Comscore Tracker

Bantul Jadi Tuan Rumah Pekan Olahraga Tradisional Nasional 2019

24 provinsi siap kirimkan atlet

Bantul, IDN Times - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menunjuk Kabupaten Bantul sebagai tempat berlangsungnya Pekan Olahraga Tradisional Nasional (Potradnas) 2019 yang akan berlangsung di Stadion Sultan Agung (SSA) mulai tanggal 26-27 Oktober 2019 yang akan datang.

1. Ada 5 cabor yang akan dipertandingkan dalam Potradnas 2019‎

Bantul Jadi Tuan Rumah Pekan Olahraga Tradisional Nasional 2019IDN Times/Daruwaskita

Ketua Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Formi) Kabupaten Bantul, Aris Suhariyanta, mengatakan sebanyak 24 provinsi di Indonesia mengirimkan atletnya untuk berkompetisi dalam 5 cabang olahraga. Tiap provinsi mengirimkan 27 atlet.

"27 orang atlet yang dikirim dari 24 provinsi nantinya akan bermain dalam 5 cabor yang akan dipertandingkan," kata Aris yang juga Kepala Dinas Perhubungan Bantul ini, Rabu (23/10).

Baca Juga: Susi Tak Jadi Menteri KKP, Nelayan Bantul Kehilangan 'Nyi Roro Kidul'

2. Laga final cabor akan dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2019‎

Bantul Jadi Tuan Rumah Pekan Olahraga Tradisional Nasional 2019batangkab.go.id

Menurut Aris, 5 cabor yang akan dipertandingkan di antaranya adalah gobak sodor, dagongan, egrang, sumpitan dan terompah panjang.

"Semua laga final pada 5 cabor yang dipertandingkan akan berlangsung pada tanggal 27 Oktober 2019," tuturnya.‎

Lebih jauh, Aris mengatakan dipilihnya Kabupaten Bantul sebagai tempat ajang Potradnas ini juga menegaskan bahwa Kabupaten Bantul mendukung pelestarian budaya yang kini mulai ditinggalkan generasi muda.

"Olahraga tradisional ini mulai ditinggalkan bahkan mungkin tak dikenal lagi oleh generasi muda saat ini. Namun, Potradnas ini akan menghidupkan kembali dan melestarikan olahraga tradisional ini," ungkapnya.

3. Potradnas akan mendongkrak ekonomi masyarakat Bantul‎

Bantul Jadi Tuan Rumah Pekan Olahraga Tradisional Nasional 2019IDN Times/Daruwaskita

Sementara, Sekda Kabupaten Bantul, Helmi Jamharis, mengatakan ratusan atlet dari 24 provinsi ini berpotensi menghidupkan ekonomi masyarakat di Bantul. Sebab, dipastikan mereka akan menginap dan sangat dimungkinkan setelah acara selesai mereka akan berkunjung ke sejumlah objek wisata di Bantul.

"Selama Potradnas digelar tentunya ada imbas ekonomi yang dirasakan masyarakat," katanya.‎

Baca Juga: Pembagian 10 ribu KIA oleh Pemkab Bantul Pecahkan Rekor MURI

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You