Comscore Tracker

6 Minuman Unik di Jogja Cocok untuk Hangatkan Tubuh 

Ada yang mudah ditemukan, namun ada juga yang jarang

Mendengar kata Jogja, pasti tidak bisa lepas dari suasana malam indah dengan menikmati kuliner khas yang berlimpah. Tak hanya terkenal dengan kulinernya saja, kota pelajar ini juga memiliki beberapa minuman yang melegenda.

Bukan hanya rasanya yang gak ada tandingnya, nama minuman ini juga sangat unik. Yuk cek minuman legenda di Jogja yang cocok dicoba saat malam hari.

1. Es semlo      

6 Minuman Unik di Jogja Cocok untuk Hangatkan Tubuh instagram/@baleraosresto

Merupakan minuman spesial, karena merupakan minuman khas Kraton Yogyakarta. Jarang terdengar di telinga masyarakat, minuman ini juga sulit ditemukan di angkringan pinggir jalan. Es semlo dibuat menggunakan berbagai rempah, yang disajikan dengan menggunakan dinginnya es.

Perpaduan antara hangatnya rempah dan dinginnya es inilah yang membuat minuman ini sangat unik dan segar. Bahan utama minuman ini sendiri adalah campuran gula pasir, berbagai rempah, dan perasan air jeruk nipis yang menambah kesegaran dalam hangatnya rempah ini.

2. Wedang uwuh  

6 Minuman Unik di Jogja Cocok untuk Hangatkan Tubuh instagram/@crystalsapphire_restaurant

Minuman ini memiliki sejuta manfaat. Sering disajikan dalam keadaan hangat atau panas, minuman ini idola di saat cuaca dingin atau hujan. Dalam Bahasa Jawa, uwuh sendiri berarti sampah, tapi tenang minuman ini tidak mengandung sampah kok.

Wedang uwuh disajikan dengan perpaduan jahe, gula batu, dan kayu secang yang memberikan efek warna merah dan aroma yang sedap. Minuman hangat ini memiliki warna yang cerah, aroma harum yang khas, dan rasa yang tentunya pedas jahe dan manis.

Baca Juga: Resep Es Semlo Khas Jogja, Manisnya Cocok untuk Minuman Buka Puasa

3. Bir pletok 

6 Minuman Unik di Jogja Cocok untuk Hangatkan Tubuh instagram/@vsamperuru

Walau disebut bir, minuman ini tidak mengandung alkohol dan memabukkan. Rasa hangat dari minuman ini tercipta karena campuran berbagai rempah seperti kayu secang, kapulaga, pandan, sereh, dan juga cengkeh. Minuman satu ini cocok kamu nikmati saat dingin, dijamin akan membuat tubuhmu hangat.

4. Bajigur  

6 Minuman Unik di Jogja Cocok untuk Hangatkan Tubuh instagram/@kulinerjogya

Cek orang Jogja ada yang belum kenal dengan minuman ini. Bajigur sering menjadi favorit untuk berbuka puasa. Memiliki rasa yang hangat dan menyegarkan, minuman ini terbuat dari berbagai macam rempah seperti jahe, cengkeh, kayu manis, gula merah, dan pandan.

Terbuat dari rempah dengan seribu manfaat, bajigur cocok diminum sebagai penghangat tubuh. Minuman ini sangat terkenal di Jogja sebagai minuman yang wajib dinikmati bagi pelancong.

Baca Juga: 6 Tempat Wisata di Jogja yang Buka Saat Lebaran, Semua Seru!

5. Wedang ronde 

6 Minuman Unik di Jogja Cocok untuk Hangatkan Tubuh instagram/@anget.anget

Minuman favorit siapa nih? Tentunya sudah tak asing lagi bagi orang Jogja. Terbuat dari bahan lokal yaitu jahe dan tambahan isian bola-bola kacang yang diberi gula agar memberikan rasa manis, ronde banyak dijumpai di pinggir jalan Jogja. Paduan manis dan hangat pastinya akan membuat kalian kangen dengan minuman satu ini.

6. Wedang tahu    

6 Minuman Unik di Jogja Cocok untuk Hangatkan Tubuh instagram/@jogjafoodhunter

Masih asing dengan minuman satu ini? Seperti namanya, minuman ini memang dipadukan dari tahu yang lembut, terbuat dari jahe yang beraroma kuat, minuman ini cocok kamu nikmati saat dingin sebagai penghangat tubuh.

Dari semua minuman tadi, tampak menyegarkan dan bakal ngangetin ya! Kalo kamu pilih yang mana nih?

senja sandera Photo Community Writer senja sandera

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya