Comscore Tracker

Merapi Keluarkan 3 Kali Guguran Lava Pijar dengan Jarak 1 Kilometer   

Ketinggian kubah lava bertambah 1 meter

Sleman, IDN Times -  Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyatakan Gunung Merapi pada Senin pukul 00.00 sampai 06.00 WIB meluncurkan dua kali guguran lava pijar dengan jarak hingga satu kilometer ke arah barat daya.

Menurut Kepala BPPTKG Hanik Humaida, pada masa periode pengamatan tersebut Merapi mengalami 52 kali gempa guguran dengan amplitudo 3-32 mm selama 16-118 detik, tujuh kali gempa hembusan dengan amplitudo 4-9 mm selama 10-40 detik, satu gempa frekuensi rendah dengan amplitudo 8 mm selama 10 detik, serta 34 kali gempa fase banyak jauh dengan amplitudo 3-14 mm selama 7-11 detik.

"Asap putih dengan intensitas sedang hingga tebal terlihat membubung setinggi 50 meter di atas puncak kawah gunung api tersebut," ujar Hanik pada Senin (4/10/2021).

 

 

 

1. Guguran lava pijar meluncur 1 kilometer

Merapi Keluarkan 3 Kali Guguran Lava Pijar dengan Jarak 1 Kilometer   Lava pijar Gunung Merapi (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Pada pukul 06.00 sampai 12.00 WIB, teramati guguran lava satu kali dengan jarak luncur hingga satu kilometer arah barat daya.

Sebanyak 27 kali gempa guguran terjadi di periode ini dengan amplitudo 3-40 mm, dan durasi 9 hingga 118 detik. 39 kali gempa fase banyak, dengan amplitudo  4-13 mm dan durasi selama 7 hingga 11 detik. 

2. Ketinggian kubah lava bertambah 1 meter

Merapi Keluarkan 3 Kali Guguran Lava Pijar dengan Jarak 1 Kilometer   Lava pijar terpantau di Gunung Sinabung beberapa waktu yang lalu. (Dok Armen Putra)

Sementara itu Hanik menyebutkan penambahan tinggi kubah lava berdasarkan hasil analisis morfologi dari Stasiun Kamera Deles 5, Tunggul Arum, Ngepos, dan Babadan 2 pada periode 24—30 September 2021, teramati penambahan ketinggian kubah lava barat daya sekitar lebih kurang satu meter.

Dari hasil analisis itu, BPPTKG mencatat volume kubah lava barat daya sebesar 1.630.000 meter kubik dan kubah tengah sebesar 2.854.000 meter kubik.

3. Warga diminta waspada dampak potensi guguran lava dan awan panas

Merapi Keluarkan 3 Kali Guguran Lava Pijar dengan Jarak 1 Kilometer   ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

BPPTKG hingga saat ini mempertahankan status aktivitas vulkanis Gunung Merapi pada Level III atau Siaga. Warga diminta waspada terhadap potensi dampak guguran lava dan awan panas Gunung Merapi di sektor selatan-barat daya yang meliputi Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih.

"Kalau terjadi letusan, lontaran material vulkanis dari Gunung Merapi dapat menjangkau area dalam radius 3 kilometer dari puncak gunung," kata Hanik.

 

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya