Comscore Tracker

11 Pura Hindu di Gunungkidul, Ada yang Berada di Tepi Pantai

Semuanya masih terawat dan aktif digunakan

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tak hanya kental dengan tradisi jawa, namun juga memiliki ikatan kuat dengan penyebaran agama Hindu. Salah satunya dengan banyaknya candi yang ada di DIY.

Selain candi, terdapat banyak pura yang tersebar di beberapa kabupaten termasuk Gunungkidul. Pura merupakan tempat ibadah sekaligus pusat pendidikan keagamaan bagi umat Hindu.

Hingga saat ini pura yang berada di Kabupaten Gunungkidul masih aktif digunakan, bahkan menjadi tujuan wisata religi umat Hindu. Berikut 11 pura Hindu yang ada di Kabupaten Gunungkidul, salah satunya berada di tepi pantai. 

1. Pura Bhakti Widhi

11 Pura Hindu di Gunungkidul, Ada yang Berada di Tepi PantaiPura Bhakti Widhi (instagram.com/pilar_photograph)

Pura Bhakti Widhi berada Dusun Bendo RT 2/4 Beji Ngawen, Kabupaten Gunungkidul yang masih aktif digunakan hingga saat ini. Pura ini memiliki area luas lengkap dengan halaman, tempat penyimpanan, aula dan dan kamar kecil. Pura ini juga kerap menjadi lokasi prewedding.

2. Pura Podo Wenang

11 Pura Hindu di Gunungkidul, Ada yang Berada di Tepi PantaiPura Podo Wenang (instagram.com/purapodowenang)

Pura Podo Wenang  berada di Kampung Ngawen, Kaliwaru, Wonosari, Gunungkidul. Letaknya cukup mudah dijangkau karena terdapat di pinggir jalan utama. Pura ini masih aktif digunakan warga sekitar untuk aneka kegiatan. Salah satunya adalah yoga.

Di sini juga tersedia gamelan yang biasa digunakan anak-anak untuk berlatih dan juga sering dipakai saat upacara keagamaan.

Baca Juga: 5 Daya Tarik Pantai Trenggole, Hidden Gem di Gunungkidul

3. Pura Segara Wukir

11 Pura Hindu di Gunungkidul, Ada yang Berada di Tepi PantaiPura Segara Wukir (instagram.com/pura_segarawukir)

Berdekatan dengan Pantai Ngobaran, Pura Segara Wukir  berada di Jalan Ngobaran,  Ngrenehan, Gebang Kanigoro, Saptosari,  Gunungkidul. Letaknya yang ada di pinggir pantai menjadi daya tarik tersendiri. 

Saat memasuki pura yang berdiri sejak tahun 2004 ini seperti berada di Kuta Bali, karena kita bisa langsung melihat ombak Pantai Ngobaran.

4. Pura Giri Natha

11 Pura Hindu di Gunungkidul, Ada yang Berada di Tepi PantaiPura Giri Natha (instagram.com/kmhd_yowanamanggala)

Berlokasi di Jalan Wonosari KM 7 Gading II Gunungkidul,  Pura Giri Natha memiliki bangunan yang cukup mencolok, karena bangunan yang tinggi dan besar. Tak hanya itu letaknya yang berada di pinggir jalan besar membuat pura ini sangat mudah ditemukan. Lokasinya juga cukup berdekatan dengan pura Hindu lainnya yaitu Santi loka. 

Pura ini cukup sering digunakan baik untuk kegiatan rutin umat Hindu seperti pasraman maupun sembahyang. Tak hanya dari Jogja, umat yang bersembahyang juga datang dari luar kota. 

5. Pura Derpo Kusumo

11 Pura Hindu di Gunungkidul, Ada yang Berada di Tepi PantaiPura Derpo Kusumo (instagram.com/hengky_hzel07)

Sudah berdiri sejak tahun 1990, Pura Derpo Kusumo masih aktif dipakai warga sekitar untuk sembahyang dan kegiatan lainnya. Berada di Desa Ngepoh, Planjan, Saptosari, Kepek, Wonosari, Gunungkidul.

Jalan untuk mencapai pura ini, cukup terjal dan berbatu karena letaknya agak masuk ke dalam desa. Namun begitu sampai, kamu akan dibuat kagum dengan bangunan pura yang cukup megah dan mirip yang berada di Bali. 

6. Pura Santi Loka

11 Pura Hindu di Gunungkidul, Ada yang Berada di Tepi PantaiPura Santi Loka (googlemaps.com/shibogar)

Berada di Desa Banaran, Playen, Gunung kidul, Pura Santi Loka sudah dibangun sejak tahun 1985. Pura ini cukup luas dengan tiga bagian bangunan yang dipisahkan oleh pagar. Halaman pertama disebut Mandala Nista, yang kedua bernama Mandala Madya dan bangunan terakhir yang berbentuk joglo bernama Mandala Utama. Di Mandala Utama inilah biasanya umat Hindu melakukan ibadah. 

Baca Juga: 6 Desa Wisata di Gunungkidul, Sajikan Keindahan Alami 

7. Pura Mahameru

11 Pura Hindu di Gunungkidul, Ada yang Berada di Tepi PantaiPura Mahameru (googlemaps.com/gustinandaputra)

Pura Mahameru memiliki umur cukup tua karena sudah didirikan sejak tahun 1975. Letaknya berada di Desa Pengos, Gunung Dowo, Giring, Wonosari, Gunungkidul. Berdekatan dengan Pura Eka Bhakti, namun kondisinya tak begitu terawat karena letaknya yang jauh dari rumah penduduk. 

Namun pura ini pernah direnovasi sekitar tahun 2002, dan kini masih digunakan untuk merayakan piodalan atau hari jadi pura tersebut.

8. Pura Dharma Bhakti

11 Pura Hindu di Gunungkidul, Ada yang Berada di Tepi PantaiPiodalan Pura Dharma Bhakti (facebook.com/maspurjogja)

Pura Dharma Bhakti berlokasi di Desa Planjan, Kapanewon Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, jarak dari pusat Kota Yogyakarta sekitar 62 km. Bangunan pura berada di puncak sebuah bukit, sehingga membutuhkan sedikit berjalan kaki melewati beberapa anak tangga untuk sampai ke pura yang sudah dibangun sejak tahun 1987. Meski tak memiliki umat yang banyak, namun pura ini masih sering dipakai untuk sembahyang dan merayakan piodalan atau hari jadi pura oleh warga sekitar.

9. Pura Eka Bhakti

11 Pura Hindu di Gunungkidul, Ada yang Berada di Tepi PantaiPura Eka Bhakti (helpmecovid.com)

Terletak tak jauh dari Pura Mahameru yaitu berjarak sekitar 2 km. Pura ini berada di Dusun Pucung, Desa Planjan, Saptosari, Gunungkidul. Untuk dapat sampai ke pura Hindu ini membutuhkan waktu sekitar 1.5 jam dari Kota Yogyakarta.

Pura ini masih sering diadakan pasraman untuk anak anak setiap minggu. Pura yang sudah dibangun sejak tahun 1984 ini juga sering dijadikan tempat pertemuan rutin umat Hindu di Gunungkidul.

10. Pura Dharma Jati

11 Pura Hindu di Gunungkidul, Ada yang Berada di Tepi PantaiPura Dharma Jati (googlemap.com/gustinandaputra)

Pura Dharma Jati berada di Dusun Ngelo Kidul, Desa Ngelo, Kapanewon Ngawen, Gunungkidul. Bangunan pura cukup sederhana dan tidak terlalu luas, karena hanya terdiri gapura atau gerbang yang merupakan pintu masuk dan pendopo dengan perpustakaan mini di dalamnya. Halaman pura juga tidak terlalu luas.

Lokasinya pura ini cukup tersembunyi, karena berada di dalam desa, tepatnya 2 km dari jalan utama. Untuk sampai ke Pura Hindu ini, jalan yang dilalui masih berupa coran beton dan sebagian berbatu.

11. Pura Bhakti Dharma

11 Pura Hindu di Gunungkidul, Ada yang Berada di Tepi PantaiPiodalan Pura Bhakti Dharma (facebook.com/maspurjogja)

Berada di Dusun Tegal Rejo, Desa Beji, Kapanewon Ngawen, Gunungkidul, Pura Bhakti Dharma dibangun pada tahun 1986. Letaknya berdekatan dengan Pura Bhakti Widhi yang jaraknya sekitar 1.5 km. Meski sudah lama ada, kondisi bangunannya sangat terawat karena berada di lingkungan umat.

Sama seperti masjid, gereja maupun vihara, pura adalah tempat ibadah suci yang digunakan untuk memanjatkan doa kepada Sang Pencipta. Untuk kamu yang ingin berkunjung ke pura di Gunungkidul, jangan lupa jaga sikap dan perilaku ya.

Baca Juga: 11 Pesona Candi Prambanan, Warisan Sejarah nan Megah di Yogyakarta

Natasha Wiyanti Photo Community Writer Natasha Wiyanti

I'm still beginner of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya