Comscore Tracker

5 Tempat Belanja Oleh-oleh Murah di Jogja, Pilihannya Lengkap!

Semua orang jadi kebagian oleh-oleh khas Yogyakarta, nih

Sebagai kota tujuan wisata, oleh-oleh dari Yogyakarta selalu diburu. Namun, kamu mungkin belum di mana tempat belanja murah oleh-oleh di Kota Gudeg dengan pilihan barang yang lengkap.

Dulunya memang tempat belanja murah di Yogyakarta ada Malioboro, tapi seiring relokasi para PKL, jadi banyak yang bingung menyoal pilihan tempat cari oleh-oleh yang lengkap. Tenang, ada pilihan lain buat belanja murah seperti di 5 tempat berikut ini. Belanja banyak, gak perlu khawatir kantong bolong!

1. Pasar Beringharjo

5 Tempat Belanja Oleh-oleh Murah di Jogja, Pilihannya Lengkap!pasar beringharjo (instagram.com/indaoktaaa)

Sudah bukan rahasia lagi kalau mau belanja oleh-oleh murah dan serba ada di Yogyakarta, Pasar Beringharjo jawabannya. Mulai dari daster berbahan adem, baju batik couple untuk kondangan, atau kain jarik untuk kakek dan nenek dengan motif mewah bisa didapat di bagian depan pasar. Saat semakin masuk ke dalam, kamu bisa belanja keperluan pernikahan seperti kebaya, aksesoris, sampai suvenir murah meriah.

Naik ke lantai dua Pasar Beringharjo, ada lebih banyak pilihan belanja baju kekinian yang cantik-cantik. Gaun, celana jeans, atau baju sehari-hari pun ada. Sementara di lantai ketiga, banyak penjual bunga kering dan aksesoris rumah juga. Kalau sudah puas belanja tapi perut lapar, kamu gak perlu keluar pasar karena mulai dari soto, bakso, mi nyemek sampai sate kere banyak dijajakan di Pasar Beringharjo.

2. Teras Malioboro

5 Tempat Belanja Oleh-oleh Murah di Jogja, Pilihannya Lengkap!Suasana tempat relokasi PKL di Teras Malioboro 2. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Meski sepanjang jalan Malioboro kini sudah gak dipenuhi oleh para PKL lagi, kamu tetap bisa belanja murah dari mereka, kok. Masih ada di sekitar sana, para PKL tadi dipindahkan ke Teras Malioboro yang terbagi dalam dua lokasi. Teras Malioboro 1 berlokasi di eks Gedung Bioskop Indra dan Teras Malioboro 2 berlokasi di sebelah Hotel Grand Inna.


Masing-masing Teras Malioboro isinya gak jauh berbeda. Yaitu penjual kaos dengan sablon tulisan ‘Malioboro’, daster batik, aksesoris manik seperti gelang dan kalung, sampai dream catcher ukuran kecil sampai sedang untuk hiasan kamar. Di beberapa sudut Teras Malioboro juga diisi oleh penjaja makanan seperti soto, geprek, dan lumpia yang biasanya berjualan di pinggiran jalan Malioboro.

Baca Juga: 10 Potret Wajah Malioboro Setelah Relokasi PKL, Sepi tapi Rapi

3. Pabrik Bakpia Pathok 25

5 Tempat Belanja Oleh-oleh Murah di Jogja, Pilihannya Lengkap!jogjakita

Di Yogyakarta, ada banyak merek bakpia dijual. Maklum, bakpia adalah salah satu makanan khas yang memang cocok banget dijadikan oleh-oleh. Namun, kalau kamu mau cari yang murah, enak, fresh, malah kadang diterima dalam keadaan masih panas, bisa langsung menuju Pabrik Bakpia Pathok 25 yang berlokasi di Jalan Karel Sasuit Tubun Nomor 504, Sanggrahan, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.


Dulu sebelum pandemik, kamu bisa melihat langsung proses pembuatan bakpia. Walau sekarang lebih terbatas, kamu tetap bisa belanja bakpia enak dengan aneka rasa yaitu cokelat, keju, atau yang kekinian seperti green tea. Meskipun beli langsung di pabriknya, di sini gak kalah ramai pembeli dengan yang di toko-toko, maklum, banyak yang ingin dapat bakpia baru dan hangat-hangat!

4. Desa Wisata Kulit Manding

5 Tempat Belanja Oleh-oleh Murah di Jogja, Pilihannya Lengkap!instagram.com/jengdiajeng

Oleh-oleh kaos, daster, atau sandal batik mungkin sudah biasa, ya? Apalagi kalau ingin beli hadiah spesial untuk orang tua atau bos di kantor, pasti gak bisa ala kadarnya. Alih-alih bingung, kamu bisa langsung datang ke Desa Wisata Kulit Manding yang berlokasi di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.


Sesuai namanya, di sini adalah pusatnya belanja barang berbahan kulit dengan kualitas nomor wahid. Sepanjang jalan banyak toko yang menampilkan tas, dompet, sampai sepatu kulit yang tentu menarik secara model dan harga. Salah satu toko yang terkenal adalah Edward karena terbilang lengkap dan sering memberi potongan harga. Asyik ‘kan?

5. Toko Oleh-oleh Khas Jogja Bu Tini

5 Tempat Belanja Oleh-oleh Murah di Jogja, Pilihannya Lengkap!toko oleh-oleh bu tini (wikikota.com)

Selain bakpia, Yogyakarta punya banyak makanan enak yang awet buat oleh-oleh. Misalnya seperti wingko, geplak, jenang, rengginang, dan masih banyak lagi. Kudapan-kudapan seperti ini harganya murah meriah dengan rasa yang enak, makanya cocok banget jadi buah tangan untuk orang tersayang di kota asal.

Supaya kamu bisa belanja nyaman, semua makanan yang diincar berhasil terpenuhi, wajib datangi yang lengkap tentunya. Salah satunya adalah di Toko Oleh-oleh Khas Jogja Bu Tini yang beralamat di Jalan Mataram Nomor 194, Suryatmajan, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Gak jauh dari Malioboro, toko lengkap ini buka dari pagi sampai malam, jadi kamu gak perlu buru-buru deh saat belanja.

Namanya juga oleh-oleh, pasti mau berikan yang terbaik untuk penerimanya tanpa merasa terbebani dengan harganya. Sekarang, dengan mengetahui 5 tempat belanja oleh-oleh murah di Yogyakarta di atas, hati dan dompetmu jadi lebih tenang. Mulai dari keluarga, teman, sampai bos kebagian oleh-oleh, deh!

Baca Juga: 9 Tempat Wisata yang Bisa Dijangkau dengan Trans Jogja, Hemat Ongkos!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya