TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dalam 1 Hari, Merapi Keluarkan 8 Guguran Lava dan 83 Gempa Guguran   

Selama sepekan tak ada peningkatan perkembangan kubah

Gunung Merapi (ANTARA FOTO/Rudi/hn/pd)

Sleman, IDN Times - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyatakan dalam satu hari, Rabu (15/6/2022), Gunung Merapi mengalami 83 kali gempa guguran.

Kepala BPPTKG Agus Budi Santoso mengatakan selain gempa guguran, Merapi tercatat mengalami dua kali gempa fase banyak dan satu kali gempa vulkanik dangkal.

"Pada periode pengamatan itu, tercatat delapan kali guguran lava ke luar dari gunung itu dengan jarak luncur maksimum 1.500 meter ke arah Barat Daya," ujar Agus melalui keterangan tertulis, Kamis (16/6/2022). 

 

1. Merapi keluarkan asap putih hingga 50 meter

ilustrasi pengamatan Gunung Merapi. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Berdasarkan pengamatan visual, tampak asap berwarna putih ke luar dari Gunung Merapi dengan intensitas sedang hingga tebal dengan ketinggian sekitar 50 meter di atas puncak.

Deformasi atau perubahan bentuk tubuh Merapi yang dipantau BPPTKG menggunakan electronic distance measurement (EDM) pada 15 Juni 2022, menunjukkan laju pemendekan jarak rata-rata 0,2 cm dalam tiga hari.

 

Baca Juga: Museum Gunung Merapi : Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips

Baca Juga: 11 Potret Plunyon Kalikuning, Wisata di Lereng Gunung Merapi 

2. Selama sepekan tak ada peningkatan perkembangan kubah

Kepala Seksi Gunung Merapi BPPTKG Agus Budi Santoso. Youtube.com/BPPTKG CHANNEL

Berdasarkan hasil analisis morfologi selama sepekan pada periode 27 Mei - 2 Juni 2022, Agus menyatakan tidak teramati perubahan ketinggian, baik kubah barat daya maupun kubah tengah.

"Volume kubah lava barat daya tercatat sebesar 1.551.000 meter kubik, dan kubah tengah sebesar 2.582.000 meter kubik," ujarnya. 

 

Baca Juga: PSS Menang, Sleman Fans: Local Pride Tak Ada Pelatih dan Pemain Asing 

Berita Terkini Lainnya