakan ranah keputusan pemerintah pusat. Pemerintah daerah memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan kebijakan tersebut dan memastikan bahwa proses seleksi dilakukan sesuai prosedur yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) serta Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Nah kalau ada masalah yang muncul karena rekrutmen PPPK guru maka Pemkab Bantul akan berkonsultasi dengan pemerintah pusat," katanya, Sabtu (23/9/2023).

Baca Juga: 466 Formasi Guru PPPK di Bantul, Baru 150 GTT yang Penuhi Syarat

2. Akan konsultasi terkait sekolah swasta kekurangan guru

Ilustrasi sekolah dasar. (IDN Times/Daruwaskita)

Halim juga menegaskan bahwa dalam proses konsultasi dengan pemerintah pusat, Pemerintah Kabupaten Bantul akan memberikan masukan-masukan yang konstruktif. Mereka akan berupaya agar seluruh guru yang memenuhi syarat dapat diakui dan ditetapkan sebagai PPPK.

"Aturannya kan guru swasta yang lulus tes PPPK nantinya harus mengajar di sekolah negeri. Nah itu yang akan kita konsultasikan, supaya pendidikan kita berjalan lancar baik di swasta dan negeri," ucapnya.

Baca Juga: Bantul Buka Lowongan 466 Guru, DPRD Khawatir Sekolah Swasta akan Tutup

Verified Writer

Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya