Kirim 62 Atlet di Peparda 2022, Bantul Targetkan Juara Umum

Atlet difabel dari Bantul akan turun di 10 cabang olahraga

Bantul, IDN Times - ‎Pemerintah Kabupaten Bantul mengirimkan sebanyak 90 kontingen untuk berlaga dalam Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) III DIY 2022. Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menargetkan atlet Bantul mampu meraih juara umum dalam ajang tersebut.

1. Bantul ingin menjadi daerah ramah bagi difabel

Kirim 62 Atlet di Peparda 2022, Bantul Targetkan Juara UmumBupati Bantul, Abdul Halim Muslih (Dok Kominfo Bantul)

Menurut Halim, salah satu misinya adalah penanggulangan masalah kesejahteraan sosial secara terpadu dan pencapaian Bantul sebagai kabupaten layak anak, ramah perempuan dan difabel. Dalam hal ini adalah implementasi mencapai predikat ramah difabel adalah dengan memfasilitasi seluruh aspek yang diperlukan termasuk dalam pembinaan olahraga.

"Kita sudah punya organisasi National Paralympic Commite (NPC), semacam komite yang menangani olahraga para difabel," katanya, Senin (29/8/2022).

2. Bantul beberapa kali menjadi juara umum Peparda‎

Kirim 62 Atlet di Peparda 2022, Bantul Targetkan Juara UmumAtlet Peparda III DIY dari Bantul.(Dok Kominfo Bantul)

Politisi PKB ini menyebut dalam ajang Peparda, Bantul beberapa kali meraih juara umum, hal ini menurutnya menunjukkan atlet difabel di Bantul memperoleh pembinaan yang cukup baik.

"Terbukti dengan prestasi juara umum di Daerah Istimewa Yogyakarta 9DIY). Kita mendorong agar mereka bisa mencapai prestasi tingkat nasional bahkan internasional," terangnya.

"Itu memerlukan syarat pembinaan yang lebih baik, reward yang lebih baik termasuk sarana dan prasarana bagi atlet difabel," imbuh Halim.

Baca Juga: 8 Ribu Tiket Disiapkan, Ini Syarat Nonton Pembukaan Porda XVI DIY 

3. Sebanyak 62 atlet akan berlaga dalam 10 cabang

Kirim 62 Atlet di Peparda 2022, Bantul Targetkan Juara UmumAtlet Peparda III DIY dari Bantul.(Dok.Kominfo Bantul)

Ketua NPC Bantul, Yulianto menjelaskan pihaknya mengirimkan 90 orang untuk Peparda yang digelar 1-9 September 2022 mendatang yang digelar di Kabupaten Sleman.

"Dari 90 orang itu terdiri 62 atlet, 19 pelatih dan 9 official. Kami optimis akan meraih juara umum," tandasnya.

Para atlet nantinya akan berlaga di 10 cabang olahraga yakni angkat berat, atletik, boccia, bulu tangkis, bola voli duduk, catur, goal ball, panahan, renang dan tenis meja.

Baca Juga: Elang Jawa Jadi Maskot Porda dan Peparda DIY 2022 di Sleman

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya