UPN Veteran Yogyakarta Kini Berstatus PTN BLU

Apa manfaat dari alih status UPNVY ini?

Sleman, IDN Times - Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVY) resmi menyandang status Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN BLU). Alih status tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. 209/KMK.05/2021, pada 31 Mei 2021.

Dalam Kepmenkeu tersebut, UPN bersama dengan tiga universitas lainnya, yakni Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Politeknik Negeri Bali dan Politeknik Negeri Jakarta pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Instansi Pemerintah telah menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PKK BLU).

Baca Juga: Pendaftaran Jalur CBT UM UGM Program S1 Dibuka, Simak Dulu Hal Ini

1. Alih status sudah dinantikan sejak 2017 lalu

UPN Veteran Yogyakarta Kini Berstatus PTN BLUupnyk.ac.id

Mohamad Irhas Effendi, Rektor UPNVY, mengungkapkan dengan adanya perubahan status ini, UPNVY dapat menerapkan bisnis yang sehat, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta dapat melakukan kegiatan yang didasari pada prinsip efisiensi dan produktifitas, dalam rangka mewujudkan Indonesia Maju.

Dia menjelaskan, Keputusan Menteri Keuangan ini menjadi suatu hal yang memang sudah dinanti-nantikan sejak lama. Proses pengajuan menjadi BLU sudah diperjuangkan oleh civitas akademika UPNVY sejak 2017.

"Jadi sudah 4 tahun kita menantikan hal ini. Akhirnya status kelembagaan UPNVY berhasil kita tingkatkan dari yang awalnya PTN Satuan Kerja (Satker) menjadi BLU. Segenap civitas akademika lega dan patut berbangga atas pencapaian ini," ungkapnya pada Jumat (4/6/2021).

2. Ada beberapa hal yang harus ditingkatkan

UPN Veteran Yogyakarta Kini Berstatus PTN BLUupnyk.ac.id

Irhas menyebutkan, alih status menjadi BLU juga membawa konsekuensi yang harus dipenuhi. Sebab, inti dari perubahan menjadi BLU ini adalah peningkatan layanan, terutama dalam hal akses layanan, diversifikasi lebih luas lagi ruang lingkupnya, serta kualitas layanan.

Irhas Effendi menjelaskan, Indikator Kinerja Utama (IKU) PTN dari Satker ke BLU harus dinaikkan. Masing-masing dari 8 indikator yang ada, semua harus naik capaiannya. Caranya adalah dengan menaikkan jumlah dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada.

"Sumber Daya Sarana dan Prasarana (Sarpras) juga harus ditingkatkan. Ini penting untuk mewujudkan Smart Campus, Sistem Informasi Terintegrasi, Laboratorium Terpadu, dan Penataan Ulang Sistem Keuangan yang lebih baik lagi," katanya.

3. Adanya peluang dan tantangan baru

UPN Veteran Yogyakarta Kini Berstatus PTN BLUPixabay.com/Wokandapix

Menurut Irhas, diversifikasi lainnya adalah Jenis layanan akademik pendidikan dan pengajaran (dikjar), yang diperluas dengan Jasa Layanan Masyarakat. Ada tiga hal penting yang juga harus diperbaiki untuk pencapaian 8 IKU.

"Yakni Sistem Pengawasan yang lebih baik, Sistem Manajemen yang lebih baik, dan Unit Pelaksana teknis yang lebih baik pula," katanya.

Irhas menambahkan, alih status ini juga harus diimbangi dengan kerja keras. Sebab, perubahan status membuat peluang dan tantangan baru.

“Terima kasih atas kerja keras semua pihak, khususnya tim BLU, semoga dengan perubahan status ini kinerja UPN Veteran Yogyakarta semakin lebih baik dan dapat bertransformasi menjadi perguruan tinggi yang memiliki otonomi dan fleksibilitas dalam mengatur keuangan, pengelolaan aset serta kesempatan menjalin kerjasama yang lebih luas dengan stake holder,” paparnya.

Baca Juga: Jadi Salah Satu Lokasi UTBK-SBMPTN, UPN Veteran Yogyakarta Siap-Siap

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya