Comscore Tracker

Tak Disangka, Peserta Vaksinasi COVID di Mulyodadi Bantul Membeludak

Dinkes Bantul tambah jadwal pelayanan vaksinasi‎ menjadi 2 kali sepekan

Bantul, IDN Times - ‎Pemberian vaksin dosis 1, 2 dan 3 atau booster di Kapanewon Bambanglipuro disambut antusias warga. Hal ini terlihat dengan jumlah peserta yang melampaui target. Dari target 300 sasaran, peserta yang mengikuti vaksinasi mencapai 457 orang.

1. Puskesmas antisipasi ketersedian vaksin agar semua peserta terlayani‎

Tak Disangka, Peserta Vaksinasi COVID di Mulyodadi Bantul Membeludakdr. Tarsisius Glory.(IDN Times/Daruwaskita)

Kepala Puskesmas Bambanglipuro, Kabupaten Bantul, dr. Tarsisius Glory mengatakan pelaksanaan vaksinasi dosis 1,2 dan 3 yang dipusatkan di Balai Kalurahan Mulyodadi, Kapanewon Bambanglipuro dilakukan selama dua jam berjalan lancar meski peserta vaksinasi membeludak.

"Kami awalnya hanya menargetkan pesertanya 300 orang saja, baik vaksinasi dosis 1, 2 dan 3. Namun peserta yang datang langsung ke Balai Kalurahan Mulyodadi justru mencapai 457 orang," ucapnya, Jumat (12/8/2022).

Meski membeludak, pihaknya sudah mempersiapkan vaksin yang cukup sehingga seluruh peserta dilayani dengan baik. "Sebelum jam 10.00 WIB tadi seluruh peserta sudah dapat vaksin," tuturnya.

2. Tingginya mendapatkan vaksin ketiga, salah satunya aturan yang mensyaratkan booster

Tak Disangka, Peserta Vaksinasi COVID di Mulyodadi Bantul MembeludakIlustrasi peserta vaksinasi booster.(IDN Times/Daruwaskita)

Glory menjelaskan peserta vaksinasi terbanyak adalah vaksinasi ke 3 atau booster. "Ya paling banyak pesertanya vaksinasi booster," ungkapnya.

Tingginya minat masyarakat untuk mendapatkan booster berkat kerja keras dan sosialisasi oleh Puskesmas Bambanglipuro yang didukung penuh oleh kalurahan hingga RT.

"Ya kalau kita bisa gotong royong itu semakin mudah dan semakin cepat selesainya vaksinasi booster ataupun vaksinasi 1 dan 2," tandasnya.

Di sisi lain meningkatnya antusias warga mendapatkan vaksinasi disebabkan saat terpapar COVID-19 parah serta pengetatan aturan perjalanan yang mensyaratkan vaksinasi booster. "Pelayanan pemerintah juga turut mendongkrak antusiasme masyarakat mendapatkan booster," tambahnya lagi.

Baca Juga: 3 Agenda Ritual Budaya Bantul akan Digelar saat Libur Akhir Pekan 

Baca Juga: Butuh Uang, Perempuan Muda Nekat Curi Motor Anak Kos di Bantul

3. Dinkes Bantul tambah jadwal pelayanan vaksinasi‎

Tak Disangka, Peserta Vaksinasi COVID di Mulyodadi Bantul MembeludakKepala Dinkes Bantul, Agus BR.(IDN Times/Daruwaskita)

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi Raharja mengatakan tingginya keinginan warga Bantul untuk mendapatkan vaksin, pihaknya akan menambah jadwal vaksinasi di halaman Kantor Dinas Kesehatan Bantul. 

"Sebelumnya sepekan hanya sekali, saat ini sepakan dua kali pelayanan vaksinasi COVID-19. Kalau dulu peserta yang datang untuk vaksinasi hanya 100-200 orang namun saat ini sudah hampir 500 orang," ucapnya.

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya