Comscore Tracker

Tangkap Ikan Tenggiri Batang, Nelayan Pantai Samas Semangat Melaut

Harga ikan tenggiri batang tembus Rp100 ribu per kg

Bantul, IDN Times - ‎Nelayan Pantai Samas, Kabupaten Bantul, mulai melaut lagi setelah beberapa bulan paceklik akibat cuaca yang tidak bersahabat serta tangkapan ikan yang minim.

Memasuki akhir bulan November, masa paceklik ikan tampaknya akan berakhir. Hasil tangkapan ikan mulai membaik. Bahkan, nelayan berhasil menangkap ikan tenggiri batang dengan bobot di atas delapan kilogram.

1. Nelayan berhasil memancing ikan tenggiri batang

Tangkap Ikan Tenggiri Batang, Nelayan Pantai Samas Semangat MelautNelayan Pantai Samas Bantul (IDN Times/Daruwaskita)

Salah satu nelayan Pantai Samas, Sapon, mengatakan awal pekan ini menjadi harapan bagi nelayan. Sebab, sejumlah nelayan yang turun melaut berhasil membawa pulang ikan tenggiri batang.

"Hari ini saya beruntung dapat satu ekor ikan tenggiri dengan bobot delapan kilogram. Ditambah beberapa ikan lainnya," katanya ditemui di Pantai Samas, Minggu (27/11/2022).

Baca Juga: Meriahnya Festival Budaya Wiwitan di Ngireng-Ireng Bantul

2. Harga ikan tenggiri batang per kilo dihargai Rp100 ribu‎

Tangkap Ikan Tenggiri Batang, Nelayan Pantai Samas Semangat MelautIkan tenggiri pancingan nelayan.(IDN Times/Daruwaskita)

Menurut Sapon, ikan tenggiri batang di tempat pelelangan ikan dihargai Rp100 ribu per kilogram, sedangkan anakan tenggiri dihargai Rp45 ribu per kg. Sementara, ikan jenis lain seperti layur, jahan, dan sejenisnya harganya di bawah Rp30 ribu per kg.

"Ya hari ini lumayan, ndak nombok karena dapat pancingan ikan tenggiri batang. Namun sebelum-sebelumnya saat turun melaut merugi terus," kata pria asli warga Cilacap, Jawa Tengah ini.

Senada, nelayan lainnya di Pantai Samas, Tri Juwanto, juga mengaku sempat menangkap tenggiri batang. "Saya kemarin juga dapat ikan tenggiri batang, namun hari ini kurang beruntung. Hanya dapat ikan rucah," kata dia.

3. Untung-untungan dapat ikan tenggiri batang‎

Tangkap Ikan Tenggiri Batang, Nelayan Pantai Samas Semangat MelautIkan hasil tangkapan nelayan.(IDN Times/Daruwaskita)

Salah satu pengurus Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pantai Samas, Nesi, mengatakan ada 10 perahu nelayan yang turun melaut namun tak semua nelayan berhasil mendapatkan ikan tenggiri batang. Sebagian besar hanya mendapatkan tangkapan ikan yang jenisnya beragam mulai dari anakan tenggiri, jahan, layur, hingga ikan teri yang harganya hanya Rp5 ribu per kg.

"Ya kalau pas beruntung ya dapat ikan tenggiri hasil pancingan. Kalau pas apes ya dapat ikan rucah saja," ucapnya.‎ 

Baca Juga: Libur Akhir Pekan Layangan Tradisional Ramaikan Pantai Samas    

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya