Comscore Tracker

HDCI Bantul Larisi UMKM dengan Bagi-bagi Takjil Gratis

Upaya untuk menggerakkan ekonomi UMKM

Bantul, IDN Times - ‎Tak kurang dari 10 menit, berbagai makanan dan minuman yang dijajakan oleh pelaku UMKM di depan Pasar Tradisional Bantul Kota ludes diserbu oleh masyarakat pada Sabtu (15/4/2023) sore. Rupanya, takjil tersebut dibagi-bagikan secara gratis setelah diborong oleh Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Bantul.

1. Borong produk makanan dan minuman UMKM untuk takjil gratis

HDCI Bantul Larisi UMKM dengan Bagi-bagi Takjil Gratis‎‎Ketua Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Kabupaten Bantul, Ngatijan Suryo.(IDN Times/Daruwaskita)

‎‎Ketua HDCI Bantul, Ngatijan Suryo, mengatakan dalam bakti sosial dalam momentum Ramadan ini, pihaknya memborong dagangan dari sekitar 25 UMKM yang biasa berjualan makanan dan minuman di depan Pasar Tradisional Bantul Kota.

"Lebih dari 25 pelaku UMKM yang jualan makanan dan minuman untuk berbuka puasa kita borong semua dan dibagikan kepada masyarakat yang kebetulan melewati depan Pasar Tradisional Bantul Kota atau masyarakat yang kebetulan ingin berbelanja makanan dan minuman untuk berbuka puasa," katanya pria yang disapa akrab Bro NS ini.

2. Bentuk upaya HDCI Bantul menggerakkan ekonomi UMKM

HDCI Bantul Larisi UMKM dengan Bagi-bagi Takjil GratisHDCI Kabupaten Bantul baksos berbagi takjil di Pasar Tradisional Bantul Kota.(IDN Times/Daruwaskita) (UDN

Bakti sosial dengan memborong produk makanan dan minuman untuk berbuka puasa (takjil) ini juga selaras dengan program pemerintah untuk mendorong bangkitnya UMKM.

"Baksos Ramadan kali ini adalah 'Borong Produk UMKM dan Dibagi-Bagi kepada Masyarakat'. Ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo pada tahun ini banyak uang yang mengendap untuk dibelanjakan. Kita ikut bantu program itu dengan memborong produk UMKM untuk takjil dan diberikan secara gratis," Ungkap Suryo.

"Ya karena ini masih masa Ramadan maka kita barengkan acara ini menjelang buka bersama. Produk UMKM kita borong dan kita bagikan secara gratis," sambungnya.

HDCI Bantul yang saat ini beranggotakan sekitar 80-an orang mengaku bersyukur karena baksos ini antusias disambut oleh masyarakat. Hal ini terbukti ketika acara dibuka, kurang dari 10 menit makanan dan minuman untuk takjil ludes.

"Setelah hari ini di Bantul, kita akan menggelar acara yang sama di Wonosari, Gunungkidul," pungkasnya.

Baca Juga: Libur Lebaran, Pemkab Bantul: Jangan Jualan dan Parkir Nuthuk

3. Pedagang wedang ronde bersyukur dagangannya diborong semua

HDCI Bantul Larisi UMKM dengan Bagi-bagi Takjil GratisSalah satu pedagang wedang ronde, Agus.(IDN Times/Daruwaskita)

Sementara, salah satu pedagang wedang ronde, Agus, mengaku bersyukur hari ini minuman yang dijual seluruhnya laku diborong oleh HDCI Bantul. Sebab jika tidak diborong, belum tentu jualan wedang ronde ini akan habis hingga malam hari.

"Ya bersyukur sebelum buka puasa, dagangan sudah habis diborong oleh HDCI Bantul yang kemudian dibagikan kepada masyarakat untuk berbuka puasa," katanya.

Baca Juga: Cegah Kemacetan saat Lebaran, 5 Pos Didirikan di Tempat Wisata Bantul 

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya