TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Proyeksi BI DIY: Pertumbuhan Ekonomi DIY Masih Berlanjut

Sejumlah hal perlu diantisipasi

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi (IDN Times/Arief Rahmat)

Yogyakarta, IDN Times - Bank Indonesia Kantor Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta (BI DIY) memperkirakan pertumbuhan ekonomi DIY masih akan terus tumbuh di triwulan II 2023. Optimisme itu muncul setelah melihat pertumbuhan ekonomi DIY di triwulan I 2023.

Ekonomi di DIY triwulan I 2023 tercatat tumbuh 5,31 persen (year-over-year/YoY). Catatan pertumbuhan ekonomi tersebut juga membawa DIY tertinggi se-Jawa, dan lebih tinggi dibandingkan nasional.

1. Optimis tumbuh, sejumlah tantangan muncul

Kepala Kantor Perwakilan BI DIY, Budiharto Setyawan. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Kepala Perwakilan BI DIY, Budiharto Setyawan menyebut BI DIY memperkirakan ke depan akselerasi pertumbuhan ekonomi DIY masih akan berlanjut. Di triwulan II 2023 dan secara keseluruhan tahun, berada pada kisaran 4,6–5,4 persen (YoY).

Berkaitan hal tersebut beberapa risiko yang perlu memperoleh perhatian diantaranya progres pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN). Lalu, dinamika perekonomian global. "Serta risiko El-Nino terhadap inflasi dan penurunan produksi pertanian," ujar Budiharto, Sabtu (6/5/2023).

Baca Juga: Triwulan I 2023, Pertumbuhan Ekonomi DIY Tertinggi se-Jawa

2. Perlu adanya kolaborasi

pixabay/rawpixel

Guna menghadapi berbagai tantangan yang ada, menurut Budiharto perlu adanya strategi dan kolaborasi. Momentum pertumbuhan ekonomi DIY tahun ini, tidak boleh dilewatkan.

"Kolaborasi, inovasi, dan strategi, di antara para pihak perlu terus diperkuat, guna menjaga momentum pertumbuhan ekonomi DIY," ungkap Budiharto.

Baca Juga: Pemda DIY Tempuh Jalur Hukum Tangani Masalah Tanah Kas Desa

Berita Terkini Lainnya