TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tahun 2024, Gunungkidul Prioritaskan Pembangunan 4 kapanewon

Ada kesetaraan antara zona utara, tengah, dan selatan

Musrenbang Kabupaten Gunungkidul 2024. (Dok. Istimewa)

Gunungkidul, IDN Times - Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, menyatakan akan memfokuskan pembangunan wilayah utara, di antaranya Kapanewon Ngawen, Nglipar, Gedangsari, dan Patuk. Pemkab Gunungkidul akan mengintervensi wilayah ini mulai Tahun 2024 mendatang.

“Rencana intervensi pembangunan wilayah utara sudah kita sampaikan juga kepada Gubernur. Nanti salah satunya akan menggunakan Dana Keistimewaan,” ucapnya saat acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024 di Kapanewon Semin, Rabu (1/2/2023).

Baca Juga: Gunungkidul Punya Sentra Oleh-Oleh Baru di Pantai Krakal

1. Keempat kapanewon bisa setara dengan kapanewon di zona tengah dan selatan

Bupati Gunungkidul Sunaryanta. (Dok. Istimewa)

Bupati berharap keempat kapanewon ini dapat terintegrasi. Selain itu, pembangunannya baik infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM) dapat setara dengan zona tengah maupun zona selatan Gunungkidul. 

“Pembangunan merata, tidak hanya difokuskan di wilayah selatan dan tengah, tapi bisa berkembang bersama tanpa ada kesenjangan,” papar Sunaryanta. 

2. Setiap daerah punya karakter dan potensi yang berbeda

Bupati Gunungkidul Sunaryanta (kanan). (Dok. Istimewa)

Sunaryanta juga menyampaikan, setiap daerah memiliki karakter dan potensi yang berbeda sehingga dalam pengelolaannya pun tentu berbeda. Dalam perencanaan pengelolaan akan berhasil apabila menyesuaikan karakter dan potensi yang ada.

“Awal perencanaan yang matang dalam penyusunan program yang tepat akan menjadi tolak ukur keberhasilan pembangunan,” katanya.

Baca Juga: Ratusan Kilometer Jalan di Gunungkidul Rusak Berat

Verified Writer

Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya