Comscore Tracker

9 Wisata Indoor di Jogja, Tetap Seru Dikunjungi saat Musim Hujan

Ada beberapa wisata yang dijamin tidak akan bikin bosan

Jogja akhir-akhir ini sering turun hujan. Rasanya menjadi malas keluar rumah dan inginnya tidur seharian. Tapi hujan bukan berarti tak bisa liburan. Banyak rekomendasi tempat wisata indoor di Jogja yang seru untuk dijelajahi. Tak melulu museum, ada beberapa wisata yang dijamin tidak akan bikin bosan. Yuk, simak informasi seru wisata di Jogja saat musim hujan di bawah ini!

1. Keraton Jogja

9 Wisata Indoor di Jogja, Tetap Seru Dikunjungi saat Musim Hujanhttps://www.kratonjogja.id/

Piknik ke Jogjam jangan lupa main ke Keraton. Sebagai istana resmi Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, keraton dibuka untuk wisatawan. 

Sejarah dan bangunan berarsitektur Keraton, sangat penting untuk menambah pengetahuan ditambah banyak tempat yang bisa dijadikan sebagai tempat berfoto. 

Alamat: Jalan Rotowijayan Blok Nomor 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta

Jam operasional: Buka setiap hari pukul 08.30-14.00 WIB, setiap hari Jumat hanya sampai pukul 12.00 WIB. 

2. Taman Pintar

9 Wisata Indoor di Jogja, Tetap Seru Dikunjungi saat Musim HujanTempat wisata Taman Pintar di Kota Yogyakarta. IDN Times/Tunggul Kumoro

Ingin mengajak anak atau keponakan main keluar rumah tapi khawatir hujan, coba berkunjung ke Taman Pintar. Meski ada beberapa wahana yang berada di luar ruangan seperti kapal boat mini, tapi permainan indoor tak kalah seru, kok! 

Misalnya, di planetarium dan gedung oval, anak-anak bisa belajar sambil bermain dengan seru tanpa khawatir basah. Selain itu Tamar Pintar juga terdapat kantin makanan. Jadi, dalam satu tempat, kamu bisa main sekalian jajan!

Alamat: Jalan Panembahan Senopati Nomor 1-3, Ngupasan, Kapanewon Gondomanan, Kota Yogyakarta

Jam operasional: Buka setiap hari, pukul 08.30-16.00 WIB

Baca Juga: Berlibur Sambil Belajar Budaya Jawa di Museum Ullen Sentalu

Baca Juga: 5 Kafe Dekat Keraton Yogyakarta, Nyaman untuk Tempat Bekerja

3. Taman Sari

9 Wisata Indoor di Jogja, Tetap Seru Dikunjungi saat Musim HujanIDN Times/Reksita Wardani

Tak jauh dari Taman Pintar juga Kraton Jogja, kamu bisa sekalian mampir ke Taman Sari. Taman Sari adalah situs bekas pemandian dan taman Keraton Yogyakarta. Masuk ke Taman Sari, tiketnya gak mahal kok, hanya Rp5 ribu untuk wisatawan lokal dan Rp15 ribu untuk wisatawan asing. Selain tarif masuk, wisatawan akan dikenai tambahan tarif. 

Di Taman Sari, sebagian memang berupa ruang terbuka, tapi ada banyak pohon rindang yang menjadi tempatmu berteduh. Jika kamu mau tahu soal sejarah Taman Sari, sebaiknya menyewa jasa tour guide yang ada di dalam Taman Pintar. Dijamin kamu tak akan rugi menyusuri Taman Sari sambil mendengar kisah para raja.

Alamat: Patehan, Kapanewon Kraton, Kota Yogyakarta

Jam operasional: Buka setiap hari pukul 09.00-15.00 WIB

4. Museum Affandi

9 Wisata Indoor di Jogja, Tetap Seru Dikunjungi saat Musim HujanMuseum Affandi (instagram.com/karokarti)

Museum di Jogja tak selalu soal peristiwa masa lalu dan sejarah, kok, kamu bisa berkunjung ke Museum Affandi. Musem ini berisi sekitar 300 karya seni sang maestro lukis Affandi dan potret dirinya yang terkenal. Tak hanya lukisan, bangunannya museum yang dibuat mirip pelepah pisang, menarik untuk dikunjungi.

Selain karya seni, terpajang sepeda dan mobil tua kepunyaan Affandi. Meski tiket masuknya memang tak semurah museum lain, yakni Rp25 ribu untuk wisatawan lokal dan Rp50 ribu untuk wisatawan asing, tapi pengalaman mengunjungi museum seni tak akan terlupa. 

Alamat: Jalan Laksda Adisucipto Nomor 167, Papringan, Caturtunggal, Kapanewo Depok, Kabupaten Sleman

Jam operasional: Buka hari Senin - Sabtu pukul 09.00-16.00 WIB

5. Museum TNI AD

9 Wisata Indoor di Jogja, Tetap Seru Dikunjungi saat Musim HujanMuseum TNI Angkatan Darat di Jogja. (IDNTimes/Febriana Sinta)

Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama menjadi rekomendasi wisata indoor di Jogja.  Museum ini tampak dari depan, lebih mirip kantor milik TNI dengan halaman yang luas dan bangunan yang tampak formal. Namun begitu kamu masuk ke dalam, akan dijumpai berbagai koleksi yang berhubungan dengan Tentara Nasional Indonesia, khususnya Angkatan Darat. 

Koleksinya cukup beragam, mulai meriam, tank, seragam TNI dari waktu ke waktu, sampai weapon box yang terdiri dari tembakan, amunisi, dan bambu runcing asli yang pernah digunakan para tentara. Jumlahnya tak main-main, yaitu mencapai 900 buah. Seru!

Alamat:  Jalan Jenderal Sudirman Nomor 75, Terban, Kapanewon Gondokusuman, Kota Yogyakarta

Jam operasional: Buka setiap hari Selasa - Minggu, mulai pukul 08.00-15.00 WIB

6. Benteng Vredeburg

9 Wisata Indoor di Jogja, Tetap Seru Dikunjungi saat Musim Hujanbenteng vredeburg (instagram.com/museum.benteng.vredeburg)

Tak jauh dari Malioboro, terdapat Museum Benteng Vredeburg yang tak kalah seru buat dikunjungi. Di tempat ini wisatawan bisa belajar sejarah benteng Vredeburg ini. Masuk ke tempat ini juga murah, tiket hanya Rp2 ribu untuk wisatawan lokal cilik, dan Rp3 ribu untuk wisatawan lokal dewasa, dan Rp10 ribu untuk wisatawan mancanegara.

Ada banya koleksi yang bisa dilihat di Museum Benteng Vredeburg di antaranya diorama peristiwa, lukisan, maket, miniatur, dan lain-lain yang menggambarkan sejarah perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah. 

Alamat: Jalan  Margo Mulyo Nomor 6, Ngupasan, Kapanewom Gondomanan, Kota Yogyakarta

Jam operasional: Bulka Selasa - Minggu pukul 08.00-15.00 WIB

Baca Juga: Sejarah Museum Benteng Vredeburg di Jogja dan Kisah Mistisnya  

7. Diorama Arsip Jogja

9 Wisata Indoor di Jogja, Tetap Seru Dikunjungi saat Musim HujanDiorama Arsip Jogja (IDN Times/Dyar Ayu)

Mungkin belum banyak yang tahu soal Diorama Arsip Jogja. Tempat ini memberi kesempatan belajar soal sejarah dengan cara yang lebih menyenangkan, yaitu menggunakan teknologi fox screen sehingga penggambaran masa Panembahan Senopati hingga Keistimewaan Daeeah Istimewa (DIY) mudah dipahami. 

Untuk mengunjungi tempat ini, kamu harus terlebih dulu mendaftarkan diri melalui situs resmi milik Diorama Arsip Jogja. Untuk tiketnya yaitu Rp30 ribu untuk umum, dan Rp20 ribu untuk pelajar atau mahasiswa. 

Alamat: Belakang Gedung Depo Arsip DPAD DIY, Jalan Wonocatur, Wonocatur, Banguntapan, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul
Jam operasional: Buka hari Selasa - Minggu pukul 09.00-16.00 WIB

8. Museum Ullen Sentalu

9 Wisata Indoor di Jogja, Tetap Seru Dikunjungi saat Musim HujanPotret Museum Ullen Sentalu Yogyakarta (instagram.com/ullensentalu)

Di kawasan Kaliurang terdapat Museum Ullen Sentalu. Museum yang terletak di kawasan wisata ini memiliki suasana alam yang terjaga kesegarannya udaranya, karena di sekitarnya terdapat banyak pepohonan besar. 

Ada berbagai koleksi menarik di Museum Ullen Sentalu, seperti aneka batik dengan motif beragam, ruang gamelan, sampai sejarah Keraton Solo dan Yogyakarta. Ada dua jenis tur yang bisa diikuti di sini, yaitu tur Adiluhung Mataram dengan biaya Rp50 ribu per orang dan tur Vorstenlanden sebesar Rp 100 ribu per orang. 

Alamat: Jalan Boyong KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman
Jam operasional: Buka hari Selasa - Minggu buka pukul 08.30-16.00 WIB

9. Museum Chocolate Monggo

9 Wisata Indoor di Jogja, Tetap Seru Dikunjungi saat Musim HujanMuseum Cokelat Monggo (Google Maps/Chocolate Monggo Museum Factory)

Siapa yang suka cokelat? Pas banget, nih, kamu bisa mengunjungi Museum Chocolate Monggo yang berlokasi di Bangunjiwo, Bantul. Di museum ini, kamu tak hanya sekedar belanja cokelat, tapi juga menikmati foto yang menceritakan sejarah cokelat, serta melihat langsung proses pembuatan cokelat. 

Biaya masuk ke dalam museum tersebut adalah  Rp15 ribu per orang. Kamu juga bisa menikmati jajan gelato aneka rasa di kafe yang lokasinya bersebelahan dengan museum. 

Alamat: Jalan Tugu Gentong RT 03, Sribitan, Bangunjiwo, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul
Jam operasional: Buka setiap hari pukul 10.00-18.00 WIB

Cuaca sendu tak jadi alasan untuk bermalas-malasan di rumah, apalagi kini kamu tahu ada banyak wisata indoor di Jogja yang layak dikunjungi. Yuk agendakan!

Baca Juga: Meraba Jejak BJ Habibie di Taman Pintar Yogyakarta

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya