Pertama Kalinya, Tim Semar UGM Berhasil Raih Communication Award

Ikut kompetisi off-track Shell Eco-marathon Asia 2020

Sleman, IDN Times - Untuk pertama kalinya, Tim Semar Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil meraih Honourable Mention Communication Award dalam ajang Virtual Off-Track Awards, Shell Eco-marathon Asia 2020. Tim Semar sendiri adalah tim otomotif yang fokus untuk mengembangkan kendaraan hemat energi.

Penghargaan ini sendiri diberikan kepada tim dengan kampanye paling berpengaruh untuk mempromosikan atau branding dari tim tersebut.

Baca Juga: Prodi Biologi UGM Jadi Prodi Terbaik se-Indonesia Versi QS WUR 2021 

1. Kompetisi dibagi jadi dua perlombaan

Pertama Kalinya, Tim Semar UGM Berhasil Raih Communication AwardTim Semar UGM. Dok: Humas UGM

Fikri Amanda Ramadhan, Ketua Tim Semar UGM menjelaskan, kompetisi tahunan ini umumnya terbagi menjadi dua perlombaan, yakni on-track dan off-track. Untuk perlombaan on-track diikuti oleh tim dengan mengikutsertakan produk mobil mereka. Sementara untuk off-track, peserta hanya menyerahkan dokumen tentang inovasi, branding, dan strategi timnya saja.

"Untuk pelaksanaan tahun ini, tiap tim diberi waktu untuk mempersiapkan produknya sejak bulan Januari dan tenggat waktu pengumpulan pada bulan Mei," ungkapnya pada Kamis (25/6).

2. Lakukan persiapan sejak Januari

Pertama Kalinya, Tim Semar UGM Berhasil Raih Communication Awardugm.ac.id

Untuk anggota Tim Semar UGM sendiri terdiri dari Galang Prabu Madani, Rizky Gemilang Darma Saputra, Zein Nurrahman, M. Rian Alif Madani, Yido Adrian Wijaya, Ferdinand Maycello, Wahyu Santoso, Silvyaniza Ayu Brilianand, Ananda Firly Nugroho, Ricko Kusuma Putra, Muhammad Raihan As’ad, Shanazia Sekar, Veronika Dwika Andhita, Zufar Aditama, Az Zahra Salsabila Maharani asal FT UGM, Tiara Nur Rizka Karlinda dan Elisabeth Vialliarvin asal FEB UGM dengan bimbingan Dr. Jayan Sentanuhady (dosen FT-DTMI).

Fikri memaparkan jika ketika mengikuti off-track, sebelumnya timnya harus menyerahkan communications plan, implementation summary, dan impact analysis. Untuk persiapan sendiri sudah dilakukan Tim Semar sejak bulan Januari dengan mengadakan rapat tiap minggu.

"Rapat ini bertujuan sebagai brainstorming untuk memikirkan konten apa yang harus diunggah berikutnya di media sosial. Rapat awalnya dilakukan secara tatap muka akhirnya harus beralih secara daring akibat pandemik COVID-19,” terangnya.

3. Tahun depan diharapkan bisa raih dua penghargaan

Pertama Kalinya, Tim Semar UGM Berhasil Raih Communication AwardTim Semar UGM raih Communication Award. Dok: Humas UGM

Menurut Fikri, penghargaan Communication Award pada Shell Eco Marathon Asia 2020 ini didapatkan lantaran Dewan Juri menilai karya Tim Semar 'touch the heart of their audiences with their personal stories'. Dengan adanya penghargaan ini, semua anggota tim lebih semangat untuk berjuang dalam ajang Shell Eco Marathon Asia 2021 mendatang.

"Harapannya, tahun depan bisa memperoleh 2 prestasi sekaligus yaitu On-track Award dan Off-track Award pada kategori Urban Concept dan Prototype," paparnya.

Baca Juga: Mahasiswa UGM Sabet Gelar Juara di Kompetisi Roket Internasional

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya