Comscore Tracker

Saoto Bathok Mbah Katro, Sensasi Unik nan Segar Tanpa Mahal

Pernah dikunjungi Sandiaga Uno hingga Adipati Dolken, lezat!

Penduduk Jogja mana sih yang belum kenal sama soto yang satu ini, bahkan pernah dikunjungi Adipati Dolken hingga Sandiaga Uno. Selain penyajiannya yang unik dengan menggunakan tempurung kelapa, menu di sini juga lezat dengan rasa khasnya yang ringan dan segar. Bahkan jadi tempat favorit kumpul pelajar Jogja karena varian menunya yang gak bikin dompet jebol.

Sudah berdiri sejak tahun 2014, Saoto Mbah Katro masih saja ramai sampai saat ini. Terlebih saat weekend, parkiran pun bakal mirip showroom. Ramai dari goweser hingga bikers! Daripada penasaran, simak langsung ulasan di bawah ini.

1. Lokasi Saoto Bathok Mbah Katro 

Saoto Bathok Mbah Katro, Sensasi Unik nan Segar Tanpa MahalPotret Saoto Bathok Mbah Katro (instagram.com/jogjataste)

Tempat ini terbilang cukup strategis, karena berada di kawasan destinasi wisata bersejarah. Yaitu beralamat lengkap di Jalan Sambisari Nomor 6, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Atau tepatnya berada di sisi utara objek wisata Candi Sambisari.

Lokasinya bisa ditempuh sekitar 30 menit dari Tugu Jogja. Arahkan kendaraanmu melintasi Jalan Raya Solo, kemudian belok kiri menuju Jalan Sambisari. Selanjutnya arahkan kendaraan menuju Candi Sambisari, Saoto Bathok berada di sisi utaranya candi.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Soto Unik di Jogja, Wajib Dijajal Wisatawan!

2. Menu sajian di Saoto Bathok Mbah Katro 

Saoto Bathok Mbah Katro, Sensasi Unik nan Segar Tanpa MahalPotret Soto Mbah Katro (instagram.com/doyanmakan.id)

Seperti namanya, di sini menyajikan soto sapi ya. Bisa pilih soto campur nasi atau soto pisah, tapi dengan harga yang berbeda tentunya. Banyak pula menu pendamping yang tersedia buat kamu pilih di sana.

Adapun menu pendamping lainnya seperti paket tempe yang berisi 5 biji, sate usus, dan telur puyuh. Agar suasana makin renyah, kamu bisa pilih peyek, kerupuk, ataupun lempeng. Cukup bervariasi buat sarapan pagi, deh.

3. Jam buka dan harga menu sajian 

Saoto Bathok Mbah Katro, Sensasi Unik nan Segar Tanpa MahalPotret suasana Saoto Bathok Mbah Katro (instagram.com/foodnfeeds)

Jam operasional: Setiap hari pukul 06.00-15.00 WIB (sampai habis).

Harga menu:
Soto campur: Rp6 ribuan
Soto pisah: Rp8 ribuan
Aneka minuman: Rp2.500
Sate usus: Rp1.000
Telur puyuh: Rp 2.000
Paket tempe: Rp3 ribuan
Lempeng dan peyek: Rp2 ribuan

Baca Juga: 5 Fakta Gudeg Jogja yang Belum Banyak Diketahui, Menarik!

4. Suasana dan fasilitas 

Saoto Bathok Mbah Katro, Sensasi Unik nan Segar Tanpa MahalPotret Saoto Bathok Mbah Katro (instagram.com/foodnfeeds)

Saoto Bathok Mbah Katro punya sisi homey banget, bangunan semi outdoor dengan aksen serba kayunya. Ditambah suasana alam disana masih sejuk dan asri, langsung disuguhkan pemandangan Sleman. Saat weekend, warung makan ini ramai dipadati wisatawan dan goweser.

Walaupun murah meriah, tapi fasilitas di sini sudah cukup memadai. Mulai dari parkir yang bisa menampung sepeda hingga mobil. Lalu lintas jalan depannya pun gak terlalu sibuk.

Gak hanya tempat parkir saja, disini sudah tersedia mushola dan toiletnya. Jadi aman buat kalian yang pengen kumpul berlama-lama disini. Untuk area tempat makan pun kamu bisa pilih lesehan ataupun dengan kursi.

Tempat ini juga ramah buat anak dengan disediakannya beberapa ayuman dan taman. Cocok banget buat tempat sarapan keluarga, deh. Suasana dan harga yang sangat mendukung!

5. Tips berkunjung 

Saoto Bathok Mbah Katro, Sensasi Unik nan Segar Tanpa MahalPotret Saoto Bathok Mbah Katro (instagram.com/saotobathokmbahkatro)

Jika kamu berencara buat makan rame-ramean sama keluarga, jika weekend mungkin lebih sulit. Terlebih saat pagi hari yang tentunya sangat padat dan ramai, lebih aman kamu datang bersama rombongan saat sudah menjelang siang. Saat bawa rombongan cukup banyak, kamu bisa reservasi dulu di akun media sosial atau nomor teleponnya, ya.

Untuk lokasi warung satu ini cukup masuk-masuk ke perkampungan, jadi lebih aman pantau Google Maps saja daripada kesasar ya. Saat berkunjung ke sini, kamu juga bisa sekalian berkeliling ke Candi Sambisari biar gak sia-sia perjalananmu. Karena di sini satu porsi sotonya cukup mini, buat kamu yang gak mudah kenyang bisa langsung pesan porsi dobel saja ya.

Itulah beberapa informasi tentang tempat makan Saoto Bathok Mbah Katro Yogyakarta. Buat kalian pelajar dan mahasiswa, wajib banget nongki sambil rapat di sini. Anti hedon, deh!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Resto View Alam di Sekitar Kaliurang, Adem!

senja sandera Photo Community Writer senja sandera

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya