Suporter PSIM dan Persis Gelar Salat Gaib untuk Korban Kanjuruhan 

Doa bersama di Stadion Mandala Krida pukul 18.30 WIB

Yogyakarta, IDN Times - Suporter PSIM Yogyakarta akan menggelar salat gaib serta doa bersama untuk para korban tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang. Acara akan dilakukan di Parkir Barat Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Selasa (4/10/2022) mulai pukul 18.30 WIB. Undangan ditujukan untuk sejumlah suporter di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah, sekaligus sebagai momen rekonsiliasi.

Presiden Brajamusti, Muslich Burhanuddin mengungkapkan salat gaib doa bersama ini dilakukan kerja sama antara DPP Brajamusti dan The Maident. "Ini untuk mendoakan saudara kita di Malang. DPP Brajamusti dan The Maident bekerja sama untuk menyelenggarakan kegiatan ini, sekaligus jadi momen rekonsiliasi suporter DIY dan Jateng," ujar pria yang akrab disapa Thole itu, Selasa (4/10/2022).

 

 

1. Momen menurunkan ego dan mewariskan perdamaian

Suporter PSIM dan Persis Gelar Salat Gaib untuk Korban Kanjuruhan Foto aerial stadion Mandala Krida di Baciro, Kota Yogyakarta. Antara Foto/Hendra Nurdiansyah

Thole juga mengharapkan momen ini menjadi waktu yang tepat untuk menurunkan ego dan memberi warisan perdamaian untuk generasi suporter berikutnya dengan cara memutus rivalitas yang destruktif.

"Ini untuk mewarisi perdamaian generasi berikutnya adalah hal baik yang harus diupayakan saat ini. Serta memutus rantai rivalitas (destruktif) bisa dimulai dari diri kita sendiri, mulai saat ini agar generasi setelah kita bisa menikmati sepak bola penuh suka cita," harap Thole.

2. Salat gaib dan takziah

Suporter PSIM dan Persis Gelar Salat Gaib untuk Korban Kanjuruhan Ilustrasi lilin (Pexels.com/rodolfoclix)

Kegiatan untuk mendoakan para korban di Kanjuruhan Malang ini akan diawali dengan salat Isya berjamaah, dilanjutkan salat gaib, dan takziah oleh Ustaz Salim A Fillah, doa bersama, sambutan dari Brajamusti, The Maident serta Kapolresta Yogyakarta.

"Acara dilanjutkan dengan penyalaan lilin serta diakhiri melantunkan bersama lagu Indonesia Pusaka," papar Thole. 

Baca Juga: Liga 2 Dihentikan 2 Pekan, PSIM Minta Evaluasi Menyeluruh   

3. Suporter Persis Solo akan hadir

Suporter PSIM dan Persis Gelar Salat Gaib untuk Korban Kanjuruhan Suporter Pasoepati beri dukungan Persis Solo di Piala Presiden 2022. (IDN Times/Larasati Rey)

Presiden suporter Persis Solo, Pasoepati, Maryadi 'Gondrong' mengucapkan terima kasih atas undangan dari suporter PSIM Yogyakarta. Ia tidak menyangka mendapat undangan karena kedua kubu suporter selama ini menjadi rival.

"Intinya kami bersyukur, matur nuwun atas undangannya. Undangan yang tidak kami sangka datang. Ini upaya ke depan juga hal yang sangat baik," kata Maryadi.

Ia mengonfirmasi sekitar 500 orang Pasoepati akan hadir di Mandala Krida Yogyakarta. Maryadi juga menyinggung terkait rivalitas selama ini, seharusnya hanya terjadi pada 90 menit atau dalam pertandingan saja. "Harapan kita seperti itu, agar tidak ada korban-korban yang berjatuhan. Kita bikin bahwa suporter ini jangan identik dengan brutalitas tapi identik dengan kreativitas," ucap Maryadi.

Baca Juga: Kelompok Suporter di Jogja Melebur dalam Duka Tragedi Kanjuruhan

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya