Tim Persiapan Tol Jogja-YIA Dibentuk, Siap Sosialisasi ke Masyarakat 

Jalan tol dibangun agar akses ke luar kota lebih lancar 

Yogyakarta, IDN Times - Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (DPTR) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyebut telah mengadakan rapat persiapan pembentukan tim tol Jogja – Yogyakarta International Airport (YIA). Rapat tersebut juga menegaskan trase tol Jogja – YIA tidak mengalami perubahan.

“Kami sudah rapat persiapan, jadi rapat persiapan pembentukan tim persiapan Pengadaan tol Jogja - YIA, yang intinya trase gak berubah. Sesuai dengan ancer-ancer yang diajukan Dirjen Bina Marga kepada gubernur ,” kata Kepala DPTR DIY, Krido Suprayitno, Selasa (13/9/2022).

1. Potensi kerawanan sosial menjadi perhatian tim

Tim Persiapan Tol Jogja-YIA Dibentuk, Siap Sosialisasi ke Masyarakat Kepala DPTR DIY, Krido Suprayitno. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo).

Krido menyebut saat ini sudah terjadwalkan untuk persiapan dari tim persiapan tol Jogja – YIA. Potensi kerawanan sosial menjadi perhatian tim.

“Karena lokasinya ada di tiga kabupaten dan 11 kapanewon, serta 40 kalurahan, betapa struktur sosialnya beda-beda. Ini kita petakan selama dua minggu. Sembari kami menaikkan proses tim persiapan kepada gubernur,” ucap Krido.

2. Akan bertemu dengan bupati

Tim Persiapan Tol Jogja-YIA Dibentuk, Siap Sosialisasi ke Masyarakat Ilustrasi rapat virtual. (IDN Times/Arief Rahmat)

Setelah tim persiapan dibentuk gubernur, Krido menyebut akan bertemu dengan pemimpin di tingkat kabupaten. “Kami akan sowan ke bupati di masing-masing kabupaten untuk kulo nuwun,” ucapnya.

Pertemuan dengan bupati tersebut akan dilakukan sebelum mengadakan sosialisasi dan konsultasi publik. Nantinya akan diinformasikan bagi warga yang terdampak. Terkait pembebasan lahan, dikatakan Krido akan dilakukan tiga bulan setelah izin penetapan lokasi dari gubernur.

“Kenapa 3 bulan? Karena dibentuk tim pengadaan tanah yang diketuai oleh Kanwil BPN belum keluar. Setelah bulan Juli dari Kementerian ATR BPN melengkapi namanya KKPR (Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang), kami beru memproses lebih lanjut. Lebih lanjut itu tadi, kami sudah rapat untuk persiapan pembentukan tim persiapan,” kata Krido.

Baca Juga: Bagaimana Nasib Karyawan Malioboro Mall, Ini Rencana Manajemen Baru 

3. Pembangunan menghindari tiga hal

Tim Persiapan Tol Jogja-YIA Dibentuk, Siap Sosialisasi ke Masyarakat Ilustrasi sumber mata air. freepik.com/wirestock

Krido mengatakan dalam pembangunan tol akan menghindari tiga hal, pertama adalah sumber mata air. Kedua, tidak melewati cagar budaya dan ketiga, tidak boleh menyimpang dari aspek tata ruang. “Karena ini PSN (Proyek Strategis Nasional) maka tiga hal ini jadi barometer untuk keberlanjutan kegiatan baik sosialisasi maupun konsultasi publik,” ucapnya.

Sosialisasi tersebut dikatakan Krido akan dilakukan paralel di tiga kabupaten. “Kami paralel, penyebaran informasi itu smooth, artinya sama-sama dapat informasi. Meskipun belum selesai semuanya, tapi masing-masing kabupaten melakukan sosialisasi pada saatnya,” ucapnya.

Baca Juga: Pelaku Wisata Minta Penerbangan Internasional YIA Ditambah

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya