Cak Imin Janji Naikkan Dana Desa jadi Rp5 M, Mendes: Realistis

Janji Cak Imin dianggap realistis, lalu apa pertimbangannya?

Yogyakarta, IDN Times - Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyuarakan kenaikan Dana Desa menjadi Rp5 miliar per tahun demi membantu pembangunan nasional dan pengentasan kemiskinan. Baru-baru ini, gagasannya itu kembali dikemukakan oleh Ketum PKB tersebut. Dia berjanji merealisasikannya apabila Anies Baswedan dan dirinya terpilih jadi presiden-wakil presiden di Pilpres 2024.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar, pun mengemukakan pendapatnya soal janji adik kandungnya itu.

1. Realistis jika dibandingkan dengan besaran APBN

Cak Imin Janji Naikkan Dana Desa jadi Rp5 M, Mendes: RealistisIlustrasi APBN. (IDN Times/Aditya Pratama)

Abdul Halim mengatakan, menaikkan Dana Desa hingga Rp5 miliar per tahun untuk masing-masing dari total sekitar 75 ribu desa di Indonesia cukuplah realistis apabila melihat besaran APBN sekarang ini.

"Sangat realistis, to. Coba hitung aja, lima (miliar) kali 75 ribu (desa). Berapa APBN kita, kecil banget," kata Abdul Halim di UNY, Minggu (17/9/2023).

2. Desa mandiri, perlu diapresiasi

Cak Imin Janji Naikkan Dana Desa jadi Rp5 M, Mendes: RealistisMenteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar. (Dok. Kemendes)

Abdul Halim menilai, memperbesar alokasi Dana Desa memberikan arah pada kepercayaan masyarakat akan desa yang mandiri mengelola dirinya sendiri.

"Ingat awal pertama digulirkan Dana Desa, ada dua macam (pandangan). Pertama, tidak yakin ini (Dana Desa) akan bagus karena apakah bisa desa dikasih duit dan dikelola sendiri. Kedua, (pandangan) sangat optimistis (desa bisa mengelolanya)," kata Halim.

"Dan yang terbukti yang kedua, hari ini desa mengelola dirinya sendiri dan layak diberikan apresiasi dengan kucuran dana desa yang lebih," sambungnya.

Baca Juga: Gerakan Pemuda Ka'bah Dukung Anies di Pilpres 2024

3. Hadapi dua hal abstrak sampai kiamat

Cak Imin Janji Naikkan Dana Desa jadi Rp5 M, Mendes: RealistisIlustrasi dana dan anggaran (IDN Times/Aditya Pratama)

Bagi Abdul Halim, semakin mandiri desa-desa yang ada di Indonesia, maka wajib diperhitungkan pula kucuran Dana Desanya. Dia berkaca pada dua hal yang harus dihadapi dan disebutnya 'abstrak'. Yaitu, upaya menghadapi pertumbuhan ekonomi dan peningkatan sumber daya manusia (SDM).

"Dua hal yang sangat abstrak dan tidak pernah selesai sampai dunia ini kiamat. Pertama pertumbuhan ekonomi, kedua peningkatan SDM," urainya.

"Dua ini tidak bisa dinomorsatu-duakan, harus simultan. Ngomong pertumbuhan ekonomi tidak akan pernah berhenti, Amerika yang majunya kaya gitu kemarin hampir kolaps. Ngomong peningkatan SDM gak akan pernah berhenti sampai kapan pun," pungkasnya.

Baca Juga: Manuver Nasdem Gandeng Cak Imin Timbulkan Gempa Politik

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya