Comscore Tracker

Prambanan Jazz Digelar Lagi, Hadirkan Kejutan dari Didik Nini Thowok

Penggemar jazz pasti udah gak sabar, nih!

Sleman, IDN Times - Prambanan Jazz Festival kembali digelar pada tahun ini. Prambanan Jazz tahun ketujuh ini akan digelar pada 19-20 November 2021 secara virtual dengan menghadirkan kejutan-kejutan dari musisi ternama Tanah Air. Selain itu, sang maestro tari Didik Nini Thowok juga turut hadir dengan menampilkan kejutan-kejutan.

Baca Juga: Bertema Tenacity, JAFF 2021 Akan Digelar Luring dan Daring

1. Akan berkolaborasi dengan beragam lintas seni

Prambanan Jazz Digelar Lagi, Hadirkan Kejutan dari Didik Nini ThowokAnas Syahrul Alimi, Founder Rajawali Indonesia dan CEO Prambanan Jazz Festival. Dok: istimewa

Anas Syahrul Alimi, Founder Rajawali Indonesia dan CEO Prambanan Jazz Festival menjelaskan, festival musik jazz berskala internasional dan warisan budaya agung dunia Candi Prambanan ini, digelar dengan semangat “Bersemi Dalam Kolaborasi”. Dia menjelaskan jika tahun ini Prambanan Jazz akan berkolaborasi dengan beragam lintas seni, mulai dari seni musik, seni tari, hingga seni rupa.

Dalam rangkaiannya, Prambanan Jazz juga menyelenggarakan program spesial bertajuk “Borneo Goes to Prambanan Jazz Virtual Festival 2021”. Tahun ini Prambanan Jazz Virtual Festival 2021 juga menampilkan sang maestro tari Indonesia, Didik Nini Thowok. Artwork Prambanan Jazz Virtual Festival 2021 dikerjakan oleh Wulang Sunu, ilustrator muda asal Yogyakarta.

"Didik Nini Thowok sang maestro juga akan dihadirkan secara khusus. Akan melakukan kolaborasi yang sangat menarik. Untuk konsepnya akan menarik dan membuat merinding," ungkapnya pada Kamis (18/11/2021).

2. Tampilkan sejumlah musisi ternama tanah air

Prambanan Jazz Digelar Lagi, Hadirkan Kejutan dari Didik Nini ThowokInstagram/Prambanan Jazz

Anas menjelaskan, tahun ini Prambanan Jazz tahun ini dengan menampilkan deretan musisi ternama tanah air, diantaranya Pamungkas, Ardhito Pramono, Nadin Amizah, Nita Aartsen & Eurasian Bigband feat Tompi, Letto, Swingayogya, Yura Yunita, Manjakani, dan Tulus. Menurut Anas, Prambanan Jazz Virtual Festival 2021 telah dilaksanakan secara live on tape langsung dari Candi Prambanan dengan protokol kesehatan dan akan ditayangkan secara exclusive premier melalui channel iKonser Channel 459 SD|949 HD di UseeTV atau melalui aplikasi UseeTV Go, dan iKonser Apps.

"Prambanan Jazz secara virtual merupakan bentuk adaptasi di tengah PPKM. Kita kemarin sebenarnya ingin hybrid. Ijin sudah mulai keluar kemudian ada PPKM darurat. Lalu kemarin diijinkan bukan live streaming tapi live tapping," katanya.

Menurut Anas, pada edisi ketujuh ini Prambanan Jazz Festival juga ingin menyampaikan semangat optimis kepada seluruh penikmat konser/festival musik, dan pelaku panggung hiburan khususnya, agar tidak hanya berpangku tangan dan pantang menyerah walaupun dalam kondisi yang terbatas dan bahkan mustahil.

"Sekali lagi, dengan semangat Bersemi Dalam Kolaborasi, tersemat harapan untuk segala lini panggung hiburan untuk bisa bersama-sama saling bahu-membahu, agar panggung hiburan di Indonesia dapat bersemi kembali," jelasnya.

3. Diharapkan berikan dampak ke masyarakat luas

Prambanan Jazz Digelar Lagi, Hadirkan Kejutan dari Didik Nini ThowokIlustrasi Prambanan Jazz (IDN Times/Holy Kartika)

Direktur Keuangan, SDM & Investasi PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Palwoto mengatakan jika Prambanan Jazz merupakan salah satu perhelatan yang ditunggu-tunggu. Diharapkan Prambanan Jazz tidak hanya memberikan dampak positif ke pelaku wisata. Namun juga bagi masyarakat sekitar.

"Saya kira para pecinta seni sudah sangat merindukan Prambanan Jazz meskipun masih virtual. Harapan suatu saat pandemik selesai bisa langsung nonton dan ramai," paparnya.

Baca Juga: Ngayogjazz 2021 Digelar Hybrid, Ini Syarat dan Ketentuannya

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya