Comscore Tracker

Kata Populer di Masyarakat Masuk di KBBI, Ada Oalah hingga Boba 

KBBI menambah kata baru setiap bulan April dan Oktober

Beberapa kata populer di masyarakat saat ini sudah dimasukkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Bahkan terdapat kata baru yang menjadi trending di media sosial, yaitu kata oalah. 

Selain oalah, ada beberapa kata lainnya yang sudah masuk dalam KBBI dan menjadi kata resmi. Apa saja?  

 

1. Oalah

Kata Populer di Masyarakat Masuk di KBBI, Ada Oalah hingga Boba kbbi.kemdikbud.go.id

Oalah masuk di KBBI sejak tahun 2017. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Subbid Pengembangan Sastra Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Badan Bahasa, Azhari Dasman kepada IDN Times di awal tahun 2020 lalu. 

Azhari menjelaskan kata 'oalah' masuk ke dalam KBBI karena merupakan usulan dari masyarakat. Kata tersebut menurutnya seperti kata 'aduh'.

Baca Juga: Uniknya Sate Kronyos Mak Adi Bantul, Gurihnya Menggoda Lidah

2. Boba

Kata Populer di Masyarakat Masuk di KBBI, Ada Oalah hingga Boba Proses pembuatan fresh milk boba brown sugar dalam "Bobalicious" di Surabaya. IDN Times/Naufal Al Rahman

Boba menjadi salah satu minuman kekinian yang paling banyak peminatnya. Apakah kamu tahu, ternyata kata boba juga masuk dalam KBBI? Di dalam KBBI, Boba mempunyai dua arti. Pertama, bola tapioka berstruktur kenyal, terdapat dalam makanan atau minuman, seperti teh susu, jus, kopi, kue dan sebagainya. 

Arti kedua adalah minuman yang terbuat dari teh atau susu dengan perisa atau pemanis tertentu yang dilengkapi dengan boba.

3. Bumil

Kata Populer di Masyarakat Masuk di KBBI, Ada Oalah hingga Boba ilustrasi ibu hamil (IDN Times/Arief Rahmat)

Tidak biasanya KBBI memuat sebuah kata singkatan. Di bulan Oktober 2020, terdapat beberapa singkatan yang sudah populer di masyarakat. Misalnya bumil yang merupakan singkatan dari ibu hamil.

Bahkan KBBI memasukkan singkatan yang sering diucapkan di transportasi umum yaitu bus yaitu cangcimen. KBBI menjelaskan cangcimen sebagai akronim dari kacang, kuaci, permen. Cangcimen merupakan makanan ringan yang biasa dijual oleh pedagang asongan.

4. Nakes

Kata Populer di Masyarakat Masuk di KBBI, Ada Oalah hingga Boba ilustrasi tenaga kesehatan (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Kata baru yang populer di masyarakat di masa pandemik COVID-19 juga masuk di KBBI. Kata tersebut yaitu nakes yang berarti tenaga kesehatan.  Nakes saat ini sering digunakan saat menuliskan kasus COVID-19 dan rumah sakit rujukan. 

5. Meme

Kata Populer di Masyarakat Masuk di KBBI, Ada Oalah hingga Boba meme penambah imunitas (instagram.com/memecomic.id)

Kata baru lainnya adalah meme. Kata ini sering kita ucapkan saat membahas kreasi gambar dengan menggabungkan foto, gambar dengan teks yang menertawakan atau menyindir sesuatu yang sedang tren.

Di dalam KBBI, kata meme mempunyai dua arti yaitu ide, perilaku, atau gaya yang menyebar dari satu orang ke orang lain dalam sebuah budaya. Kedua, sebagai cuplikan gambar dari acara televisi, film, dan sebagainya atau gambar-gambar buatan sendiri yang dimodifikasi dengan menambahkan kata-kata atau tulisan-tulisan untuk tujuan melucu dan menghibur

Itulah beberapa kata baru yang telah masuk di KKBI. Kamus Besar Bahasa Indonesia setiap tahunnya menambah kata baru dalam dua kali setahun yaitu pada bulan April dan Oktober. Kita tunggu kata baru lainnya ya. 

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya