Comscore Tracker

Catatan Road Trip Keliling Jogja - Jateng Naik Hyundai Stargazer X

Apa saja yang menarik?

IDN Times Jogja memperoleh kesempatan mengikuti acara "Media Drive Experience" yang diselenggarakan oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID). Selama tiga hari, mulai 31 Agustus hingga 2 September 2023, bersama 57 jurnalis dan influencer yang menjadi menikmati sensasi dan fitur berkendara dengan Hyundai Stargazer X.

1. Hari Pertama: Mencoba ketangguhan mesin Kulon Progo - Magelang

Catatan Road Trip Keliling Jogja - Jateng Naik Hyundai Stargazer XEnteng di tanjakan, Stargazer X dengan mudah mengatasi kondisi jalanan sulit (IDN Times/Yogie Fadila)

Perjalanan hari pertama, dimulai dari Kulon Progo, setelah para peserta mendarat di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA). Setelah perjalanan udara yang melelahkan, istirahat sejenak adalah hal yang sangat dihargai. Kemudian, kami memulai perjalanan ke Magelang via Purworejo dengan Stargazer X.

Rute Kulon Progo – Magelang menawarkan beragam rintangan yang menguji kemampuan kendaraan, salah satunya adalah tanjakan yang cukup panjang. Apalagi kami sempat mengunjungi spot foto di atas perbukitan di dekat Candi Borobudur. Di sinilah Stargazer X menunjukkan taringnya. Perpindahan kecepatan terasa halus di transmisi D. Dan saat harus menyalip di tanjakkan, perpindahan tuas ke transmisi S sangat mudah dan memberi daya yang lebih responsif.

Di bagian ini saya sengaja tidak beralih ke mode Sport (Stargazer punya empat mode berkendara: Eco, Comfort, Smart dan Sport), untuk mengetahui kemampuannya dalam setelan normal. Dan sejujurnya dia tidak mengecewakan. Mesin Smart Stream G4FIII 1.5 MPI Inline 4 Cylinder DOHC dan sistem Intelligent Variable Transmission (IVT) memberikan performa maksimal dan efisien, sehingga membuat saya sebagai pengemudi merasa percaya diri dan menularkannya ke penumpang lain.

Selain itu, fitur Intelligent Variable Transmission (IVT) yang mengoptimalkan kinerja mesin membantu efisiensi konsumsi bahan bakar selama perjalanan. Mode Eco pada Drive Mode juga dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar.

2. Bukan asal upgrade design

Catatan Road Trip Keliling Jogja - Jateng Naik Hyundai Stargazer XDesain grill dan fender memberi karakteristik crossover (IDN Times/Yogie Fadila)

Tiba di Magelang, dengan latar belakang Borobudur dan alam yang hijau, desain mobil ini terasa makin menonjol dengan warna matte yang futuristik. Grill, bumper dan fender barunya bukan sekadar buat gaya-gayaan namun berhasil menegaskan jiwa crossover di Stargazer X, terutama setelah berhasil melawati tanjakan curam berbatu barusan.

Sementara pembaruan dasbor tak lagi mengurangi pandangan mata seperti Stargazer edisi sebelumnya juga patut diacungi jempol. Ini menginspirasi kami untuk mengambil materi foto dan video sejenak sembari mengintip luasnya bagasi yang ditawarkan ketika kursi di baris ketiga dilipat. Menurut Hyundai, bagasi mobil ini berkapasitas hingga 585 liter. Cukup lapang dan sangat cocok untuk perjalanan jauh.

Baca Juga: Impresi Pertama: 5 Alasan Menyukai Hyundai Stargazer X 

3. Keselamatan terjaga saat kecapatan tinggi

Catatan Road Trip Keliling Jogja - Jateng Naik Hyundai Stargazer XMelintasi Tol Salatiga (Dok. Hyundai Motors Indonesia)

Selanjutnya kami mengarah ke Solo via Kopeng. Lagi-lagi, jalanan naik turun dengan aspal yang tidak selalu mulus dilahap dengan nyaman. Tiba memasuki tol Salatiga, barulah mode sport saya aktifkan. Tak terasa mobil ini sudah berjalan di kecepatan 140 km per jam dalam hitungan detik!

Tidak hanya menghadirkan kecepatan, fitur-fitur cerdas juga memberi keamanan ekstra bagi pengendara dan penumpang. Hal itu berkat kehadiran Hyundai SmartSense.

Selama perjalanan, mobil bisa menjaga kendaraan tetap di jalur yang tepat dengan lebih mudah karena panduan dari Lane Keeping Assist (LKA). Kita bisa lebih mudah mengawasi titik buta kendaraan dengan memanfaatkan fitur Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) demi memastikan keamanan saat pindah lajur untuk menyalip atau berbelok.

4. Hari Kedua: berleha-leha sebagai penumpang di rute Solo - Yogyakarta

Catatan Road Trip Keliling Jogja - Jateng Naik Hyundai Stargazer XView dari kursi penumpang tengah (IDN Times/Yogie Fadila)

Saatnya mencicipi kenyamanan Stargazer X sebagai penumpang. Like a boss mode on. Stargazer X memiliki pilihan captain seat yang memberikan sentuhan premium dan kenyamanan tambahan.

Pada hari kedua, kami meninggalkan kota Solo melewati Wonogiri dan Gunung Kidul sebelum kembali ke Kota Yogyakarta. Rute ini memberikan berbagai kondisi jalanan yang beragam, termasuk tanjakan dan jalanan berbatu. Namun, Stargazer X tetap memberikan kenyamanan dan keandalan yang tak tergoyahkan.

Kaki-kakinya dihiasi ban 205/50 R17dengan velg Diamond-cut Alloy membuatnya tak hanya nyaman tapi juga gagah saat melalui jalan berbatu. Ground clearance tinggi mencapai 200 mm memberikan kemampuan luar biasa untuk menaklukkan berbagai profil jalanan.

Ketika berada di dalam kabin, sistem informasi disajikan melalui Touch Display Audio 8 inci yang mendukung konektivitas dengan Android Auto atau Apple Carplay.

5. Sistem hiburan audio berkualitas

Catatan Road Trip Keliling Jogja - Jateng Naik Hyundai Stargazer XSpeaker Bose berkualitas (IDN Times/Yogie Fadila)

Sepakat memainkan tembang-tembang lawas Sheila on 7, hiburan kami hari itu didukung oleh BOSE Premium sound system dengan 8 speaker yang menghasilkan karakter suara jernih dan balance antara frekuensi bass dan mid.

Setelah melewati Waduk Gajah Mungkur, kami memasuki wilayah Provinsi Yogyakarta, tepatnya di kabupaten Gunung Kidul yang terkenal berbukit dan berbatu. Di sini kesempatan untuk menguji kemampuan mobil secara maksimal.

Setelah itu, kami menghadapi berbagai tantangan menarik yang menguji kemampuan Stargazer X, seperti Fun Drive Challenge dan Front Parking Distance Warning Challenge. Fitur-fitur Hyundai SmartSense membantu menjaga keamanan saat berkendara, termasuk Lane Keeping Assist (LKA) dan Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA).

Kesimpulannya, test drive ini memberikan gambaran yang sangat positif tentang Hyundai Stargazer X, yang tidak hanya andal tetapi juga nyaman dan aman untuk perjalanan jauh.

Hyundai Motors Indonesia telah merancang kendaraan ini sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia, di mana tidak semua jalan datar dan mulus -bahkan di Pulau Jawa, dan itu benar-benar terasa dalam setiap perjalanan selama dua hari ini. 

Baca Juga: Cara Merawat Eksterior Mobil Berwarna Matte, Jangan Asal Cuci!

Topik:

  • Yogie Fadila
  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya