Liga 1 Kembali Ditunda, PSM Makassar Tetap Bertahan di Yogyakarta

Banyak pilihan tempat latihan di Yogyakarta

Bantul, IDN Times - ‎ Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengumumkan melakukan penundaan kompetisi lanjutan Liga 1 dan 2 yang sedianya akan dilaksanakan pada 1 Oktober 2020 mendatang. 

Menanggapi keputusan tersebut, PSM Makassar yang telah berada di Yogyakarta memastikan akan tetap tinggal hingga ada pengumuman resmi kompetisi lanjutan digelar kembali satu bulan yang akan datang.

"Manajemen PSM Makassar sudah mengetahui keputusan tersebut (penundaan satu bulan) dan manajemen sepakat, tim yang sudah berada di Yogyakarta akan tetap tinggal di Yogyakarta sampai pelaksanaan liga dimulai," kata Media Officer PSM Makasar, Sulaiman, Selasa (29/9/2020).

Baca Juga: PSM Makassar Gelar Latihan Perdana di Lapangan Paskhas TNI AU

1. Waktu satu bulan dirasa cukup cepat

Liga 1 Kembali Ditunda, PSM Makassar Tetap Bertahan di YogyakartaAsisten pelatih PSM Makassar, Herrie Setyawan, saat memimpin sesi latihan PSM Makssar di Lapangan Kompi E Paskhas TNI-AU, Sleman, pada Senin (28/9/2020) sore. (Dok. PSM Makassar)

Pertimbangan tim PSM untuk tinggal di Yogyakarta adalah karena waktu satu bulan terbilang cukup cepat. Selain itu, menurut Sulaiman, ada banyak pilihan tempat untuk melakukan latihan di Yogyakarta sehingga manajemen dan pelatih memutuskan tetap tinggal.

"Waktu satu bulan itu cepat sehingga manajemen dan pelatih memutuskan untuk bertahan di Yogyakarta," terangnya.

2. PSM Makassar sempat latihan perdana persiapan menghadapi Persib Bandung‎

Liga 1 Kembali Ditunda, PSM Makassar Tetap Bertahan di YogyakartaPSM gelar latihan perdana jelang laga kontra Persib Bandung di Lapangan Paskhas TNI AU. IDN Times/Istimewa

Sebelumnya, tim berjuluk Juku Eja ini tiba di Yogyakarta pada Minggu (27/9/2020) dan menginap Hotel Sheraton, Jalan Laksda Adisutjipto , Sleman. Anak asuh dari Bojan Hodak ini sempat melakukan latihan perdana di lapangan Paskhas TNI AU, Lanud Adisutjipto.

"Latihan perdana ini untuk memulihkan stamina pemain karena sudah jarang berlatih bersama selama kompetisi Liga 1 dihentikan sementara," kata Asisten Pelatih PSM Makasar, Herrie Setiyawan, Senin (28/9/2020) petang.‎

3. PSSI batalkan kick-off 1 Oktober karena Polri tak berikan izin

Liga 1 Kembali Ditunda, PSM Makassar Tetap Bertahan di YogyakartaTangkapan layar - Konferensi pers PT Liga Indonesia Baru (LIB) terkait persiapan Liga 1 (IDN Times/Ilyas Mujib)

Keputusan PSSI untuk membatalkan rencana menggelar lanjutan Liga 1 dan Liga 2 pada tanggal 1 Oktober mendatang didasari karena Polri menunda untuk mengeluarkan izin. Apalagi, angka penularan COVID-19 masih terus meningkat.

"Menurut rencana pertandingan awal Liga 1 ini bakal mempertemukan PSS melawan Persik. Namun, kemarin malam Mabes Polri merilis akan menunda untuk mengeluarkan izin keramaian, seperti kita tahu angka penyebaran COVID-19 ini masih tinggi, hal itu disadari dari fakta di lapangan," terang pria yang akrab Iwan Bule ini dalam konferensi pers di kantor Kemenpora, Selasa.

 Namun, Iwan meyakini laga lanjutan dapat digelar dalam waktu dekat. 

"PSSI yakin dan optimistis lanjutan Liga 1 dan Liga 2 insyaallah pada waktu yang tepat nanti bakal digulirkan kembali. Kita berdoa mudah-mudahan COVID-19 bisa menurun," ujarnya.

Baca Juga: [BREAKING] PSSI Batal Lanjutkan Liga 1 2020 pada 1 Oktober

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya