Comscore Tracker

6 Tips Jitu Bikin Anak Tidur Malam Tepat Waktu, Dicatat, ya!

Biar orangtuanya bisa me time

Sebelum memasuki masa sekolah, PAUD atau Taman Kanak-kanak, anak sering kali seperti memiliki 'kelebihan energi' karena energinya mungkin tidak tersalurkan. Hal itu menyebabkan anak menjadi memiliki jam tidur yang berantakan, baik tidur siang maupun malam.

Jika jam tidurnya berantakan terutama pada malam hari, hal ini bisa berpengaruh pada kesehatan dan psikologis dari si anak. Orangtua juga jadi tak punya waktu untuk me time.

Nah, berikut tips jitu untuk membuat anak bisa tidur malam tepat waktu. Yuk, dicatat!

1. Aktifitas fisik yang cukup

6 Tips Jitu Bikin Anak Tidur Malam Tepat Waktu, Dicatat, ya!Ilustrasi balita bermain pasir (Pexels/Svitlana Parkhomenko)

Tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah memberikan aktivitas fisik yang cukup pada anak. Contohnya, mengajak anak keliling kompleks perumahan (berjalan kaki atau menggunakan stroller), bersepeda, membantu orangtua memasak atau bersih-bersih rumah, dan lain sebagainya. 

Tips ini diharapkan akan membuat anak 'membuang' energinya dan akan tidur tepat waktu. Selain itu, anak juga akan menjadi lebih sehat karena aktivitas fisiknya yang cukup.

2. Tidur siang secukupnya

6 Tips Jitu Bikin Anak Tidur Malam Tepat Waktu, Dicatat, ya!Ilustrasi anak balita tidur (pixabay.com/ddimitrova)

Memiliki tidur siang tepat waktu (tidak tidur siang di atas jam 2 siang) diawali dengan bangun pagi hari. Biasakan anak bangun paginya tidak melebihi jam 7 pagi, selanjutnya cukup tidur siang selama 1 sampai 1,5 jam saja. Bila tidur siang terlalu lama dikhawatirkan tidur malam anak akan menjadi mundur juga karena tidurnya sudah terlalu lama.

Yang jelas, anak tetap butuh tidur siang. Jangan sampai ia melewatkan tidur siangnya. Jam tidur yang cukup akan membantu pertumbuhan otaknya secara maksimal dan tentu kualitas hidup anak menjadi lebih baik.

Baca Juga: 5 Manfaat Membiarkan Anak Kesulitan, Jadi Pribadi Tangguh

3. Mandi air hangat

6 Tips Jitu Bikin Anak Tidur Malam Tepat Waktu, Dicatat, ya!Ilustrasi anak mandi (freepik.com/user3802032)

Setelah anak bangun dari tidur siangnya, selanjutnya mandi air hangat bisa menjadi tips jitu agar si kecil tidur malam tepat waktu. Mandi air hangat akan menenangkan sel-sel sarafnya dan membuat anak menjadi lebih nyaman dan rileks, terutama di daerah-daerah dengan suhu yang lebih dingin. 

Namun apabila suhu dan cuaca terlalu panas, mandi air hangat tidak harus dilakukan.

4. Makan kenyang

6 Tips Jitu Bikin Anak Tidur Malam Tepat Waktu, Dicatat, ya!ilustrasi balita makan (pixabay.com/5686750)

Tips jitu selanjutnya adalah berikan anak makan kenyang, kenyang dalam arti cukup dan tidak berlebihan. Bila makan berlebihan juga dikhawatirkan perut anak akan merasa tidak nyaman dan bisa mengganggu tidur malamnya. Namun, bila anak kurang makannya juga dikhawatirkan anak masih merasa lapar dan justru makan di saat anak harusnya sudah tidur malam.

Waktu terbaik memberi makan anak adalah 3 jam sebelum waktu tidurnya, sehingga perut anak tidak sakit karena tidur sehabis makan.

5. Ciptakan suasana tidur dan kamar yang nyaman

6 Tips Jitu Bikin Anak Tidur Malam Tepat Waktu, Dicatat, ya!Ilustrasi suasana tidur (freepik.com/pvproduction)

Ciptakan suhu kamar yang sejuk, apabila menggunakan pendingin ruangan maka atur suhu agar tidak terlalu dingin atau panas bagi anak. Selain itu, usahakan tidak ada serangga terutama nyamuk yang bisa mengganggu tidur anak.

Lebih baik lagi, matikan atau redupkan lampu sebelum waktu tidur. Suhu dan suasana yang nyaman akan membuat anak cepat mengantuk.

6. Bacakan buku cerita atau nyanyikan lagu

6 Tips Jitu Bikin Anak Tidur Malam Tepat Waktu, Dicatat, ya!ilustrasi anak membaca buku (unsplash.com/Stephen Andrews)

Tips jitu berikutnya yang bisa dilakukan adalah membacakan buku atau menyanyikan lagu syahdu untuk anak di tempat tidur. Cara ini diharapkan akan membuat anak semakin lama semakin mengantuk dan kemudian tertidur lelap. Anak pun tidur tidak sampai larut malam atau begadang.

Itu dia beberapa tips yang bisa digunakan agar anak tidur malam tepat waktu. Jangan biasakan anak begadang sampai larut malam, karena hal itu akan menggangu perkembangan otak, psikologis anak dan juga kesehatan tumbuh kembangnya. 

Baca Juga: 10 Tips Ajak Anak Rapikan Kamar dan Mainan ala KonMari

Cicilia Rahmawati Photo Community Writer Cicilia Rahmawati

Semoga bermanfaat, ya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya