Odyssey, Pertemuan Lagu dan Lukisan di Satu Tempat 

Pameran seni rupa kontemporer berlangsung selama 1 bulan

Sleman, IDN Times-ARTOTEL Group kembali menggelar Odyssey, rangkaian acara yang memadukan musik dan seni rupa kontemporer.

Yogyakarta merupakan kota kedua, setelah sebelumnya digelar di ARTOTEL Bandung. 

"Odyssey membuktikan bahwa animo event khas ARTOTEL ini dinantikan. Kami juga sengaja memberi kesempatan kepada pecinta seni yang sedang berkunjung ke Yogyakarta untuk meramaikannya. Dan acara ini memang sengaja kami bikin satu hari setelah pembukaan ARTJOG " ucap Assistant Director Marketing Komunikasi ARTOTEL Group, Yulia Maria, Jumat (26/7) di lobby ARTOTEL. 

 

1. Karya Tere dan kerinduan masa kecilnya

Odyssey, Pertemuan Lagu dan Lukisan di Satu Tempat IDN Times / febriana sinta

Setelah diadakan di Bandung, Odyssey kali ini menampilkan pameran seni karya Theresia Agustina Sitompul yang diberi judul 'Amygdala: Print & Things'.

Karya dari Tere yang selalu kental dengan nuansa alam ini diinspirasi dari masa kecilnya yang tinggal di kaki Gunung Arjuna, Pasuruan, Jawa Timur. Keinginan untuk melukis bunga, gunung dan keindahan alam lainnya dibawanya hingga kini.

" Ya, saya selalu ingin menggambar bunga, daun, gunung, dan alam lainnya kemudian lambat laun saya kasih gimmick-gimmick lainnya. Selain itu tema religius juga saya pilih seperti karya saya yang menceritakan tentang kapal Nuh," ujar Tere. 

Hasil karya perempuan kelahiran tahun 1981 ini juga mengikuti peristiwa yang menjadi memori hidupnya. 

" Ibu saya, kemudian adik saya, menjadi inspirasi saya untuk membuat karya. Jadi ya karya ini semuanya sesungguhnya personal," ujar pengajar di ISI Surakarta ini. 

Karya perempuan kelahiran Pasuruan Jawa Timur ini memadukan medium kain kasa, yang dipadu dengan besi tempa dan olahan karet serta benang yang ditampilkan secara apik di area lobby ARTOTEL Yogjakarta.

Pameran seni rupa kontemporer ini terbuka untuk umum dan bisa dinikmati hingga 31 Agustus 2019. 

Baca Juga: Belum ke ARTJOG MMXIX? Aduh, Rugi Banget!

2. Media ekspresi yang mempertemukan musisi Yogyakarta dan Jakarta

Odyssey, Pertemuan Lagu dan Lukisan di Satu Tempat IDN Times / febriana sinta

Selain pameran seni, Odyssey juga menampilkan pertunjukan musik yang menggabungkan musisi Yogja dan musisi Jakarta.

Adapun musisi yang turut meramaikan gelaran ini, Blue Room Boys, Rubah di Selatan, Ridwan, Tantra, Metzdub dan musisi dari Yogya lainnya.

Vokalis Blue Rom Boys, Ariel Nayaka mengapresiasi ARTOTEL sebagai media ekspresi yang mempertemukan musisi Yogyakarta dan Jakarta. 

"Senang berada di sini, di Yogya, akan ada banyak musisi yang ada di rangkaian Odyssey," ujar Ariel. 

Musik dari band asal Jakarta yang namanya terinspirasi dari studio musik berwarna biru ini, juga memperkenalkan lagu baru mereka berjudul 'Lemigo". 

3. Bali tempat terakhir rangkaian event Odyssey

Odyssey, Pertemuan Lagu dan Lukisan di Satu Tempat IDN Times / febriana sinta

Sementara itu General Manager ARTOTEL Jogja, Kusnadi dengan adanya rangkaian seni yang digelar, mendefinisikan bahwa ARTOTEL tidak hanya hotel, namun juga akan selalu mensupport kegiatan seni dan musik. 

"Kami tidak sabar untuk menutup acara Odyssey dengan gong besar yang akan kami lakukan di Bali pada bulan Oktober mendatang," ujar Kusnadi. 

Baca Juga: Kamera Saku Jadul di Pasar Kangen Jogja Laris Manis 

Topic:

  • Febriana Sintasari

Just For You