Comscore Tracker

ARTJOG MMXIX Telah Dibuka, Ini Daftar Kegiatan yang Bisa Kamu Ikuti! 

Dari tur bareng kurator hingga lokakarya, dijamin seru!

Yogyakarta, IDN Times - Pameran seni ARTJOG kembali digelar di Yogyakarta tahun ini. Memasuki tahun ke-12, ARTJOG MMXIX tak hanya menampilkan karya dua dimensi juga instalasi seni tetapi juga mengadakan kegiatan lain seperti lokakarya dan pertunjukkan seni yang bisa dinikmati pengunjung. Aktivitas tersebut bisa jadi pilihan kamu yang tertarik mengulik lebih dalam hasil ide seniman yang berpartisipasi.

Apa saja program yang dihadirkan ARTJOG 2019 kali ini? Yuk, simak penjelasannya!

1. Tur bersama para kurator

ARTJOG mengadakan kegiatan Curatorial Tour yang dilaksanakan pada hari Selasa dan Jumat selama penyelenggaraan ARTJOG dari tanggal 25 Juli hingga 26 Agustus.

Buat kamu yang tertarik buat mengetahui lebih dalam soal karya seni yang dipamerkan di ARTJOG bisa datang ke Jogja National Museum pada jam 3 sore.

Baca Juga: Menkeu Sri Mulyani: ARTJOG MMXIX Ajak Manusia Jaga Bumi Lewat Seni

2. Lokakarya yang menambah pengetahuan

ARTJOG MMXIX Telah Dibuka, Ini Daftar Kegiatan yang Bisa Kamu Ikuti! Pexels/Matheus Bertelli

Setelah keliling menikmati pameran, kamu juga bisa mengikuti lokakarya yang diselenggarakan oleh ARTJOG. Selama acara ini berlangsung, ada belasan workshop, beberapa di antaranya merupakan lokakarya berseri, yang bisa kamu coba untuk diikuti.

Tahun ini, ARTJOG menyelenggarakan workshop di antaranya Cyanotype/Blueprint oleh Afdruk 56, Citizen Kids Labs Kids Fun Experiment: Fun Robotica dari HONF Foundation, Print Show Must Go On oleh RAR Editions, Manipulating Objects dari Rangga Dwi, dan Pengenalan Manuskrip Khagawaka oleh Bodhi I.A.

3. Penampilan musik dan tari kontemporer

Tak hanya menampilkan karya seni, ARTJOG turut menyuguhkan bentuk seni lain, yakni penampilan musik dan tari kontemporer. Kegiatan ini dilangsungkan pada malam hari dan mendatangkan berbagai macam seniman baik dalam maupun luar negeri.

Beberapa penyanyi atau band yang akan tampil di ARTJOG di antaranya Bottlesmoker, Answer Sheet, serta Umar Haen. Penampikan tari kontemporer dan musik ini setiap hari diselenggarakan di Jogja National Museum.

4. Kegiatan Meet the Artist dan Obrol Santai

Selama ARTJOG berlangsung, pengunjung yang datang bisa berinteraksi langsung dengan seniman maupun pegiat seni di kegiatan Meet the Artist dan talks atau obrol santai.

Meet the Artist dilaksanakan sebanyak empat kali, yakni pada tanggal 31 Julu dan 7, 14, serta 21 Agustus dengan artis yang dihadirkan di antaranya Riri Riza, Agan Harahap, serta Uji Handoko.

Sementara itu, obrol santai di ARTJOG bakal menghadirkan Rully Shabara dan Jessica Ekomane pada tanggal 14 serta 21 Agustus.

5. Pertunjukkan teater wayang para seniman

Salah satu kegiatan yang juga bisa kamu nikmati selama penyelenggaraan ARTJOG adalah teater wayang seniman Sakatoya, Wayang Suket Indonesia, serta Baloons Puppet. Pertunjukkan ini berlangsung pada tanggal 2, 3, dan 4 Agustus.

Untuk jadwal lebih detail, Sakatoya akan tampil pada tanggal 2, 3, dan 4 Agustus. Sementara itu, Wayang Suket Indonesia dan Baloons Puppet mengadakan pertunjukkan wayang tanggal 4 Agustus.

Untuk informasi, ARTJOG tutup pada hari Senin sehingga kamu yang ingin melihat pameran bisa datang dari hari Selasa hingga Minggu. Jadi kapan ke ARTJOG 2019?

Baca Juga: ARTJOG 2019, Festival Seni Kontemporer Yogyakarta Siap Digelar Lagi!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya