Comscore Tracker

Puluhan Ribu Calon Mahasiswa Jalani UTBK Tahap I di DIY

Mereka bersaing untuk diterima di perguruan tinggi negeri

Sleman, IDN Times - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang merupakan syarat masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) mulai dilaksanakan pada hari ini.

Ada puluhan ribu peserta yang menjalani UTBK di beberapa PTN di DIY yang menjadi lokasi tes, antara lain Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVY), Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga serta Institut Kesenian Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Baca Juga: Hanya Gelar Tahap I, UTBK di UGM Diikuti 15.307 Peserta

1. Di UGM, UTBK Tahap I diikuti 15.307 peserta

Puluhan Ribu Calon Mahasiswa Jalani UTBK Tahap I di DIYPelaksanaan UTBK di UGM. Dok: Humas UGM

Di UGM sendiri, UTBK Tahap I akan diikuti sebanyak 15.307 peserta. Yang mana di dalam setiap sesinya akan diikuti sebanyak 870 peserta yang tersebar di 14 lokasi dalam 52 ruang tes.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno menjelaskan, UGM sendiri hanya menyelenggarakan UTBK tahap pertama. Sedangkan setiap harinya akan ada 2 sesi ujian, yaitu sesi 1 pukul 09.00-11.15 WIB dan sesi 2 dari pukul 14.00-16.15 WIB. Kecuali hari Jumat, hanya ada 1 sesi.

"Dari jumlah (seluruh peserta) itu terdapat peserta tuna daksa yang mengikuti ujian bertempat di Ruang B dan C Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB).  Para peserta ini akan mengikuti UTBK di 14 lokasi dalam 52 ruang yang telah disiapkan," ungkapnya pada Minggu (5/7).

2. Ada 2560 peserta yang ikuti UTBK Tahap I di UPNVY

Puluhan Ribu Calon Mahasiswa Jalani UTBK Tahap I di DIYPelaksanaan UTBK di UGM. Dok: Humas UGM

Sementara itu, di UPNVY, UTBK Tahap I diikuti sebanyak 2560 peserta, yang mana dari jumlah tersebut hanya 2441 peserta mencetak kartu tanda peserta. Kasubag Kerja Sama dan Humas UPNVY Markus Kusnardijanto menerangkan, untuk di UPN, pihaknya telah menyiapkan beberapa ruangan di Fakultas Teknik Industri serta beberapa protokol COVID-19 yang harus ditaati oleh semua peserta.

"(Peserta) tentunya memakai masker, handscoen, face shield dan mengenakan pakaian lengan panjang," paparnya.

3. Di UNY, UTBK Tahap I diikuti 11.084 peserta

Puluhan Ribu Calon Mahasiswa Jalani UTBK Tahap I di DIYPelaksanaan UTBK di UGM. Dok: Humas UGM

Sementara itu, untuk UTBK di UNY Tahap I akan diikuti sebanyak 11.084 peserta. Wakil Rektor Bidang Akademik UNY, Prof. Dr. Margana menjelaskan di UNY UTBK dibagi menjadi dua sesi, dengan jumlah peserta UTBK persesi sebanyak 685 orang sehingga dalam satu hari ada sebanyak 1370 peserta.

Untuk ruangan yang digunakan untuk UTBK, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 36 ruang yang tersebar di tujuh fakultas, Digital Library, LPMPP & LTC, dan LIMUNY UPT TIK Universitas Negeri Yogyakarta.

Margana menerangkan, di dalam pelaksanaan UTBK, pihaknya mewanti-wanti agar semua yang terlibat dalam pelaksanaan UTBK untuk selalu menerapkan protokol COVID-19

“Dipastikan betul menggunakan protokol COVID-19 dapat berjalan lancar, kita menekankan kesehatan baik untuk peserta, panitia, pengantar, dan semua pihak yang terlibat di UTBK," terangnya.

Baca Juga: Tak Wajib Rapid Test, Peserta UTBK di Sleman Harus Bawa Surat Sehat

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya