Dituduh Larang Hadir, UGM Sebut Anies Tak Ada di Susunan Acara Diskusi

UGM klaim tak pernah larang, ngaku sebatas bertanya.

Sleman, IDN Times - Universitas Gadjah Mada (UGM) menyebut nama Anies Baswedan tidak tercantum dalam kerangka kegiatan dan susunan acara diskusi yang diselenggarakan di Auditorium MM UGM, Jumat (17/11/2023) lalu.

Sekretaris Universitas UGM, Andi Sandi Antonius, mengatakan informasi itu diperoleh usai ia mengonfirmasi langsung ke Prodi FEB UGM selaku pengelola lokasi acara.

"(Acara) diizinkan (prodi) sejak 3 November. Namun memang dalam ToR dan rundown acara tidak menyebutkan akan mengundang Mas AB (Anies Baswedan)," kata Andi saat dihubungi, Senin (20/11/2023).

1. Bantah larang, cuma tanya

Dituduh Larang Hadir, UGM Sebut Anies Tak Ada di Susunan Acara DiskusiCapres Anies Baswedan. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara, lanjut Andi, selebaran promosi acara yang beredar beberapa hari jelang diskusi mencantumkan figur Anies sebagai salah satu narasumbernya.

Menurutnya, hal inilah yang kemudian mengundang pertanyaan dari pihak prodi. Sebagaimana sikap rektorat, Andi menegaskan bahwa prodi tidak melarang kedatangan Anies, melainkan hanya bertanya.

"Konfirmasinya bahwa larangan itu tidak ada, yang ada hanyalah ditanyakan (kepada panitia acara) kepastian kehadiran AB dalam acara tersebut. Sebab sampai tanggal 16 November tidak ada jadwal kehadiran AB. Meskipun Panitia telah menyebarkan flyer mengenai kehadiran AB," jelasnya.

2. Klaim tak ada instruksi penurunan poster

Dituduh Larang Hadir, UGM Sebut Anies Tak Ada di Susunan Acara DiskusiIndonesia Future Stadium Generale', yang digelar Bersama Indonesia, di Auditorium MM UGM Yogyakarta, Jumat (17/11/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Andi juga membantah apabila pihaknya disebut sampai mengancam akan membatalkan atau membubarkan secara paksa acara diskusi jika Anies benar-benar datang. Ia menyampaikan bantahan pula atas klaim panitia yang diminta menurunkan poster bergambar Anies di sekitar lokasi acara.

"Yang disampaikan oleh pengelola MM, silakan untuk memasang dan menurunkan sendiri," kata Andi.

Baca Juga: Anies Batal Jadi Pembicara di UGM, Panitia: Tidak Ada Izin Rektorat

3. Kampus tak ambil tindakan

Dituduh Larang Hadir, UGM Sebut Anies Tak Ada di Susunan Acara DiskusiSekretaris UGM, Andi Sandi (IDNTimes/Herlambang Jati)

Andi menekankan kampusnya terbuka dengan kehadiran Anies, terlebih untuk acara akademik. Selama maksud dan tujuan jelas, serta nihil aturan yang dilangkahi maka kampus tidak akan mempermasalahkannya.

Sedangkan untuk kegiatan yang bertalian dengan kampanye Pemilu atau Pilpres, maka sesuai ketentuan berlaku harus pihak kampus yang mengundang narasumbernya. Acara juga hanya dihadiri kalangan mahasiswa UGM saja. Seperti diketahui, Anies merupakan calon presiden (capres) peserta Pilpres 2024 nomor urut satu.

Adapun untuk acara diskusi di Auditorium MM UGM kemarin, kata Andi, dipastikan diselenggarakan oleh pihak luar kampus.

Andi tak menampik nama UGM telah disudutkan dengan beredarnya isu intervensi rektorat pada kegiatan yang dihadiri Anies. Kendati, kampus tak akan mengambil tindakan dan membiarkan publik untuk menilai.

"Pada prinsipnya kami lembaga pendidikan, jadi tindakan kepada penyelenggara, kami serahkan ke publik. Publik bisa menilai apa yang sebenarnya terjadi," pungkasnya.

Sebelumnya, panitia acara 'Indonesian Future Studium Generale' yang diselenggarakan oleh lembaga swadaya masyarakat (LSM) BersamaIndonesia mengaku tak memperoleh izin dari rektorat UGM untuk menghadirkan Anies sebagai narasumber acara.

Anies diundang selaku Mantan Gubernur DKI Jakarta pada acara di Auditorium MM UGM yang diselenggarakan pada Jumat (17/11/2023) itu.

Panitia mengklaim ada ancaman untuk membubarkan acara manakala Anies tetap hadir, sekalipun dari panitia juga menyebut capres pasangan Muhaimmin Iskandar (Cak Imin) itu masih mengupayakan untuk bisa datang.

Kehadiran Anies pun akhirnya digantikan oleh salah satu co-captain dalam Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) untuk Pilpres 2024, Thomas Trikasih Lembong yang memberikan paparannya secara daring selaku menteri perdagangan 2015-2016, juga kepala badan koordinasi penanaman modal (BKPM) 2016-2019. 

Lebih lanjut, panitia acara turut diminta menurunkan poster bergambar Anies di sekitaran lokasi acara.

Merespons hal ini, Sekretaris Universitas UGM Andi Sandi menyebut pihak rektorat tak pernah mengeluarkan larangan atas kedatangan Anies. Ia juga mengaku tak tahu menahu soal sosok 'rektorat' yang disebut oleh panitia acara.

Baca Juga: Haedar Minta Aparat Negara Patriotik dan Profesional dalam Pemilu 2024

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya