TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Satu Keluarga Positif COVID-19, Pemda Bantul: Bukan Transmisi Lokal

Akan masifkan rapid test bagi masyarakat umum

Simulasi penyakit menular yang dilakukan oleh RSUP dr. Sardjito. IDN Times/Siti Umaiyah

Bantul, IDN Times - ‎Gugus Tugas Percepatan Penanganan Infeksi COVID-19 Kabupaten Bantul menyebutkan pasien positif virus corona di Bantul sebagian besar terpapar usai melakukan perjalanan dari zona merah COVID-19. Dengan demikian, belum ada transmisi lokal yang terjadi.

Baca Juga: Tidak Tunjukkan Gejala, Satu Keluarga di Bantul Positif COVID-19

1. Sebagian besar pasien positif COVID-19 punya riwayat perjalanan dari DKI Jakarta dan sekitarnya‎

Ilustrasi tol Tugu Pancoran (IDN Times/Sunariyah)

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Infeksi COVID-19 Kabupaten Bantul, dr. Sri Wahyu Joko Santosa mengatakan para pasien positif COVID-19 di Kabupaten Bantul terpapar COVID-19 usai mengunjungi DKI dan sekitarnya yang merupakan daerah pandemik COVID-19.

"Dari riwayat para pasien positif COVID-19 ini terpapar usai pulang dari DKI Jakarta dan sekitarnya," katanya di kantor Pemda Bantul, Rabu (29/4).‎

Menurut pria yang akrab dipanggil Dokter Oki ini, hanya ada 1 pasien positif yang saat ini masih dirawat dengan riwayat perjalanan dari luar Jakarta, yaitu dari Bali.

"Pasien ini seorang perempuan yang kini masih dirawat di RS Bethesda," ujarnya.

2. Penularan pasien positif COVID-19 kepada keluarganya belum bisa dikatakan transmisi lokal‎

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Infeksi COVID-19 Kabupaten Bantul, dr. Sri Wahyu Joko Santosa. IDN Times/Daruwaskita

Adapun kasus seorang ayah yang dinyatakan positif kemudian menularkan kepada istri dan anaknya, kata Oki belum bisa dikategorikan sebagai transmisi lokal. Kasus itu masih termasuk penularan terbatas dan penularannya hanya dalam keluarga saja.

"Kita sudah melakukan tracing kepada para tetangga pasien positif COVID-19 dan telah dilakukan rapid tes dan hasilnya negatif. Hanya dalam satu keluarga saja penularan COVID-19 terjadi," terangnya.

Baca Juga: 3 Pasien Positif COVID-19 Asal Bantul Satu Keluarga, Sempat ke Jakarta

Berita Terkini Lainnya