TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Patroli Ditingkatkan, Angka Kejahatan di Bantul Turun

Angka kecelakaan juga menurun

Tersangka dan barbuk pencurian warung makan.(IDN Times/Daruwaskita)

Bantul, IDN Times - Kepolisian Resor (Polres) Bantul mengklaim angka kejahatan atau kriminalitas turun hingga 40 persen pada minggu kedua Mei 2023 jika dibandingkan pekan sebelumnya. Penurunan tersebut disebut tak lepas dari kegiatan patroli yang ditingkatkan di wilayahnya.

1. Angka kriminalitas turun 8 kasus

Kanit Reskrim Polsek Srandakan, AKP Sutrisno.(kanan).(Dok.Polres Bantul)

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana, mengatakan terjadi 20 kasus kriminalitas pada minggu pertama dan sebanyak 12 kasus pada minggu kedua.

"Atau mengalami penurunan sebanyak 8 kasus," ujar Jeffry dalam keterangan pers yang diterima IDN Times pada Kamis (18/5/2023).

Jeffry menuturkan ada lima kasus kriminalitas yang paling banyak ditemukan, yakni penyalahgunaan Narkoba (4 kasus), curanmor (2 kasus), penggelapan (2 kasus), serta pengeroyokan (2 kasus).

Baca Juga: Serang Pemotor, 2 Pelaku Klitih di Bantul Ditangkap Warga

2. Kegiatan blue light patrol effektif turunkan angka kriminalitas

Ilustrasi Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Progo 2023 .(Dok.Istimewa)

Menurut Jeffry, turunnya angka kriminalitas merupakan dampak positif dari intensitas kegiatan patroli oleh anggota Polres Bantul di lapangan.

“Kami rutin melaksanakan blue light patrol setiap malam Sabtu dan malam Minggu sebagai upaya mencegah terjadinya gangguan keamanan, khususnya kejahatan jalanan,” ujarnya. 

Selain itu, lanjut Jeffry, setiap malam juga dilakukan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) berupa patroli wilayah, baik oleh Polres maupun polsek jajaran.

“Kehadiran polisi di lapangan membuat pelaku kejahatan mengurungkan niatnya,” lanjutnya.

Baca Juga: WhatsApp Bupati Bantul Diretas untuk Minta Uang Rp2 Juta 

Verified Writer

Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya