Comscore Tracker

6 Rekomendasi Tempat Makan Ingkung di Yogyakarta, Rasanya Maknyuss!

Banyak rumah makan ingkung di Yogyakarta yang wajib dicoba

Terkenal dengan destinasi wisata dan kulinernya yang sangat beragam, Yogyakarta menjadi salah satu kota yang menjadi barometer tempat kuliner enak. Salah satu yang terkenal adalah ingkung ayam

Ingkung adalah olahan makanan berbahan dasar ayam potong maupun ayam jawa yang memiliki porsi yang besar dan cocok untuk santapan beramai-ramai. Ingkung menjadi makanan tradisional yang cukup terkenal, jadi jangan lupa untuk mencicipi saat berkunjung ke Yogyakarta. Berikut beberapa rekomendasi tempat makan ingkung di Yogyakarta yang memiliki rasa yang nikmat dan otentik!

1. Kandang Ingkung Resto

6 Rekomendasi Tempat Makan Ingkung di Yogyakarta, Rasanya Maknyuss!Kandang Ingkung Resto (Instagram.com/kandangingkung)

Kandang Ingkung Resto adalah salah satu restoran keluarga di Yogyakarta yang memiliki konsep klasik dengan menyuguhkan nuansa hutan yang asri dan rindang. Tempat makan ini memiliki desain yang terbuka sehingga kamu bisa menghirup udara segar dan alami.

Kandang Ingkung Resto memiliki berbagai menu otentik yang nikmat, salah satunya Ingkung Ayam Kampung. Ayam ingkung di sini dimasak dan dibumbui dengan bumbu tradisional yang kaya rempah-rempah siap menggoyangkan lidah.

Satu porsi ayam ingkung ini bisa dinikmati 4-5 orang yang disuguhkan dengan nasi gurih yang siap disantap bersama. Selain itu terdapat sayur oseng jantung pisang, oseng daun pepaya dan garang asem bambu yang memiliki cita rasa khas Jawa yang juga tak kalah enak.

Alamat: Rt.01, Rw.27, Jitengan, Balecatur, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: 

  • Senin-Jumat buka pukul 10.30-21.30 WIB 
  • Sabtu & Minggu buka pukul 10.00-21.30 WIB 

Harga: mulai dari Rp138 ribu

2. Warung Ingkung Mbah Cempluk

6 Rekomendasi Tempat Makan Ingkung di Yogyakarta, Rasanya Maknyuss!Warung Ingkung Mbah Cempluk (Instagram.com/mbahcempluk.id)

Warung Ingkung Mbah Cempluk adalah tempat makan ingkung terkenal di Yogyakarta yang selalu ramai pengunjung. Warung ini memiliki tempat yang luas dan nyaman dengan mengusung konsep tradisonal. Selain itu, lokasinya yang berada di sekitar persawahan yang membuat tempat makan ini memiliki suasana asri yang akan membuat pengunjung betah.

Warung Ingkung Mbah Cempluk memiliki dua menu yaitu ingkung goreng dan ingkung ayam dengan kuah atau areh. Di sini tersedia tiga pilihan ukuran ingkung yang bisa pengunjung pilih yakni kecil, sedang, dan besar. Sementara itu, untuk pilihan nasinya tersedia nasi gurih dan putih biasa.

Selain ayam ingkung, Warung Makan Mbah Cempluk ini juga menyediakan menu sayur ndeso, ikan wader, udang, gudeg manggar dan menu sayur lainnya. Di sini juga tersedia minuman wedang uwuh yang disukai pengunjung. 


Alamat: 
Dusun Santan, RT.01, Santan, Guwosari, Kec. Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: buka setiap hari mulai pukul 09.00-21.00 WIB 

Harga: mulai dari Rp100 ribu

Baca Juga: Hidden Gem Kedai Pempek Cik Ana Bernuansa Jadul di Kulon Progo 

3. Rumah Makan Ingkung Sambilegi Bu Yadi

6 Rekomendasi Tempat Makan Ingkung di Yogyakarta, Rasanya Maknyuss!Rumah Makan Ingkung Sambilegi Bu Yadi (Instagram.com/makandijogja)

Rumah Makan Ingkung Sambilegi Bu Yadi merupakan rumah makan ingkung yang bertempat di sebuah bangunan kayu luas dengan beberapa gubuk di area belakang. Di sini terdapat berbagai lukisan tokoh wayang yang menghiasi tirai bambu yang membuatnya kental akan nuansa Jawa. Selain itu, terdapat kain batik dan kain Bali yang membalut pohon dan tiang bangunan yang menambah keunikan dari resto ini.

Untuk olahan ingkungnya tersedia beberapa pilihan yaitu kuah areh, lodo gendeng, gepuk dengan cabai merah, dan sambal matah. Pilihan ayamnya juga terdapat ayam kampung dan ayam potong dengan berbagai ukuran yang bisa dipilih.

Menu favorit di sini adalah ingkung kuah areh yang disajikan dengan baluran bumbu rempah dan kuah yang menggugah selera. Tekstur daging ayam di sini juga benar-benar empuk saat dipotong dan digigit. 

Alamat: Jalan Rambutan No.17, Maguwoharjo, Depok, Sambelegi Kidul, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: buka setiap hari mulai pukul 09.00-20.00 WIB 

Harga: mulai dari Rp105 ribu

4. Ingkung Mbah Kentol

6 Rekomendasi Tempat Makan Ingkung di Yogyakarta, Rasanya Maknyuss!Ingkung Mbah Kentol (Instagram.com/ingkung_mbah_kentol)

Rumah Makan Ingkung Mbah Kentol merupakan salah satu rumah makan tradisional yang legendaris di Yogyakarta. Di sini, kamu bisa mencicipi kelezatan ayam ingkung dengan bumbu rempah yang siap menggiurkan lidah. Selain itu, Rumah Makan Ingkung Mbah Kentol juga memiliki cara penyajian yang unik.

Ingkung di sini dimasak dan dibungkus dalam kreneng atau pembungkus yang berbentuk tali dari bambu. Selain itu, ingkung ayam juga dimasak di atas tungku tradisional sehingga menghasilkan tekstur daging yang empuk. Dengan proses memasak yang cukup lama inilah yang membuat bumbu dan santan meresap sempurna di dalam daging sehingga menghasilkan cita rasa yang nikmat dan sedap.

Alamat: Kentolan Lor,, Kentolan Lor, Guwosari, Kec. Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: buka setiap hari mulai pukul 10.00-19.00 WIB 

Harga: mulai dari Rp140 ribu

Baca Juga: 6 Restoran Sunda di Yogyakarta, Cocok untuk Makan Bareng Keluarga

5. Ayam Ingkung Mbak Sri

6 Rekomendasi Tempat Makan Ingkung di Yogyakarta, Rasanya Maknyuss!Ayam Ingkung Mbak Sri (Instagram.com/ingkungmbaksri)

Ayam Ingkung Mbak Sri menawarkan menu otentik dari sajian ingkung kuah dan goreng yang bisa kamu coba. Selain ingkung, terdapat menu lainnya seperti nila geprek, sayur asem serta sup ayam kampung.

Di sini, ingkung akan disajikan dengan nasi hangat, lalapan dan sambal yang akan menambah cita rasa nikmat dari kuliner yang satu ini. Ingkung Mbak Sri memiliki rasa yang gurih dengan daging yang bumbunya merasuk hingga ke tulang. Cita rasa gurih ini berasal dari pengolahan ingkung yang dimasak dengan cara tradisional di atas tungku dan kayu.

Alamat: Jl. Kebon Agung No.Km, RW.6, Tokertek, Sumberadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: buka setiap hari mulai pukul 09.00-21.00 WIB 

Harga: mulai dari Rp125 ribu

6. Ingkung Ayam Jawa Sor Sawo

6 Rekomendasi Tempat Makan Ingkung di Yogyakarta, Rasanya Maknyuss!Ingkung Ayam Jawa Sor Sawo (Instagram.com/mastinfood)

Ingkung Ayam Jawa Sor Sawo juga menjadi salah satu rekomendasi tempat makan ingkung yang memiliki tempat cozy untuk berkumpul bersama keluarga. Ingkung di sini akan disajikan dalam porsi besar yang cocok untuk acara besar bersama keluarga atau teman-teman. 

Ingkung dibuat dengan ayam jawa yang sudah dibumbui rempah-rempah yang akan membuat cita rasanya semakin nikmat di lidah. Jika kamu ingin mencicipi ingkung di Sor Sawo, tempat ini biasanya ramai saat menjelang makan siang. Selain itu, satu ekor ayam kampung ingkung dapat dinikmati oleh 4-5 orang lho.

Alamat: Jl. Pajangan RT.03, Guwosari, Pajangan, Kalak Ijo, Guwosari, Kec. Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: buka setiap hari mulai pukul 08.30-22.00 WIB 

Harga: mulai dari Rp100 ribu 

Itulah rekomendasi tempat makan ingkung di Yogyakarta yang nikmat dan cocok untuk di santap beramai-ramai. Selamat mencoba!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Kuliner Unik di Yogyakarta, Ada Hidden Gems!

Alicia Diahwahyuningtyas Photo Community Writer Alicia Diahwahyuningtyas

To be beautiful means to be yourself. You don't need to be accepted by others. You just need to accept yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya