Kaesang-Erina Jadi Gelar Resepsi di Royal Ambarrukmo?

Ini penjelasan pihak manajemen Royal Ambarrukmo

Sleman, IDN Times – Presiden RI Joko Widodo mendatangi pendopo di Hotel Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, pada 16 Oktober 2022 lalu. Orang nomor satu itu disebut datang untuk mengecek venue yang biasanya digunakan untuk resepsi pernikahan.

Manajemen Royal Ambarrukmo Yogyakarta belum bisa memastikan apakah pernikahan putra kedua Jokowi, yaitu Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono akan dilangsungkan di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo atau tidak. Meski begitu, pihak hotel mengaku siap jika nantinya pernikahan akan dilangsungkan di Royal Ambarrukmo Yogyakarta.

General Manager Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Herman Courbois mengatakan untuk sementara belum ada kabar lebih lanjut setelah kunjungan Jokowi pada Minggu (16/10/2022) lalu.

“Waktu itu memang RI 1 datang dan itu juga cukup mendadak. Kemarin memang saya tahu dari beberapa Kementerian mereka mau lihat venue dan akhirnya Pak Jokowi sendiri juga hadir,” ujar Herman, ditemui di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Selasa (1/11/2022).

1. Belum bisa memastikan

Kaesang-Erina Jadi Gelar Resepsi di Royal Ambarrukmo?General Manager Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Herman Courbois. (IDN Times/Herlambang Jati)

Setelah kunjungan tersebut hingga saat ini belum ada komunikasi lebih lanjut. Pihak Manajemen hotel juga masih menunggu kabar, apakah jadi atau tidak. “Sampai saat ini kayaknya dua alternatif kalau di Yogyakarta di UGM atau Royal Ambarrukmo,” ujar Herman.

Herman menyebut saat kunjungan tersebut Jokowi senang. Terlebih Pendopo Royal Ambarrukmo ini menyimpan nilai sejarah yang kental.

“Apalagi namanya heritage, Pak Jokowi sendiri juga orang Jawa dia memang sangat kental dengan Jawa. So dia lihat bangunannya dan beberapa Menteri yang ikut juga suka dengan histori dan lain sebagainya. Mereka agak kaget kok di sini masih ada tempat yang sebagus ini dan dikelola oleh swasta dan masih dalam keadaan yang bagus dengan histori. So mereka cukup senang,” ucapnya.

Baca Juga: Jokowi Kunjungi Hotel Ambarrukmo, Cek Tempat Pernikahan Kaesang? 

2. Pengalaman yang ada dimanfaatkan

Kaesang-Erina Jadi Gelar Resepsi di Royal Ambarrukmo?Presiden Jokowi cek sebuah tempat resepsi pernikahan di Hotel Royal Ambarrumo Yogyakarta pada 16 Oktober 2022. (IDN Times/Herlambang Jati)

Meski belum ada kepastian, pihak internal juga akan melakukan berbagai persiapan. “Kalau persiapan internal ya hanya training saja, bila terjadi apa yang terjadi, tapi sekali lagi karena memang belum tentu, nanti set up seperti apa, ruangan ini seperti apa,” kata Herman.

Pihak manajemen akan memikirkan dari kondisi keamanan, hingga segi makanan. Pengalaman pria asal Belanda di Indonesia selama 26 tahun lebih itu akan dimanfaatkannya.

“Selama saya di Indonesia 26 tahun sudah pernah beberapa kali ada Pak Presiden yang masuk ke hotel saya, tidak ke hotel ini tapi di hotel yang lain,” ujar Herman.

3. Berbagai persiapan

Kaesang-Erina Jadi Gelar Resepsi di Royal Ambarrukmo?Kedaton Ambarrukmo (instagram.com/royalambarrukmo)

Pengalaman yang dimiliki Herman akan dimanfaatkan. Dikatakan Herman pastinya ada Standar Operasional Prosedur (SOP) tersendiri. “Nanti makanan harus dicek, apa yang perlu disiapkan. Kesukaan makanan seperti apa. So hal-hal itu saja yang masih sangat basic kita persiapkan,” kata Herman.

Disebut Herman, jika melihat waktu yang pernikahan yang direncanakan dilangsungkan pada Desember, masih bisa ada persiapan-persiapan khusus. “Ini kan 1 November, kalau memang yang bocorannya awal Desember ya kurang lebih masih lima mingguan, masih bisa,” ujarnya.

Baca Juga: Sejarah Kedaton Ambarrukmo, Diisukan Jadi Venue Nikahan Kaesang-Erina

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya