Comscore Tracker

Pantai Watu Lawang Jogja: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips

Pantai ini masih sepi dan belum banyak dikunjungi wisatawan

Berada dekat dengan laut selatan, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki banyak deretan pantai indah dan menawan. Salah satu yang belum banyak terjamah wisatawan adalah Pantai Watu Lawang. Berada di Kabupaten Gunung Kidul, lokasi ini memiliki gua yang unik sebagai salah satu daya tariknya. 

Selain gua, terdapat karang, pasir putih dan ombak yang membuat pantai ini menarik untuk dijadikan destinasi liburanmu. Sebelum berkunjung ke Pantai Watu Lawang, simak beberapa informasinya di sini, ya. 

1. Lokasi, harga tips dan jam operasional

Pantai Watu Lawang Jogja: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan TipsPantai Watu Lawang (instagram.com/fyijogja)

Lokasi         : Kecamatan Tepus, Gunung Kidul 
Jam Buka   : selama 24 jam
Harga tiket : Rp5ribu

2. Rute menuju Pantai Watu Lawang

Pantai Watu Lawang Jogja: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan TipsPantai Watu Lawang (instagram.com/ndrexnss)

Pantai Watu Lawang terletak berdekatan dengan Pantai Indrayanti, bila ditempuh menggunakan kendaraan hanya butuh lima menit saja untuk sampai di pantai yang masih terbilang sepi ini.

Jika kamu berangkat dari Kota Yogyakarta, butuh waktu 2 jam untuk menikmati panorama pantai yang terletak di Tepus, Gunung Kidul ini. Pertama arahkan kendaraanmu menuju Jalan Imogiri Barat tepatnya ke arah Pantai Baron, Kukup. Lanjutkan perjalananmu melewati Pantai Krakal dan kamu akan sampai ke Pantai Watu Lawang. 

Baca Juga: Pantai Wohkudu Gunungkidul: Lokasi, Rute, Harga, dan Tips Liburan

Baca Juga: Pantai Depok Yogyakarta:Rute, Lokasi, Harga dan Tips Liburan

3. Fasilitas yang tersedia

Pantai Watu Lawang Jogja: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan TipsPantai Watu Lawang (instagram.com/xaverius_endro)

Menjelajah Pantai Watu Lawang terasa nyaman karena sejumlah fasilitas umum sudah tersedia di sini. Mulai dari musala, kamar mandi, gasebo dan warung makan. Tak ketinggalan ada gardu pandang dan jembatan bambu yang dibuat pengelola untuk berfoto.  

Sayangnya akses jalan menuju pantai ini cukup terjal karena masih menggunakan batu kapur dan kerikil. Kamu harus berhati hati saat mengendarai kendaraanmu. Mengenai parkir, tersedia tempat cukup luas untuk menampung kendaraan wisatawan yang datang. 

4. Aktivitas yang bisa dilakukan

Pantai Watu Lawang Jogja: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan TipsPantai Watu Lawang (instagram.com/yogawicaks)

Nama Pantai Watu Lawang berasal dari gua batu yang ada di sebelah Barat pantai tersebut. Gua ini memiliki jalan masuk yang menyerupai bentuk pintu, sehingga disebut Pantai Watu Lawang. Dalam bahasa jawa, watu berarti batu dan lawang berarti pintu. Dinilai sakral, maka gua ini hanya bisa dimasuki saat acara sadranan yang rutin diadakan masyarakat menjelang datangnya bulan Ramadan.

Di pantai ini kamu bisa menikmati panorama indah dengan pasir putihnya. Jangan lupa untuk mengabadikan keindahan Pantai Watu Lawang dengan kameramu, karena di sini, terdapat bukit karang yang berdiri kokoh di pinggir pantai. Saat sore, sunset di sini membuat kamu akan betah dan tak ingin pulang. 

5. Tips wisata yang perlu diperhatikan

Pantai Watu Lawang Jogja: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan TipsPantai Watu Lawang (instagram.com/kangagungkurniawan)

Mengunjungi Pantai Watu Lawang kurang lengkap bila tak mengabadikan pemandangan dan juga berselfie. Jadi jangan lupa untuk mengisi penuh baterai hp atau kameramu saat liburan. Siapkan mesin kendaraanmu agar tetap nyaman berkendara saat jalan masuk pantai yang masih berbatu. 

Selain itu akan lebih nyaman bila berwisata di pantai saat cuaca cerah agar kamu bisa bebas bermain air dan berfoto. Jangan lupa untuk mematuhi peraturan yang ada di sekitar pantai dan tetap menjaga kebersihan agar wisata Pantai Watu Lawang tetap terjaga keindahannya. 

Natasha Wiyanti Photo Community Writer Natasha Wiyanti

I'm still beginner of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya