Comscore Tracker

Anak Difabel di Bantul Diduga Jadi Korban Pemerkosaan

Kasus tersebut kini ditangani Unit PPA Polres Bantul

Bantul, IDN Times - KIW (12), seorang bocah difabel warga Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul, diduga menjadi korban pemerkosaan oleh tetangganya sendiri yang merupakan difabel wicara. Kasus tersebut kini tengah ditangani oleh Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Bantul.

1. Korban bersama orangtua datang ke Polsek Sewon untuk membuat laporan

Anak Difabel di Bantul Diduga Jadi Korban PemerkosaanIlustrasi kekerasan seksual terhadap perempuan (IDN Times/Arief Rahmat)

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry, mengatakan pada Jumat (23/9/2022) sekitar pukul 16.00 WIB, datang seorang ibu dan anak ke Polsek Sewon yang diantar oleh petugas dari Polsek Mantrijeron, Kota Yogyakarta.

"Kemudian oleh SPKT Polsek Sewon diantarkan ke Unit Reserse dan Kriminal Polsek Sewon untuk dimintai informasinya," katanya, Sabtu (24/9/2022).

Sang ibu melaporkan dugaan pemerkosaan yang menimpa anaknya yang difabel. Terduga pelaku tak lain tetangganya sendiri yang merupakan difabel wicara.

Baca Juga: Polresta Yogyakarta Buru Pelaku Pemerkosaan Anak Difabel

2. Ibu korban meminta visum dilakukan di rumah sakit di Kota Yogyakarta dengan alasan jarak‎

Anak Difabel di Bantul Diduga Jadi Korban PemerkosaanKasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry (kiri). ‎(IDN Times/Daruwaskita)

Menurut Jeffry, Unit Reskrim Polsek Sewon kemudian berkoordinasi dengan Kanit PPA Polres Bantul dan diarahkan untuk segera visum di RSUD Panembahan Senopati Bantul. 

"Namun ibu korban (pelapor) bilang jauh dan meminta visum di lakukan di Kota Yogyakarta," ujarnya.

Selanjutnya oleh petugas diperbolehkan yang utama adalah rumah sakit dan ibu korban membawa anaknya ke RSUD Wirosaban Kota Yogyakarta.

Informasi yang diterima bahwa pada saat itu, dilakukan visum oleh dokter di IGD RSUD Wirosaban dan disampaikan untuk penanganan dokter spesialis kandungan pada hari Senin (26/9/2022) pekan depan.

"Malam ini anggota Satreskrim Polres Bantul bersama Satreskrim Polsek Sewon datang ke rumah pelapor dan membawa pelapor bersama anaknya ke RSUD Panembahan Senopati Bantul untuk menjalani visum dengan dokter spesialis kandungan," ucapnya.

3. Kasus dugaan pemerkosaan kini ditangani Polres Bantul‎

Anak Difabel di Bantul Diduga Jadi Korban Pemerkosaanilustrasi kekerasan seksual (IDN Times/Aditya Pratama)

Lebih jauh, Jeffry mengatakan atas ramainya laporan yang beredar di media sosial, pihaknya meminta maaf. Menurut dia, Polsek Sewon telah melakukan upaya untuk pelayanan masyarakat sebaik mungkin.

"Yang jelas kasus ini sudah ditangani oleh Unit PPA Polres Bantul dan petugas akan bekerja secara profesional," tandasnya.

Baca Juga: Perkosa Sepupu Sendiri, Warga Kota Jogja Diringkus Polisi

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya