Hujan Angin di Sleman Akibatkan Banjir hingga Baliho Roboh

Pohon tumbang juga terjadi di sejumlah titik

Sleman, IDN Times - Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi pada Kamis (3/2/2022) menyebabkan banjir, pohon tumbang, hingga baliho roboh di Kabupaten Sleman.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Makwan, mengungkapkan hujan deras juga mengakibatkan banjir lahar hujan di sebuah sungai yang berhulu di Merapi.

Baca Juga: Banjir Lahar Hujan, Puluhan Truk Terjebak di Bantaran Kali Boyong

1. Banjir dan banjir lahar hujan terjadi di Kapanewon Pakem

Hujan Angin di Sleman Akibatkan Banjir hingga Baliho RobohEvakuasi truk yang terjebak banjir lahar hujan di Kali Boyong. (Dok. BPBD Sleman)

Makwan mengungkapkan, dari laporan yang masuk ke BPBD Kabupaten, diketahui telah terjadi banjir lahar hujan di Kali Boyong, Pakem hingga mengakibatkan 24 armada truk terjebak banjir. Menurut Makwan, kejadian puluhan truk terjebak banjir lahar ini lantaran akses jalan keluar area tambang tertutup 3 armada truk yang sedang trouble, putus as.


Selain banjir lahar hujan, pihaknya juga menerima laporan adanya banjir di komplek wisata Tlogo Putri. Dari update yang diterima pukul 19.30 dilaporkan jika banjir sudah surut dan nihil kerusakan.

"Hujan deras mengakibatkan banjir di komplek wisata Tlogo Putri Kaliurang," ungkapnya pada Kamis (3/2/2022).

2. Sejumlah pohon tumbang dan baliho roboh dilaporkan terjadi di Kapanewon Depok

Menurut Makwan, di Kapanewon Depok dilaporkan adanya sejumlah pohon tumbang. Selain menutup akses jalan, sejumlah pohon tumbang ini juga diketahui menimpa kabel telekomunikasi, rumah dan dua mobil.

Selain pohon tumbang, pihaknya juga menerima laporan adanya baliho roboh. Setidaknya ada dua titik baliho roboh, yakni di Kledokan, Caturtunggal, Depok dan di Ngringin, Condongcatur, Depok.

"Di jalan Ring Road Utara No 3 Ngringin, Condongcatur Depok Sleman baliho roboh menimpa jaringan listrik," katanya.

3. Di sejumlah kapanewon, pohon tumbang juga dilaporkan terjadi

Hujan Angin di Sleman Akibatkan Banjir hingga Baliho RobohPohon tumbang di Kabupaten Sleman. Dok: BPBD Sleman

Makwan menambahkan, di sejumlah kapanewon lain, seperti Kapanewon Gamping, Ngaglik, Mlati, juga dilaporkan terjadi pohon tumbang di sejumlah titik. Pohon tumbang tersebut selain menutup akses jalan, juga menimpa rumah, tempat usaha, serta pagar di Rusunawa Gemawang.

"Di Sedan RT 5 RW 34, Sariharjo, Ngaglik Sleman pohon Melinjo 70 cm tumbang menimpa rumah Bapak Slamet Widodo," paparnya.

Baca Juga: Hujan Deras di Sleman, Puluhan Pohon Timpa Mobil hingga Rumah  

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya