Comscore Tracker

Pantai Baru Bantul: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips

Pantai terbaik di Bantul yang masih sedikit pengunjung

Kabupaten Bantul di Daerah Istimewa Yogyakarta terkenal dengan destinasi wisata pantainya. Kamu tentu gak asing lagi dengan Pantai Parangtritis yang terletak di pesisir bagian Timur Bantul.

Namun, pantai di pesisir bagian barat kabupaten berjuluk Bumi Handayani ini juga gak kalah keren, lho. Salah satunya adalah Pantai Baru yang gak boleh kamu lewatkan. Ini dia informasi lengkap mengenai lokasi, rute, harga tiket, dan tips berkunjung ke sana!

1. Lokasi Pantai Baru

Pantai Baru Bantul: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsPantai Baru Bantul (Dok. Pribadi/Dita Restuti)

Dibandingkan pantai-pantai lainnya di Bantul, Pantai Baru memang masih tergolong anyar, sehingga belum banyak dikunjungi oleh wisatawan dari luar kota. Apalagi, lokasinya yang berada di pesisir bagian Barat Bantul memang tergolong masih sepi. 

Pantai Baru berlokasi di Ngentak, Kalurahan Poncosari, Kapanewon Srandakan, tepat di pinggir ruas Jalur Jalan Lingkar Selatan (JJLS) Bantul. Dari Titik Nol Kilometer Yogyakarta, pantai ini berjarak sekitar 31 kilometer yang dapat ditempuh selama sekitar satu jam perjalanan dengan kendaraan pribadi.

2. Rute menuju Pantai Baru

Pantai Baru Bantul: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsPantai Baru Bantul (Dok. Pribadi/Dita Restuti)

Ada dua rute untuk menuju ke Pantai Baru. Yaitu melewati Jalan Samas atau Jalan Srandakan Bantul.

Rute Jalan Samas (31,2 km):

Dari Titik Nol Kilometer Yogyakarta, berjalanlah ke arah Barat lalu belok kiri (Selatan) ke Jl. KH Wahid Hasyim, Kota Yogyakarta. Kemudian lurus terus sekitar 24 km melewati Jalan Bantul dan Jalan Samas. Di pertigaan Jalan Samas-JJLS, belok kanan ke arah Barat dan lanjutkan perjalanan sekitar 5,8 km hingga kamu melihat plang penunjuk arah Pantai Baru.

Rute Jalan Srandakan (30,1 km): 

Dari Titik Nol Kilometer Yogyakarta, berjalanlah ke arah Barat lalu belok kiri (Selatan) ke Jl. KH Wahid Hasyim, Kota Yogyakarta. Lurus terus sekitar 12,6 km sampai perempatan Palbapang (RS Paru Respira).

Belok kanan ke Jalan Srandakan dan berjalanlah sekitar 9,5 km. Sebelum Jembatan Srandakan, belok kiri (Selatan) menuju Jalan Pandansimo. Berkendaralah sekitar 5,6 km, lalu belok kiri ke arah JJLS. Ikuti jalan sampai kamu menemukan plang penunjuk arah Pantai Baru.

Jika melalui rute ini, kamu perlu sedikit berhati-hati karena ada sedikit bagian jalan yang rusak dan berlubang di Jalan Pandansimo akibat lalu lintas truk pasir. Selebihnya berupa jalan yang mulus dan cukup lebar.

Baca Juga: Pantai Parangtritis: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips 

3. Jam operasional dan harga tiket masuk 

Pantai Baru Bantul: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsPantai Baru Bantul (Dok. Pribadi/Dita Restuti)

Pantai Baru pada dasarnya dibuka 24 jam. Namun, warung makan dan pedagang di pantai ini biasanya beroperasi sejak pagi hingga petang hari.

Untuk mengunjungi Pantai Baru, kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp10 ribu per orang. Dengan membayar tarif sekali saja, kamu sudah bisa menyambangi seluruh pantai yang ada di pesisir Barat Bantul, mulai dari Pantai Pandansimo hingga Pantai Samas.

Sementara, tarif parkir untuk motor ditetapkan Rp2 ribu dan mobil Rp5 ribu. Ini berlaku untuk sekali parkir, ya!

4. Fasilitas yang tersedia

Pantai Baru Bantul: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsPantai Baru Bantul (Dok. Pribadi/Dita Restuti)

Meskipun masih tergolong sebagai pantai anyar, Pantai Baru sudah memiliki fasilitas yang lengkap, lho. Ada tempat parkir yang luas, kamar mandi, musala, hingga warung makan seafood yang menghadap ke pantai. Kamu juga bisa camping di pantai ini.

Selain itu, kamu juga bisa berkeliling pantai dengan kendaraan ATV di jalur yang sudah disediakan. Kamu cukup membayar tarif Rp40 ribu untuk 125cc dan Rp50 ribu untuk 150cc untuk berkendara selama 15 menit. Bisa boncengan juga, lho!

5. Daya tarik dan tips berwisata di Pantai Baru

Pantai Baru Bantul: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsPantai Baru Bantul (Dok. Pribadi/Dita Restuti)

Seperti pantai lainnya di Bantul, Pantai Baru memiliki kontur yang landai dan berpasir hitam. Selain itu, pantai ini juga ditumbuhi pohon cemara laut yang membuatnya makin eksotis.

Pantainya yang landai memang menggodamu untuk bermain buih ombak. Tapi wajib diingat, pengunjung dilarang keras mandi di laut, karena bisa berisiko tinggi terseret ombak. Apalagi, ombak di sini terkenal cukup besar. Jadi, cukup bermain pasir sambil menikmati pemandangan saja, ya!

Karena pantai ini berada di sebelah Barat, tempat ini paling bagus dikunjungi saat menjelang sore agar kamu dapat menyaksikan matahari terbenam. Pantai ini juga menyediakan beberapa ayunan kayu untuk berswafoto atau sekadar bersantai  memandangi laut.

Jadi, tertarik untuk mengunjungi Pantai Baru Bantul? Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Baca Juga: Pantai Depok Yogyakarta:Rute, Lokasi, Harga dan Tips Liburan

Dita Restuti Photo Community Writer Dita Restuti

Pengabdi Excel yang mencari keberuntungan. Temukan lebih banyak di Instagram @ditarestuti

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya