Bantul Buka Lowongan 466 Guru, DPRD Khawatir Sekolah Swasta akan Tutup

Akan terjadi perpindahan guru sekolah swasta ke negeri

Bantul, IDN Times - ‎Pemerintah Kabupaten Bantul membuka rekrutmen 819 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK melalui pendaftaran calon aparatur sipil negara (CASN) 2023. Dari kuota tersebut terdiri 85 orang tenaga teknis, 466 guru dan tenaga kesehatan sebanyak 268 orang.

1. Khawatir banyak sekolah swasta akan tutup

Bantul Buka Lowongan 466 Guru, DPRD Khawatir Sekolah Swasta akan TutupSekretaris Komisi A DPRD Bantul, Jumakir. (IDN Times/Daruwaskita)

Sekretaris Komisi A, DPRD Bantul, Jumakir mengaku khawatir pembukaan rekrutmen 466 formasi guru, sekolah swasta akan kekurangan pengajar. 

"Sekolah swasta akan kekurangan guru bahkan bisa tutup, karena guru yang selama ini mengajar ketika diterima sebagai PPPK harus pindah mengajar ke sekolah negeri," kata Jumakir, Kamis (21/9/2023).

2. Jumlah guru yang memenuhi syarat untuk mengikuti tes PPPK sekitar 547 guru

Bantul Buka Lowongan 466 Guru, DPRD Khawatir Sekolah Swasta akan TutupIlustrasi Profesi Guru (IDN Times/Mardya Shakti)

Jumakir mengatakan jumlah guru yang memenuhi syarat untuk mengikuti tes PPPK sekitar 547 guru. Hampir 70 persennya di antaranya adalah guru yang mengajar di sekolah swasta Bantul.

"Misalnya di satu sekolah swasta ada sekitar 15 guru, kemudian 13 di antaranya memenuhi syarat ikut tes PPPK. Ketika ada 10 yang diterima maka sekolah swasta itu hanya punya lima guru. Pasti kan sekolah swasta itu kekurangan guru yang mengajar," ucapnya.

Baca Juga: Survei Kelompok Risiko Tinggi, 10 Pendatang di Bantul Positif HIV

3. Sulitnya mencari guru pengganti

Bantul Buka Lowongan 466 Guru, DPRD Khawatir Sekolah Swasta akan Tutupilustrasi guru (pixabay.com/stefanmeller)

Menurutnya mencari guru pengganti tidak mudah, apalagi saat ini baru saja dimulai tahun ajaran baru. "Padahal kalau guru sekolah swasta ini diterima sebagai PPPK, harus mengajar di sekolah negeri, tidak boleh lagi mengajar di swasta," tandasnya.

Baca Juga: Dijanjikan Jadi ASN Sipir, Warga Bantul Tertipu Ratusan Juta

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya