TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Libur 1 Suro, Kunjungan Wisatawan ke Bantul Naik 52 Persen

Raup PAD hingga Rp403 juta

TPR induk Pantai Parangtritis. (IDN Times/Daruwaskita)

Bantul, IDN Times - Pada akhir pekan yang bertepatan dengan libur 1 Muharram, ‎jumlah kunjungan wisatawan ke objek wisata yang dikelola Pemkab Bantul mencapai 41.506 orang. Angka tersebut menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai Rp403 juta.

Baca Juga: Gegara PMK, Wisata Keliling dengan Gerobak Sapi di Bantul Ditiadakan‎

1. Selama 25–31 Juli kunjungan wisatawan tembus 52.864 orang‎

Ilustrasi pengunjung Pantai Parangtritis, Bantul. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Kasi Promosi dan Informasi Wisata Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi, mengatakan khusus untuk kunjungan saat malam 1 Suro atau 1 Muharram di kawasan Pantai Parangtritis mencapai 6.908 orang.

"Total jumlah wisatawan yang berkunjung satu pekan terhitung 25–31 Juli 2022 mencapai 52.864 orang dengan PAD mencapai Rp513 juta," katanya, Senin (1/8/2022).

Menurutnya kunjungan pada 25–31 Juli 2022 dibandingkan satu pekan sebelumnya yakni tanggal 18-24 Juli mengalami lonjakan hingga lebih dari 52 persen.

"Pada tanggal 18–24 Juli 2022 jumlah wisatawan yang berkunjung ke objek wisata yang di kelola Pemkab Bantul hanya mencapai 34.642 orang dengan pemasukan PAD Rp336 juta," ungkapnya.

2. Didongkrak adanya kegiatan budaya

Ilustrasi wisatawan di pantai.(IDN Times/Daruwaskita)

Menurut pria yang akrab disapa Ipung ini, peningkatan kunjungan wisatawan paling banyak berada di destinasi pantai selatan (Pansela) Bantul, terutama Pantai Parangtritis. Pada malam 1 Suro, wisatawan paling banyak mengunjungi Pantai Parangkusumo untuk melaksanakan ritual.

"Sudah menjadi tradisi setiap malam 1 Suro banyak kegiatan ritual yang dilaksanakan di Pantai Parangkusumo," ucapnya.

Ipung menjelaskan, peningkatan kunjungan wisata ke Pansela juga didongkrak adanya kegiatan budaya di Pantai Gua Cemara dan Pantai Kuwaru.

"Pantai barat di Bantul yang biasanya sepi saat libur akhir pekan namun saat libur akhir pekan bersamaan dengan libur 1 Muharram pengunjungnya meningkat cukup banyak," ucapnya.

Baca Juga: Pantai Baru Bantul: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips

Verified Writer

Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya