Comscore Tracker

Jelang Lebaran, Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok di Sleman Naik

Mulai dari ayam potong hingga gula pasir

Sleman, IDN Times - Menjelang lebaran, beberapa harga kebutuhan pokok di Kabupaten Sleman mulai mengalami kenaikan.

Bidang (Kabid) Perdagangan Disperindag Kabupaten Sleman Nia Astuti menjelaskan, dari pantauan yang dilakukan oleh Disperindag Sleman beberapa hari terakhir, setidaknya ada beberapa kebutuhan pokok yang mulai naik. Seperti halnya ayam potong, bawang merah serta gula pasir.

Baca Juga: Langka di Pasaran, Pemkab Sleman Siapkan 2 Ton Gula Pasir 

1. Ayam naik lantaran peternak banyak yang memilih untuk tidak beternak

Jelang Lebaran, Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok di Sleman NaikIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Nia menjelaskan, untuk harga ayam potong sendiri mengalami kenaikan kisaran 4-6 ribu. Dari harga normal sekitar Rp30-32 ribu, menjadi Rp36 ribu.

Menurut Nia, kenaikan harga ayam ini dilatarbelakangi karena banyak peternak yang memilih untuk tidak beternak di periode kali ini. Yang mana berkaca pada periode sebelumnya, banyak peternak yang merugi lantaran harga ayam turun drastis di tengah pandemik COVID-19.

"Kami lihat daging ayam beberapa hari ini ada peningkatan. Ini sudah kita prediksi dari dulu, ketika peternak kemarin sempat mutung karena harga ayam turun sebelum puasa, akhirnya peternak banyak yang memilih untuk tidak beternak untuk periode berikutnya. Nah ini akhirnya terjadi kelangkaan ayam," ungkapnya pada Selasa (19/5).

Untuk mengatasi hal tersebut, saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Sleman untuk mendorong peternak kembali beternak. Selain itu, Disperindag juga meminta masyarakat untuk sementara waktu beralih ke sumber protein hewani lainnya.

"Kita sudah koordinasi dengan DP3 Sleman agar mendorong peternak untuk beternak lagi, tapi istilahnya sudah agak telat. Masyarakat kan butuhnya Lebaran ini. Nanti masyarakat ya karena ada kenaikan kami harap masyarakat bisa ganti dengan ikan, sumber protein lain. Telur juga masih stabil," terangnya.

2. Bawang merah di angka Rp45 ribu

Jelang Lebaran, Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok di Sleman NaikIDN Times/Debbie Sutrisno

Selain daging ayam, harga bawang merah juga masih cenderung tinggi di pasaran. Dimana untuk harga normal berasa pada kisaran Rp30 ribu, kini di angka Rp45 ribu per kilogram.

Nia menjelaskan, tingginya harga bawang merah dipengaruhi tidak ada pasokan dari daerah penghasil.

"Analisa kami Brebes belum panen raya, karena kemarin faktor cuaca. Seharusnya musim kering tapi ini masih kena hujan, banyak produk yang rusak karena hujan," katanya.

3. Harga gula masih belum normal

Jelang Lebaran, Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok di Sleman NaikANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

Lebih lanjut, Nia menjelaskan, untuk gula pasir sendiri saat ini harganya juga belum normal dan sedikit mengalami kelangkaan di pasar. Awalnya harga gula berkisar Rp14 ribu per kilogram, saat ini masih di angka Rp15-16 ribu. Menurut Nia, sebelumnya harga gula malah ada yang di angka Rp18-20 ribu.

"Untuk menekan harga gula, kamu masih lakukan operasi pasar. Alhamdulillah sudah bisa membuat operasi pasar di 17 kecamatan di Sleman. Tahap satu di kecamatan Sleman Barat, tahap dua di Sleman Timur, tahap tiga di Sleman Tengah. Kita menggandeng Bulog dan Disperindag DIY. Agar masyarakat bisa akses gula murah," jelasnya.

Baca Juga: Pekan Pertama Ramadan, Harga Daging Sapi dan Ayam Merangkak Naik

Topic:

  • Siti Umaiyah
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya