Comscore Tracker

5 Pantai di Purworejo, Alternatif Wisata saat ke Jogja

Pantai di Purworejo gak kalah kece, lho!

Purworejo merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang bertetangga dengan Daerah Istimewa Yogyakarta. Daerah ini terkenal dengan wisata pantainya.

Kabupaten yang berbatasan dengan Kulon Progo ini memiliki banyak pantai yang menarik untuk dikunjungi, apalagi saat musim libur. Selain untuk tujuan wisata, pantai di Purworejo juga bisa menjadi tempat untuk sekedar menyegarkan pikiran, lho! Berikut ini adalah 5 pantai yang bisa kamu kunjungi saat berkunjung ke Purworejo.

1. Pantai Ketawang

5 Pantai di Purworejo, Alternatif Wisata saat ke JogjaPantai Ketawang (instagram.com/juliusbagass)

Pantai Ketawang terletak di Desa Ketawangrejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo. Saat berkunjung ke Pantai Ketawang kamu dapat menikmati keindahan laut sambil berjalan kaki di sepanjang pinggir pantai. Bagi kamu pecinta fotografi, Pantai Ketawang menyuguhkan banyak spot foto yang instagramable.

Selain keindahan laut, di Pantai Ketawang pengunjung dapat menemukan mercusuar yang berdiri di tengah rawa pantai. Dari atas mercusuar pengunjung dapat melihat pemandangan kota Purworejo yang luas dan menarik.

2. Pantai Jetis

5 Pantai di Purworejo, Alternatif Wisata saat ke JogjaPantai Jetis (instagram.com/aisyahnkh)

Pantai Jetis berlokasi di Desa Patutrejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo. Rute menuju pantai ini mudah sekali dijangkau. Pengunjung bisa menggunakan rute jalan raya Kutoarjo-Ketawang atau melalui Jalan Daendels.

Untuk memasuki area Pantai Jetis, pengunjung tidak dikenakan biaya (kecuali pada liburan hari raya Idul Fitri). Pengunjung hanya akan dikenakan biaya penitipan kendaraan yaitu sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 6.000 untuk mobil.

Di pantai Jetis terdapat beragam spot foto yang menarik. Selain keindahan pantai, di Pantai Jetis juga terdapat taman yang cocok untuk tempat bersantai dan mengobrol dengan teman maupun keluarga. Di sekitar pantai juga terdapat fasilitas seperti toilet hingga warung.

Baca Juga: Pantai Congot Kulon Progo: Info Rute, Lokasi, Harga, dan Tips

3. Pantai Keburuhan

5 Pantai di Purworejo, Alternatif Wisata saat ke JogjaPantai Kebutuhan (instagram.com/emi.zone)

Pantai Keburuhan terletak tidak jauh dari Pantai Jetis, tepatnya berada di Desa Keburuhan, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo. Pantai Keburuhan ini tidak jauh beda dengan pantai-pantai di Purworejo. Yang menjadi keunikan dari Pantai Keburuhan adalah adanya deretan cemara di tepi pantai. 

Deretan cemara tersebut bisa menjadi tempat berteduh saat berkunjung ke pantai di siang hari. Keberadaan deretan cemara tersebut juga dapat menjadi spot foto yang instagramable. Kamu juga dapat menemukan spot foto lain seperti laut lepas maupun sunset saat sore hari. 

4. Pantai Jatimalang

5 Pantai di Purworejo, Alternatif Wisata saat ke JogjaPantai Jatimalang (instagram.com/journey_traveling)

Pantai Jatimalang adalah salah satu pantai yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Purworejo. Lokasinya berada di Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo. Saat berkunjung ke Pantai Jatimalang kamu akan disuguhkan keindahan pantai dengan gradasi warna biru dan hijau toska yang indah. 

Pantai Jatimalang ini juga memiliki nama lai,n lho. Pantai ini kerap disebut dengan nama Pantai Dewaruci. Dinamakan Dewaruci karena saat berkunjung ke pantai ini kamu akan menemukan patung Dewa Ruci. Patung ini menjadi ikon Pantai jatimalang yang sudah terkenal. Kamu dapat mengabadikan momen di Pantai Jatimalang dengan berfoto di sekitar patung tersebut. 

5. Pantai Roro Inten

5 Pantai di Purworejo, Alternatif Wisata saat ke JogjaPantai Roro Inten (instagram.com/evvaant)

Pantai Roro Inten berlokasi di Desa Pagak, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo. Meski namanya belum terkenal seperti pantai-pantai lain di Purworejo, pantai ini bisa menjadi tujuan wisata yang menarik bersama keluarga. Pasalnya, Pantai Roro Inten menyediakan spot pemancingan yang bisa dinikmati saat berkunjung ke pantai ini. 

Selain memancing, kamu juga dapat menikmati keindahan pantai dengan berjalan di sepanjang pinggir pantai. Seperti pantai lain di Purworejo, Pantai Roro Inten juga memiliki ombak yang cukup besar. Karena itu, kamu harus berhati-hati apabila ingin berenang di pantai. 

Nah, lima pantai di Purworejo yang bisa menjadi alternatif selain Yogyakarta. Jangan lupa mampir ya, kalau kamu berkunjung ke Purworejo!

Baca Juga: 6 Pesona Desa Wisata Widosari, Unggulan Kulon Progo

Nikhayatul Khusna Photo Community Writer Nikhayatul Khusna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya