Senin Besok, 10 SMA/SMK di DIY Uji Coba Belajar Tatap Muka

Selain tersedia fasilitas kebersihan, guru sudah vaksinasi

Kota Yogyakarta, IDN Times - Pekan depan sebanyak 10 10 SMA/SMK yang tersebar di lima kabupaten/kota di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), akan melakukan uji coba kegiatan belajar tatap muka. 

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Didik Wardaya mengatakan kegiatan akan dilakukan mulai Senin, 19 April 2021. 

"Uji coba (kegiatan belajar dan mengajar) tatap muka rencananya 19 April atau pekan depan," kata Didik Wardaya, dilansir Antara, Kamis (15/4/2021). 

 

Baca Juga: Terseok-seok di Awal, PSS Sleman Melenggang ke Semifinal Piala Menpora

1. Ini yang harus dipersiapkan sekolah

Senin Besok, 10 SMA/SMK di DIY Uji Coba Belajar Tatap MukaFasilitas wastafel harus tersedia di sekolah. IDN Times/Nofi

Sebanyak 10 SMA/SMK yang ditunjuk sebagai percontohan telah menyiapkan berbagai perlengkapan sesuai standar protokol kesehatan. Mulai dari fasilitas mencuci tangan di depan ruang kelas hingga penataan ruang kelas dengan menjaga jarak.

"Setiap sekolah sudah membentuk tim satua tugas tingkat satuan pendidikan. Mulai dari pendataan, penyiapan APD, sudah dilakukan," kata dia.

 

2. Guru telah divaksinasi

Senin Besok, 10 SMA/SMK di DIY Uji Coba Belajar Tatap MukaIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Menurut Didik, tenaga pendidik atau guru di 10 sekolah itu dipastikan sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19 hingga dosis kedua pada pertengahan Maret lalu.

"Efektivitas vaksin ini kan 28 hari (setelah dua dosis. Maka, 19 April itu sudah lebih dari waktu tersebut dan bisa memulai uji coba ( pembelajaran tatap muka)," kata Didik.

Masing-masing sekolah yang telah ditunjuk, akan menjadi model bagi sekolah sederajat lainnya, baik terkait kegiatan maupun konsep pembelajaran yang akan diterapkan.

3. Daftar sekolah yang melakukan uji coba belajar tatap muka

Senin Besok, 10 SMA/SMK di DIY Uji Coba Belajar Tatap MukaTugu Pal Putih Yogyakarta IDN Times/Febriana Sinta

Ke-10 sekolah itu, menurut Didik, adalah SMA Negeri 1 Pajangan dan SMK Negeri 1 Bantul, SMA Negeri 2 Playen dan SMK Negeri 1 Wonosari, Gunung Kidul, SMA Negeri 1 Sentolo dan SMK Negeri 2 Pengasih, di Kabupaten Kulon Progo.

Sementara di Kota Yogyakarta yakni SMA Negeri 6 dan SMK Negeri 1. Adapun Kabupaten Sleman yakni SMA Negeri 1 Gamping dan SMK N 1 Depok.

 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya