Comscore Tracker

3 Tips Bikin Bisnis Kamu Sukses Lewat Instagram

Kamu bisa pakai seluruh fitur Instagram, loh!

Yogyakarta, IDNTimes-Berbisnis lewat Instagram? Kenapa gak? Menurut riset yang dilakukan Instagram, sebanyak 82 persen wirausahawan muda sangat setuju platform sosial media ini dapat membantu mencapai target usaha mereka.

Client Partner, Facebook dan Instagram Indonesia, Aldo Rambie mengatakan Instagram kini dikenal sebagai salah satu medium bisnis yang paling banyak digunakan di Indonesia. "Instagram memberi UKM kesempatan yang lebih besar untuk meraih sukses dengan meningkatkan jangkauan konsumen baik di kota mereka, kota lain di Indonesia, bahkan ke luar negeri," ungkap Aldo, Sabtu (24/8).

Akademi Instagram yang digelar pertama kali di Indonesia ini, membedah sejumlah fitur populer di Instagram yang bisa dimanfaatkan untuk mengelola bisnis kamu. Fitur-fitur yang disediakan Instagram ini telah dirancang untuk membuat interaksi pebisnis dan konsumen lebih mudah, nyaman, dan menarik sehingga hubungan antara bisnis dan konsumen menjadi lebih bermakna.

Berikut 3 tips dari Instagram supaya bisnis kamu sukses menjangkau pasar yang lebih luas dan konsumen lebih banyak.

1. Setiap posting, jangan lupa gunakan hashtag

3 Tips Bikin Bisnis Kamu Sukses Lewat InstagramDoc/Instagram

Instagram memiliki berbagai fitur kreatif yang dapat kamu manfaatkan untuk menjangkau calon konsumen. Mulai dari Feed, Stories, LIVE, hingga IGTV, seluruh fitur tersedia bagi akun personal maupun akun bisnis, sehingga brand dapat tetap berkomunikasi dengan pelanggan mereka layaknya seorang teman. 

Menggunakan hashtag alias tanda pagar merupakan cara yang tepat untuk menemukan banyak hal. Saat ini, hashtag merupakan senjata utama yang masih jarang digunakan. Namun, kunci utamanya adalah tetap gunakan hashtag dengan bijak.

Hindari penggunaan hashtag dengan jumlah terlalu banyak. Usahakan untuk menggunakan hashtag khusus yang sesuai dengan bisnis kamu.

Baca Juga: 300 Wirausahawan Muda Jogja Ikut Belajar Bisnis di Akademi Instagram

2. Pahami karakter audiens lewat Insight

3 Tips Bikin Bisnis Kamu Sukses Lewat InstagramIstimewa/Instagram

Instagram menyediakan Insights bagi setiap profil bisnis di Instagram. Kehadiran fitur Insights dapat membantu bisnis memahami karakteristik audiensnya dengan lebih baik.

Temukan formula yang tepat untuk bisnis kamu sejak awal menggunakan Instagram. Melalui Insights, mereka dapat menentukan waktu yang tepat untuk memposting konten serta berapa banyak konten yang harus diposting dalam satu hari. 

Namun, tidak perlu khawatir karena berkat algoritme Instagram, meski memposting 10 konten di saat yang bersamaan, followers kamu tidak akan merasa terganggu dengan semua postingan tersebut. Algoritme Instagram akan menampilkan postingan kamu secara bertahap kepada setiap followers

3. Jangan ragu manfaatkan semua fitur Instagram

3 Tips Bikin Bisnis Kamu Sukses Lewat InstagramIlustrasi Instagram

Rajin posting dan menunjukkan eksistensi produk bakal sangat membantu kamu mempromosikan bisnis kamu, loh. Jadi, gak ada salahnya memanfaatkan seluruh fitur di Instagram.

Tunjukkan ciri khas kamu, jadilah teman untuk konsumen kamu untuk membangun interaksi dengan konsumen, gunakan berbagai fitur asli (native) Instagram seperti Feed, Stories, Live bahkan IGTV. 

Jangan malas mempelajari Insights bisnis kamu. Selain itu, kamu juga dapat menjangkau konsumen yang lebih luas melalui iklan dengan memasang memasang iklan di Instagram dengan biaya mulai Rp20.000. 

Baca Juga: Cara Membuat Filter Instagram Stories, Mudah Bikin Sendiri!

Topic:

  • Febriana Sintasari

Just For You