Gunungkidul Punya Sentra Oleh-Oleh Baru di Pantai Krakal

Pembangunan menelan anggaran Rp 2,6 miliar 

Gunungkidul, IDN Times - Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, meresmikan Gedung Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) yang berdiri di area parkir Pantai Krakal, Ngestirejo, Tanjungsari, pada Sabtu (21/1/2022). Kawasan ini dimaksudkan sebagai sentra oleh-oleh bagi wisatawan yang mengunjungi pantai selatan Gunungkidul. 

1. Pemkab gelontorkan anggaran hampir Rp3 miliar

Gunungkidul Punya Sentra Oleh-Oleh Baru di Pantai KrakalPeresmian Gedung Sentra Industri Kecil Menengah di area parkir Pantai Krakal, Gunungkidul. (Dok. Diskominfo Gunungkidul)

Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Gunungkidul, Supartono, mengatakan pembangunan gedung tersebut sebagai pusat pemasaran sentra industri pathilo (olahan makanan singkong dari Ngestirejo, red). Selain itu, juga dilakukan pengadaan peralatan produksi pengolahan ketela.

“Untuk kegiatan nonfisik kita lakukan pelatihan dan pendampingan IKM untuk penunjang SDM gedung pusat pemasaran pathilo ini,” katanya dalam sambutan.

Pihaknya mengatakan, anggaran pembangunan gedung pusat pemasaran sentra industri pathilo menelan anggaran Rp2.991.324.320. Untuk pengadaan alat produksi olahan ketela Rp658.348.729. Sementara untuk pelatihan dan pendampingan IKM sebesar Rp1.236.228.190.

“Anggaran kegiatan ini didanai dari APBN melalui dana Alokasi Khusus Fisik dan Dana Alokasi Khusus Non Fisik Tahun 2022,” paparnya.

Gedung sentra IKM ini memiliki dua lantai. Lantai bawah digunakan untuk display atau pemasaran produk olahan ketela. Sementara lantai atas digunakan sebagai ruangan pelatihan dan ruang rapat. 

Baca Juga: Pemkab Gunungkidul‎ Targetkan 4,1 Juta Wisatawan di 2023

2. Diharapkan mendorong perkembangan UMKM di Tanjungsari

Gunungkidul Punya Sentra Oleh-Oleh Baru di Pantai KrakalBupati Gunungkidul, Sunaryanta.(Dok.Diskominfo Gunungkidul))

Lurah Ngestirejo, Wahyu Suhendri, mengatakan pembangunan sentra IKM ini diharapkan dapat mendukung penuh perkembangan UMKM di wilayah Tanjungsari. Gedung sentra IKM terwujud atas koordinasi lintas dinas baik Dinas Perhubungan dan Dinas Perindustrian.

“Selain pusat UMKM kita berharap wilayah ini bisa menjadi pusat kegiatan masyarakat. Kawasan ini menjadi kawasan yang produktif,” paparnya.

3. Berharap tidak terjadi konflik antarpedagang jika sentra IKM

Gunungkidul Punya Sentra Oleh-Oleh Baru di Pantai KrakalBupati Gunungkidul Sunaryanta. (Dok. Diskominfo Gunungkidul)

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan, gedung sentra IKM ini digagas oleh Pemkab Gunungkidul sejak tahun 2014. Mulai dari pengadaan tanah hingga dapat dibangun gedung pendukung dan sentra UMKM. 

“Sehingga kami berharap bangunan yang sudah dibangun ini dimanfaatkan semakismal mungkin sebagai pusat peningkatan ekonomi lingkungan dan keluarga,” kata Bupati.

Bupati juga meminta pengelola untuk melakukan penataan sejak dini. Dengan harapan, tidak terjadi konflik antar pedagang jika sentra IKM tersebut nantinya sudah dapat beroprasi dan ramai.

“Kawasan makanan atau kuliner sendiri, pakaian sendiri , produk- produk kerajinan sendiri. Sehingga rapi dan perlu penataan sejak dini,” papar Bupati.

Orang nomor satu di Gunungkidul tersebut juga berpesan kepada pelaku UMKM untuk beradaptasi dengan teknologi. Sehingga seluruh produk dapat dipasarkan secara online tanpa mengenal batasan.

“Contohnya kerajinan yang ada di Bobung ini, sekarang sudah terintegrasi dengan Alibaba untuk pemasaran,” katanya.

Baca Juga: Kampung Lobster Gunungkidul, Sentra Kuliner Mewah nan Murah

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya