TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

PDIP Ingin Pimpinan Alkap DPRD Kabupaten Bantul Proporsional

Ini bisa mengakomodir seluruh partai di DPRD

Wakil Bupati Bantul sekaligus Ketua DPC PDIP Bantul, Joko B Purnomo. (IDN Times/Daruwaskita)

Bantul, IDN Times - Sebanyak 45 anggota DPRD Kabupaten Bantul periode 2019-2024 resmi dilantik pada Selasa (13/8) lalu. Pimpinan sementara diangkat dari 2 partai yang memiliki kursi terbanyak, yaitu Hanung Raharjo dari PDI Perjuangan dan Nur Subiyantoro dari Gerindra.

Selanjutnya, anggota terlantik ini akan segera memproses pembentukan alat kelengkapan dewan dan tata tertib dewan. Sebagai partai dengan perolehan kursi terbanyak, berapa target PDI Perjuangan untuk mendapatkan jatah pimpinan alat kelengkapan dewan (alkap)?

Baca Juga: Dilantik Menjadi DPRD, Anggota Dewan ini Rayakan dengan Cara Unik 

1. Ingin semua partai di DPRD Bantul terakomodir dalam alkap

IDN Times/Daruwaskita

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Bantul Joko Purnomo mengatakan tidak akan ngotot untuk menguasai alat kelengkapan dewan. Ia ingin semua partai yang memperoleh kursi di DPRD Bantul yang nantinya bergabung dalam fraksi-fraksi semua terakomodir dalam pimpinan alat kelengkapan dewan (alkap).

"Prinsip dari PDI Perjuangan, semua partai terakomodir pada alat kelengkapan dewan atau proporsional saja," ungkapnya, Rabu (14/3).

2. Alkap yang proporsional membuat pemerintahan ke depan berjalan kondusif‎

IDN Times/Daruwaskita

Kenapa PDI Perjuangan Bantul ingin proporsional? Joko mengatakan ingin ke depan jalannya pemerintahan tetap kondusif karena bagaimanapun DPRD itu bagian dari pemerintahan bersama dengan eksekutif.

"Legislatif dan eksekutif punya tanggung jawab yang sama untuk mensukseskan program pembangunan yang ada di Kabupaten Bantul," katanya.

3. PDIP diperkirakan tetap memperoleh jatah pimpinan alkap‎ terbanyak

IDN Times/Daruwaskita

Politisi PDI Perjuangan yang kembali terpilih untuk duduk di kursi DPRD DI Yogyakarta periode 2019-2024 ini menjelaskan, dengan 11 kursi di DPRD Bantul, partai berlambang banteng moncong putih ini tetap memperoleh jabatan terbanyak dalam alkap meski pembagiannya proporsional.

"Ya secara logika maka PDI Perjuangan tetap memperoleh jabatan terbanyak dalam alkap walaupun itu proporsional," ungkapnya.

Baca Juga: Tak Mau Kalah di Pilkada Sleman, PDIP Ngobrol dengan Dua Partai ini 

Berita Terkini Lainnya